Manfaat Website bagi Perorangan dan Perusahaan

  • Whatsapp
manfaat website

Meski kecanggihan teknologi sudah berkembang seiring zamannya, masih ada yang mempertanyakan seputar manfaat website, terutama manfaat website bagi perusahaan, manfaat website untuk bisnis, dan mungkin manfaat website bagi perorangan atau personal.

Memiliki website sebenarnya memiliki banyak keutungan yang bisa diperoleh. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Kawula akan membeberkan beberapa kegunaan website dalam skala personal, bisnis, dan perusahaan.

Barangkali, sebagian masyarakat kita masih berasumsi bahwa website adalah tempat terbaik untuk menemukan informasi yang dicari. Opini itu tentu tidak salah sama sekali. Namun, tahukah kamu apa yang melatarbelakangi individu, pebisnis, atau perusahaan membuat website?

Era digital memberikan peluang baru bagi siapa saja yang ingin membuat website dengan tujuan yang berbeda-beda. Pasalnya, kehadiran website di muka bumi ini sedikit banyak mengubah prilaku sekaligus cara berpikir manusia itu sendiri.

Dengan kata lain, dengan website seseorang bisa memperoleh penghasilan, dengan website pebinis bisa mempromosikan produk ke seluruh dunia, lewat website perusahaan menjadi semakin kredibel di mata kliennya, dan masih banyak manfaat website lainnya.

Melalui artikel ringan ini, Kawula akan membagikan fungsi website menurut kepentingannya masing-masing, di antaranya:

  1. Manfaat website bagi perorangan
  2. Manfaat website untuk perusahaan dan bisnis

Manfaat Website bagi Perorangan / Personal

Setiap individu memiliki intensi berbeda ketika memutuskan untuk membuat website. Namun, berdasarkan pengalaman pribadi Kawula, punya website itu ternyata sangat berguna bagi kelangsungan hidup individu itu sendiri.

Berikut manfaat website bagi perorangan / personal yang bisa dijadikan motivasi oleh generasi muda.

1. Berbagi Pengalaman

Pengalaman di sini sifatnya adalah informasi, yang kemudian dituangkan melalui website pribadi. Ringkasnya, kalau kamu punya pengalaman menarik dala kehidupanmu, tidak ada salahnya memanfaatkan website sebagai wadah untuk menuangkan isi kepalamu.

Aktivitas berbagi pengalaman di website pribadi sering disebut dengan ngeblog. Tentu,  masih segar di ingatan kita, bagaimana seorang Raditiya Dika membagikan kisah unik dan lucu yang terjadi hidupnya di blog pribadinya, bukan? Hal itu pula yang membawa seorang Raditiya bisa di posisi sekarang ini.

Terlepas dari itu, sejatinya kegiatan ngeblog saat ini telah sampai pada pada cara individu membagikan informasi kepada para pembaca. Tak heran saat ini, banyak blog / website yang mengisi blog-nya dengan beragam informasi seputar tutorial, informasi yang sedang viral, hingga yang bersifat opini.

2. Menambah Pengetahuan

Saya tidak ragu untuk menyebut para blogger adalah pembaca yang bernas. Kenapa demikian? Aktivitas menulis yang dilakukan untuk mengisi konten website, boleh jadi dihasilkan dari proses membaca. Kemudian disajikan dengan gaya bahasanya sendiri.

Nah, proses membaca yang dilakukan oleh seorang blogger ini menjadi pengetahuan baru bagi dirinya. Ia mencari begitu banyak referensi untuk memperkuat tulisannya sebelum dipublikasikan ke blog pribadi. Jadi, berbahagialah kamu yang menghabiskan waktu dan memutuskan untuk menjadi blogger full time.

3. Melatih Skill Menulis

Website pribadi memiliki keuntungan lain, yaitu dapat membantu seseorang terlatih untuk mengembangkan mutu tulisannya. Menyajikan tulisan yang enak dibaca itu sebenarnya relatif, sifatnya bisa subjektif (bergantung dari tipe pembacanya).

Akan tetapi, akan ada suatu masa bagi penulis blog yang merasa tulisannya gitu-gitu aja. Maka dari itu, blog adalah tempat terbaik untuk melatih skill menulis kamu. Blog adalah semacam wadah menempa mutu tulisanmu. Jika konten yang kamu sajikan menarik minat pembaca, maka mereka tak akan segan membagikan tulisanmu ke media sosial. Dan tentu ini akan mendatangkan traffic untuk blog tersebut.

4. Menjalin Relasi

Website / blog juga menjadi tempat untuk menjalin dengan relasi / kenalan baru. Tak jarang, ada jalinan hubungan yang baik antara pemilik blog dan pengunjung (pembaca) bisa mendatangkan rezeki bagi pemilik blog tersebut.

Sebagai contoh, pembaca yang tertarik dengan cara penyajian konten seorang blogger, bisa mendatangkan pekerjaan untuknya. Atau paling tidak, blogger itu bisa mendapatkan pekerjaan sampingan lainnya dari pengujung.

Selain itu, bisa mendatangkan pertemanan baru dengan blogger-bloger lain. Kehangatan bercengkrama lewat online, pada akhirnya mempertemukan mereka secara offline. Misalnya, dengan melakukan kopdar dengan sesama blogger.

5. Sumber Pendapatan

Menjadikan website sebagai sumber penghasilan bukanlah sesuatu yang mustahil. Untuk mendapatkan income dari blog, tentu kamu harus tahu dulu cara mendapatkan uang dari blog, agar blog yang kamu buat juga bisa berpeluang meraih keuntungan.

Kebanyakan para blogger mendapatkan penghasilannya dengan memonetisasi website mereka untuk mendapatkan uang dari sana. Namun, ada juga yang membuka jasa seperti jasa penulisan artikel, dan lain sebagainya. Apa pun itu, sejatinya manfaat website bagi perorangan itu banyak sekali.

6. Mengikuti Lomba / Kontes

Manfaat website bagi perorangan lainnya dengan mengikuti lomba atau kontes. Terkadang, ada persyaratan atau ketentuan lomba tertentu hanya boleh diikuti oleh website yang dikelola secara personal saja, bukan website yang melibatkan banyak penulis atau UGC (User Generated Content).

Jadi, peluang-peluang inilah yang sebenarnya melecut seseorang untuk membuat blog/website. Tak heran, jika para blogger memang mengincar hadiah yang sedang diperlombakan. Namun tentu saja, para blogger juga harus memahami tema perlombaan sebelum mengikuti kontes.

7. Belajar Disiplin

Website/blog yang bagus adalah blog yang mempublikasikan sesuatu yang bermanfaat kepada pembaca. Selain itu, konsistensi publikasi konten terbaru sebaiknya dilakukan secara berkala. Hal ini tentu memerlukan kedisiplinan dari blogger itu sendiri.

Maka dari itu, mau tidak mau jika sudah terjun membuat blog, blogger pemula atau pun pemain lama mesti tetap konsisten menerbitkan konten-konten terbaru di blog meraka. Biasanya, para blogger punya jadwal tertentu untuk publikasi karya terbaru.

Menulis itu bisa dipelajari, konsistensi itu ada di dalam diri.

Fungsi Website untuk Perusahaan / Bisnis

Sependek pengetahuan Kawula, ada beberapa benefit yang bisa diperoleh suatu perusahaan / bisnis jika perusahaan tersebut memiliki website. Terlebih jika penyajiannya dikelola denganbaik dan semaksimal mungkin.

Berikut manfaat website untuk Perusaan dan Bisnis

1. Menjual Produk / Jasa

Perihal berbisnis, sudah barang tentu ada aktivitas menjual produk atau jasa. Dengan kata lain, bisnis tidak lepas dari dua predikat tersebut. Perusahaan besar atau UMKM (Usaha Mikcro Kecil Menengah) bisa memanfaatkan website sebagai gerbang utama untuk menjual produk mereka.

Tidak ada yang salah dengan perusahaan atau pebisnis yang masih menggunakan cara konvensional. Namun, kendala utamanya adalah keterbatasan pengunjung, atau bisa jadi hanya orang-orang sekitar saja yang bisa melihat mereka memiliki toko. Dengan website, maka memungkinkan orang-orang dari manapun di dunia ini bisa menegtahui perusahaan tersebut.

Semakin banyak yang melihat, semakin besar peluang terjadinya penjualan. Apabila perusahaan itu mampu mengoptimasi dengan baik websitenya, maka bisa menjangkau banyak orang hampir tanpa batas.

2. Kredibilitas Perusahaan

Selain sebagai media untuk berjualan, website juga seringkali digunakan sebagai bukti kredibilitas perusahaan. Di dalam website biasanya ada informasi tentang sejarah perusahaan, prestasi yang dicapai, layanan yang tersedia, dan banyak info penting lainnya.

Dampak baiknya, yaitu para kustomer lebih menaruh kepercayaan dengan perusahaan tersebut, dan keraguan pun menguap saat mereka saat bertransaksi secara online.

3. Sarana Berkomunikasi

Manfaat webiste untuk perusahaan dan bisnis selanjutnya, yaitu bisa jadi ajang berkomunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Wujudnya berupa forum, sehingga memungkinkan pelanggan untuk membuat topik baru dan ditanggapi yang lainnya.

4. Mengumpulkan Data Pelanggan

Dengan memiliki website kamu bisa mengelola banyak sekali data, termasuk data pelanggan. Selain itu, kamu bisa menyimpan data kustomer seperti email, kotak telepon, hingga alamat para pelanggan yang sudah membeli produk melalui website perusahaan.

Kamu juga bisa menyimpan data-data pelanggan yang sudah pernah mampir ke website perusahaan, tetapi tidak melakukan transaksi apa pun.  Ada tools yang bisa melacaka tipe kustomer seperti ini dengan memanfaatkan pixel Facebook, untuk kemudian kamu berikan penawaran ulang di kemudian hari melalui iklan.

Itu tadi seputar manfaat website baik itu untuk personal, bisnis, hingga untuk perusahaan. Semoga berguna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *