11 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

  • Whatsapp
Contoh ide bisnis online hasilkan cuan dari blog
Lifestyle

Membuat blog atau website adalah sebuah langkah cerdas untuk memulai bisnis online. Melalui blog, potensi memasarkan produk bisa menjangkau wilayah yang telah terkoneksi jaringan internet. Pengguna internet bisa mencari barang yang mereka mau melalui ponsel cerdas mereka.

Sejatinya, fungsi blog  bukan hanya mengharapkan penghasilan dari Google Adsense semata. Blog banyak dipergunakan orang untuk mengembangkan bisnis, sebagai media edukasi, jembatan yang menghubungkan antara pembaca dan penulis blog, bahkan blog bisa difungsikan untuk membangun citra seseorang.

Bacaan Lainnya

Kegunaan blog dengan segala kelebihannya bisa dijadikan parameter untuk ide bisnis online. Era digital membuka kesempatan bagi para blogger untuk membangun blog sesuai target yang ingin mereka capai.

Di bawah ini adalah contoh ide bisnis online yang menghasilkan uang dari blog.

Bisnis Iklan Banner Berbayar

Menjadi blogger yang kreatif memang bukan sebuah kepatutan. Namun, jika Anda ingin berpenghasilan dari Blog selain dari Google Adsense, sudah selayaknya memikirkan menghasilkan uang dari blog.

Salah satu cara terbaik menghasilkan uang dari blog adalah dengan memberikan space (ruang) untuk iklan banner kepada para advertiser atau pihak pengiklan. Ide bisnis pemasangan banner di blog bukan sesuatu yang baru. Media online mainstrem telah melakukan hal yang sama jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, ada yang perlu diketahui dalam hal ini, yaitu jumlah trafik blog. Jika jumlah trafik blog sangat memadai, ide bisnis online satu ini bisa berjalan dengan baik. Bagaimana pun hal ini patut diperhitungkan untuk menambah pendapatan Anda dari blog.

Bisnis Content Placement

Jika menargetkan iklan banner dirasa sulit bagi sebagian blogger, bisnis content placemnet bisa menjadi alternatif untuk menambah penghasilan melalui blog. Umumnya, layanan atau jasa content placement di sebuah blog bertujuan untuk mendapatkan backlink (link balik) dari blog A ke blog B.

Umumnya, orang yang ingin memasang content placement di blog tertentu punya penilaian tersendiri. Boleh jadi, pihak pengiklan akan melihat atau bertanya soal lalu lintas pengunjung blog, dan melihat Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) blog bersangkutan.

Jika memenuhi syarat bagi pengiklan, maka pengiklan tak akan segan-segan merogoh kocek untuk merasakan layanan jasa content placement di blog Anda. Oh iya, biasanya jasa content placement itu bergantung kesepakatan juga lho. Apakah artikel content placement itu disediakan oleh pihak pengiklan, atau malah yang punya blog menulis sendiri. Dan biasanya untuk kedua hal itu, harganya juga berbeda.

Jasa Menulis Artikel

Jasa menulis artikel juga menjadi sumber penghasilan yang gurih bagi seorang blogger. Apalagi kalau Anda termasuk blogger yang purnawaktu (fulltime). Tidak ada salahnya membuka bisnis menulis artikel di blog yang Anda kelola.

Kemampuan menulis seseorang bisa dilihat dari penyajian artikel-artikel yang ada blognya. Peminat yang ingin menggunakan jasa seorang blogger dalam menulis sebuah artikel, biasanya dilihat dari gaya bahasa, cara penyajian konten yang ada di blognya tersebut.

Oleh sebab itu, kepiawaian seorang blogger juga ditentukan dari caranya menyajikan konten berkualitas. Urusan teknis seperti SEO (Search Engine Optimization) juga menjadi faktor pendukung yang harus dipelajari oleh seorang blogger. Minimal para blogger familiar dengan menargetkan kata kunci, dan riset sebelum menulis sebuah artikel.

Bisnis Jualan Produk di Blog

Menjual produk sendiri di blog yang Anda bangun merupakan hal yang paling diminati oleh blogger. Banyak para blogger yang menjajakan produk mereka melalui webiste pribadi. Sebut saja Mas Sugeng yang menjual template blogspot terbaik untuk meraup pundi-pundi uang. Hal yang sama juga dilakukan oleh Igniel dan Arlina Design.

Namun, selain menjual tema blogspot, Anda juga bisa menjual produk seperti baju kaos sablon manual yang Anda produksi sendiri atau kerajinan tangan buatan Anda sendiri. Untuk hal ini, Anda tentu harus membuat toko online berbasis blog. Apakah itu menggunakan blogspot atau wordpress self-hosting, sesuai selera dan anggaran yang Anda miliki.

Bisnis Kursus Online (Daring)

Membuka bisnis kursus online berbasis blog juga bagian dari cara menghasilkan uang dari blog. Anda bisa menyiarkan lewat blog, bahwa Anda membuka kursus online belajar blog sampai bisa, misalnya. Atau contoh lainnya adalah membuka kursus online belajar bahasa Inggirs.

Dari sini, Anda bisa mematok harga untuk calon member yang ingin bergabung ke kursus yang Anda buka. Umumnya, materi yang diberikan berupa tutorial dalam format video atau PDF. Hal tersebut mengikuti selera Anda saja dalam memberikan materi.

Sebaiknya, berikan materi yang mudah dicerna bagi anggota member. Saat ini, bisnis kursus online menjadi daya tarik tersendiri di kalangan empunya blog atau website.

Bisnis Konsultasi Kesehatan Online

Jika kursus online saja bisa, tentu layanan kesehatan online juga bisa dong. Contoh paling nyata bisa Anda lihat maraknya website kesehatan seperti Halodoc, Alodokter, dan sebagainya itu membuka layanan kesehatan online.

Nah, jika Anda adalah seorang dokter sekaligus blogger, tidak menutup kemungkinan bisa menjadikan blog sebagai media untuk menambah pendapatan. Apalagi, jika blog itu diisi dengan tenaga kesehatan yang kompeten dalam menyajikan topik seputar kesehatan, dan melayani keluhan pasien yang sakit sepenuh hati.

Meski pasien hanya sekadar berkonsultasi, Anda bisa membuka tarif konsultasi kesehatan melalui blog dengan harga yang masuk akal. Kalau mahal, kemungkinan pasien enggan menggunakan layanan kesehatan melalui blog Anda.

Jasa Pengetikkan Online

Jika Anda mengetik kata kunci “Jasa Pengetikkan” di Google, maka Google akan memberi berbagai opsi untuk Anda pilih dan telusuri. Anda bisa memanfaatkan blog untuk membuka jasa pengetikkan online.

Hal ini juga diimbangi dengan kepiawaian Anda dalam urusan pengetikkan. Kecepatan dan kecermatan dalam pengetikkan adalah hal yang paling diutamakan. Jasa pengetikkan adalah salah satu ide bisnis yang potensial menghasilkan uang dari blog.

Bisnis Layanan Jasa Desain Grafis

Jika Anda seorang blogger yang mampu membuat logo sebuah brand atau produk, Anda bisa mewartakan kemampuan Anda satu ini melaui blog. Keahlian yang Anda miliki tentu dapat mengundang uang masuk ke kantong Anda.

Cara berbisnis desain grafis online, adalah dengan berupaya membangun ketertarikan calon konsumen dengan karya-karya Anda. Pajang hasil karya Anda di blog sebagai bukti sahih bahwa Anda adalah seorang desain grafis yang andal.

Kini, banyak orang mencari jasa untuk membuat infografis. Skill desain yang Anda miliki dapat membantu Anda membuat infografis yang diingikan oleh klien.

Bisnis Layanan Pemasaran Digital

Blog adalah lahan yang pas untuk memasarkan apa saja secara digital. Anda, bisa membuat servis pemasaran digital kepada pengunjung blog yang akan menjadi klien Anda. Targetnya adalah klien yang ingin produknya dikenal lebih luas. Tugas Anda adalah mempromosikan produk tersebut.

Caranya, jika Anda pengguna WordPress, Anda bisa membuat landingpage untuk mempromosikan produk si klien. Persoalan waktu dan harga bisa Anda bincangkan dengan calon klien. Pastikan Anda maksimal dan profesional dalam mempromosikan produk klien itu sehingga klien pun terpuaskan dengan kinerja yang Anda miliki.

Bisnis Layanan Pekerja Lepas Profesional

Pekerja lepas atau yang mungkin lebih familiar dengan sebutan freelancer adalah salah satu profesi yang tidak ingin terikat dengan sebuah perusahaan. Atau boleh jadi, seorang freelancer adalah orang yang bekerja, tetapi juga berprofesi sebagai pekerja lepas untuk mencari penghasilan tambahan di luar jam kerja.

Jika Anda orang yang memiliki skill dalam pembuatan webiste, Anda bisa menyiarkannya melalui blog yang Anda punya. Banyak milenial yang memanfaatkan waktunya sebagai pekerja lepas profesional sesuai minat dan kebisaan masing-masing.

Intinya, sebagai freelancer yang pro dalam membuat website, tentu Anda sudah menguasai bidang ilmu teknik informatika, misalnya. Jangan sampai klien kecewa dengan hasil kerja Anda. Pastikan semua pekerjaan diselesaikan dengan baik sesuai keinginan klien.

 Bisnis Agen Penjualan (Dropshipper, Affiliate & Reseller)

Tidak punya produk, tapi punya blog? Ide bisnis menjadi dropshipper, reseller, dan program afiliasi cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pemasukan sampingan. Tiga Ide bisinis online ini secara tidak langsung membantu Anda belajar menjual produk ke sasaran yang tepat.

Oleh karena itu, jika Anda adalah tipe orang yang mau belajar, manfaatkan blog Anda untuk menjual produk orang lain di blog yang Anda kelola. Banyak kisah sukses tentang reseller, dropshipper, dan afiliasi yang bisa Anda jadikan pemantik semangat untuk menghasilkan uang lewat blog.

Selain risikonya kecil, Anda hanya perlu melakukan beberapa usaha seperti memasang banner afiliasi, atau menulis tentang produk yang Anda jual itu sebagai acuan pengunjung blog untuk membeli produk yang ada di blog Anda.

Itulah beberapa ide bisnis online yang memanfaatkan blog sebagai media utamanya dalam menghasilkan uang atau pendapatan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. di Era Pandemi, bisnis online ini merupakan salah satu alternatif penghasilan yang paling mungkin sekarang ini. Potensi penghasilan ini juga bahkan bisa melebihi gaji karyawan swasta pada umumnya….

    Tapi kita juga harus mengasah ilmu untuk memiliki skill-skill yang bisa di lakukan via online…