Cara Mengatasi Link Mati pada Website

  • Whatsapp
broken link

Broken link adalah tautan yang semula ditargetkan, tetapi tak lagi aktif saat diarahkan pada sebuah halaman website. Broken link juga disebut dengan link mati. Umumnya pengguna akan mendapati tulisan 404 not found saat menyusuri tautan tersebut pada peramban.

Ada beberapa penyebab pranala tak bisa lagi diakses. Mulai dari dari pergantian URL (Uniform Resource Locator), dan berbagai penyebab lainnya.

Akibatnya, tautan yang mengarah ke sebuah halaman terjadi error alias tidak bisa ditemukan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi peringkat website di mesin pencarian.

Broken Link Adalah

Penting bagi blogger mengetahui apa itu broken link, kemudian cek link mati di blog secara berkala. Karena hal ini juga mempengaruhi peforma blog, dan berimbas pada artikel lainnya.

Jadi, seperti yang telah disinggung di awal, link mati adalah masalah besar bagi sebuah blog. Fatalnya, pengunjung ogah kembali ke blog karena terdapat banyak tautan yang rusak.

Namun, jangan terlalu cemas akan hal ini. Karena sebesar apa pun masalah pasti ada jalan keluarnya. Kini, sudah banyak cara mengatasi link rusak dalam sekejap.

Sebelum itu, ada baiknya kita masuk ke uraian penyebab broken link terlebih dahulu.

Penyebab Link Mati

Bagi sebagian orang yang baru bergelut di dunia blog melakukan cek link mati adalah sebuah keharusan. Karena hal itu sangat mempengaruhi ranking blog.

Lalu, apa saja penyebab broken link sehingga membuat sebuat tautan yang dituju tak bisa lagi diakses? Berikut di antaranya:

  • Kesalahan dalam mengetik tautan atau typo;
  • Perubahan domain;
  • Perubahan direktori web;
  • Penyimpanan laman 404 oleh cache;
  • Perubahan pengaturan pada Domain Name Serves (DNS).

Poin-poin di atas perlu dicermati. Sebab, hal itu bisa mengantisipasi dan memperkecil keberadaan link mati pada sebuah website.

Broken Link Checker dan Cara Mengatasinya

Cek broken link bisa dilakukan dengan cara audit artikel satu per satu. Namun, cara ini terlalu konvensional dan memakan banyak waktu. Kini, sudah banyak tools dan situs yang meringkas pekerjaan cek tautan rusak pada website.

Berikut cara cek link mati dengan mudah dan cepat

1. Silakan akses situs brokenlinkcheck.com untuk melakukan pengecekan

2. Setelah situs terbuka, silakan ketik alamat URL blog pada kotak kecil di bawah tulisan “Enter your URL below

3. Setelah itu ketuk/klik tulisan “find broken links” dan kamu akan diarahkan ke halaman baru

4. Pada halaman baru itu, Isi Security Code dan pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) lalu ketuk/klik Find broken link now!

5. Tunggu proses cek tautan hingga tuntas.

6. Tools ini akan memberikan petunjuk jika ada ditemukantautan yang rusak. Dan kamu bisa langsung mengeksekusi link mana yang harus diperbaiki.

7. Untuk mengetahui artikel mana link tersebut berada silahkan klik src pada kolom Page Where Found. Dari sini, kamu akan di arahkan ke link artikel tersebut. Silakan dicek langsung di blogspot atau wordpress untuk menyunting artikel tersebut dengan menghapus Link yang sudah mati.

8. Selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk mengatasi permasalahan link yang sudah mati di blog. Silakan lakukan penyuntingan dengan link yang aktif atau link yang baru. Atau alternatif lainnya, kamu bisa menghapus tautan tersebut supaya tidak menjadi masalah pada blog.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *