Manfaat dan Keunggulan SEO dalam Digital Marketing

Pemasaran era digital telah mengalami perubahan besar dengan hadirnya berbagai strategi pemasaran online. Salah satu strategi yang paling efektif dan populer adalah Search Engine Optimization, yaitu SEO dalam digital marketing. 

strategi seo dalam digital marketing untuk perkembangan bisnis
ilustrasi strategi SEO dalam digital marketing (Foto: Canva Pro)

KAWULA ID – Pemasaran era digital telah mengalami perubahan besar dengan hadirnya berbagai strategi pemasaran online. Salah satu strategi yang paling efektif dan populer adalah Search Engine Optimization, yaitu SEO dalam digital marketing. 

SEO atau Search Engine Optimization adalah rangkaian strategi dan teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat sebuah situs web di hasil mesin pencari organik, seperti Google, Bing, dan Yahoo. Dengan menerapkan SEO yang baik, situs web dapat mendapatkan lebih banyak trafik organik dan menjadi lebih terlihat di halaman hasil pencarian.

Manfaat SEO Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

sebagai metode meningkatkan trafik melalui optimasi mesin pencari, SEO membantu meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian, yang berarti akan mendapatkan lebih banyak trafik organik yang berasal dari pengguna yang benar-benar mencari produk atau layanan yang ditawarkan.

Menariknya, dengan menggunakan SEO dalam strategi marketing, trafik organik yang dihasilkan merupakan trafik yang bagus, karena mereka memang sedang mencari solusi yang dibutuhkan. SEO memiliki ROI alias return on investment yang tinggi karena hanya menargetkan pengguna yang secara aktif mencari produk atau layanan.

Apabila kita berhasil menggunakan SEO digital marketing secara maksimal, maka besar kemungkinan akan tampil di peringkat atas hasil pencarian. Dengan tampil di peringkat atas hasil pencarian, brand akan lebih terlihat dan diketahui oleh calon pelanggan, sehingga meningkatkan brand awareness. 

Peringkat yang tinggi di hasil pencarian tersebut, tentunya akan memberikan kesan kredibilitas dan kepercayaan kepada pengguna. Pengguna cenderung lebih percaya pada situs web yang muncul di peringkat atas. Secara garis besar, dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, SEO lebih efektif dan terukur karena dapat melacak trafik, peringkat, dan konversi situs web dengan tepat.

Keunggulan SEO dalam Digital Marketing

Berikut beberapa keunggulan SEO dalam digital marketing atau pemasaran online, di antaranya:

1. Target Pengguna yang Relevan

Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dan tepat sasaran, SEO memastikan bahwa situs web muncul di depan pengguna yang benar-benar mencari produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Pemasaran 24/7

SEO bekerja secara terus-menerus, bahkan ketika kita sedang tidak aktif. Situs web akan tetap dapat ditemukan oleh pengguna kapan pun mereka membutuhkannya. Dibandingkan dengan iklan berbayar, biaya SEO relatif lebih rendah dan memberikan hasil jangka panjang.

3. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

SEO juga berfokus pada kualitas konten dan pengalaman pengguna, sehingga membuat situs web lebih relevan, informatif, dan mudah digunakan. Bisa dibilang, metode ini merupakan metode soft selling, kita harus mementingkan membuat konten yang relevan, informatif, serta edukatif untuk memancing calon pembeli. Tentunya Dengan mengoptimalkan situs web dengan SEO, kamu dapat bersaing dengan pesaing secara lebih efektif dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

4. Meningkatkan Visibilitas Website

Menerapkan strategi SEO melalui website, maka website akan mendapatkan visibilitas website. Oleh karena itu, para pelaku usaha sebaiknya mempunyai website bisnis untuk mendatangkan banyak pengunjung sekaligus menjalankan strategi digital marketing lewat website.

5. Mudah dalam Memantau Pengunjung

Menggunakan strategi SEO website untuk pemasaran digital, pelaku usaha bisa memantau perkembangan pengunjung setiap hari melalui Google Analytic.

Dan masih banyak lagi keunggulan SEO dalam digital marketing, jika seseorang menerapkan strategi ini untuk kemajuan bisnis ke depannya.

Cara Menerapkan SEO untuk Branding 

Meski saat ini ada banyak sekali jasa digital marketing yang menjual jasa marketing, termasuk SEO salah satunya, akan tetapi, sebagai pelaku bisnis, ada baiknya untuk mempelajarinya juga, kan? Toh, hal ini akan menjadi investasi wawasan untuk kemudian hari. Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan SEO digital marketing, hal pertama yang harus dimiliki adalah website blog. 

Di website tersebut, kita bisa memproduksi konten-konten menarik untuk meningkatkan trafik yang sesuai dengan kebutuhan kita. Risetlah kata kunci untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan dan populer yang akan ditargetkan dalam konten dan optimasi situs web.

Buatlah konten-konten berkualitas tinggi, yang soft selling, informatif, relevan, dan menarik bagi pengguna. Belajarlah berpikir menjadi konsumen terlebih dahulu sebelum menjual sesuatu kepada mereka, karena dengan begitu, kita akan lebih mengetahui solusi apa yang dibutuhkan oleh konsumen kita.

Jangan lupa memastikan bahwa situs web telah dioptimalkan dengan baik secara teknis, misalnya dengan mencari backlink berkualitas dari situs web otoritatif dan relevan untuk meningkatkan otoritas dan peringkat situs web. Secara teknikal, juga telah baik, apalagi secara user experiencenya. Semuanya harus diperhatikan dengan matang-matang, ya. 

Sebagai pelaku bisnis yang ingin menggunakan SEO digital marketing sebagai metode menaikkan trafik, pastikan situs web mudah dinavigasi, cepat dalam memuat, dan ramah pengguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Pastikan juga kalau situs web telah dioptimalkan untuk pengguna perangkat mobile karena penggunaan perangkat mobile semakin meningkat.

Pantaulah selalu secara berkala kinerja situs web secara teratur menggunakan alat analisis, dan gunakan data ini untuk membuat penyesuaian dan perbaikan yang diperlukan. Apabila semuanya dilakukan dengan konsisten, bukan tidak mungkin, selain mendapatkan trafik, kita juga akan mendapat penghasilan tambahan dari blog yang dibuat. So, tunggu apalagi, yuk segera buat website dan bikin konten-konten yang relevan dengan segmentasi pasar bisnis.


Ikuti Artikel Terbaru Kawula ID di Google News

Penulis: Reky ArfalEditor: Anju Mahendra