Cara Melamar Kerja di Perusahaan Bagi Fresh Graduate

  • Whatsapp
cara melamar

Bagi sebagian masyarakat Indonesia setelah selesai sekolah SMA akan melanjutkan jenjang sekolah yang lebih tinggi lagi. Memasuki dunia perkuliahan di universitas adalah salah satu impian bagi calon mahasiswa.

Adanya jurusan Diploma hingga Sarjana bisa menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswa tersebut. Jurusan yang diambil akan menentukan pekerjaan dan masa depan mahasiswa tersebut.

Akan tetapi adakah jaminan bahwa seorang mahasiswa yang sudah menyelesaikan kuliahnya akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya? Banyak kasus bahwa lulusan sarjana seringkali mendapatkan pekerjaan yang berbeda dengan jurusan yang dia ambil.

Bekerja di perusahaan besar atau yang sudah menjadi incaran bagi pencari kerja menjadi sebuah kebanggan tersendiri.

Hal ini bisa diakibatkan oleh banyak hal dalam dunia pekerjaan. Banyaknya jumlah lulusan sarjana yang memperebutkan beberapa lowongan pekerjaan menjadi penyebab utamanya.

Ya, selain lapangan pekerjaan yang masih tidak mencukupi juga ada faktor lainnya.

Persiapan Sebelum dan Sesudah Menyelesaikan Kuliah

Beberapa mahasiswa sewaktu sedang dalam masa kuliah melakukan magang kerja dan sebagian melakukan part time. Hal ini sangat bagus untuk menilai kualitas kerja mahasiswa tersebut.

Hal penting dalam melamar sebuah pekerjaan adalah resume mahasiswa tersebut. Walau belum mempunyai pengalaman kerja, yang akan dilihat pertama kali oleh bagian HRD perusahaan adalah cv lamaran kerja yang menarik.

Mahasiswa yang belum berpengalaman dalam membuat cv lamaran kerja yang baik dan benar tidak usah khawatir. Ada platform yang menyediakan resume lamaran kerja online di cvmenarik.com dengan cepat.

Ada banyak contoh resume dengan berbagai posisi pekerjaan yang bisa bisa anda aplikasikan di surat lamaran kerja. Mulai dari yang fresh graduate hingga pekerja yang sudah berpengalaman.

Mahasiswa yang sedang dalam kuliah dan mempunyai pekerjaan part time atau full time akan mendapatkan nilai tambahan. Selain memiliki pengalaman kerja tentunya mempunyai skill juga.

Beberapa mahasiswa suka bekerja sambil kuliah selain menambah uang jajan juga bisa membayar biaya kuliah demi meringankan beban orangtua. Namun harus diatur waktu bekerja dan kuliah dengan baik. Jangan ada salah satu yang menjadi beban atau tidak terlaksana dengan baik.

Mereka juga berpengalaman dalam membuat cv kerja yang baik dan menarik untuk dilihat oleh pihak personalia perusahaan. Mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan adalah sebuah keharusan sebelum menyelesaikan masa kuliah.

Oleh karena itu perbanyak informasi anda tentang lowongan pekerjaan di perusahaan yang sesuai dengan jurusan anda. Anda bisa menambah skill untuk menambah nilai plus di perusahaan incaran.

Ada skill yang kalian peroleh di bangku kuliah yang bisa dipraktekkan di perusahaan anda bekerja. Namun ada juga skill yang belum tentu didapatkan selama belajar di kampus. Contoh kecil adalah apabila nanti anda bekerja di perusahaan tentu diperlukan sebuah komunikasi dan kerjasama dalam tim.

Karena bekerja di perusahaan adalah bekerjasama dengan beberapa orang. Sehingga komunikasi yang baik mutlak dilakukan. Komunikasi dua arah sangatlah diperlukan dalam menjalin hubungan dengan rekan kerja.

Sebelum memulai ke arah sana, jika anda sudah selesai kuliah maka bisa melakukan upgrade skill baik di komunikasi seperti belajar bahasa Inggris atau public speaking.

Setelah Anda Bekerja di Perusahaan Impian

Jika anda berhasil masuk di perusahaan yang anda dambakan maka bersyukurlah. Di saat sekarang ini banyak mahasiswa yang sudah lulus menjadi pengangguran. Bekerja di transportasi online menjadi solusi cepat mendapatkan pekerjaan.

Ada hal yang perlu anda perhatikan setelah bekerja di sebuah perusahaan. Ada tata krama dalam berbusana dengan penampilan yang menarik. Namun jangan berlebihan dalam berpenampilan di kantor anda.

Ada baiknya anda melakukan riset kecil atau bertanya dengan manager personalia mengenai baju kerja. Apakah mendapatkan baju dinas atau tidak. Pada saat anda melakukan wawancara kerja bisa melihat penampilan para pekerja di perusahaan tersebut.

Demikian beberapa hal semoga bisa membantu para fresh graduate dalam mencari pekerjaan dengan membuat cv resume kerja yang menarik. Surat lamaran kerja merupakan salah satu andalan anda untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. (dzo)

Pos terkait