7 Cara Mendapatkan Passive Income Tahun 2021

  • Whatsapp
passive income adalah

Passive income adalah salah satu cara menambah pendapatan yang tengah digandrungi kawula muda saat ini. Dengan memiliki penghasilan pasif, setiap orang tidak akan bergantung pada satu sumber pemasukan saja, karena ada ladang uang lain yang dapat diandalkan setiap bulannya.

Adanya pendapatan pasif per bulan, tentu mampu membantu setiap orang yang tengah melewati masa-masa krisis. Banyak hal atau cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income.

Beberapa cara mendapatkan pemasukan pasif di bawah ini sangat cocok untuk mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga pekerja atau karyawan sekalipun. Jadi, segala macam upaya dapat dilakukan untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah meskipun dari rumah saja.

Passive Income Adalah

Passive Income dalam bahasa Indonesia artinya adalah pendapatan atau penghasilan pasif. Jadi, passive income adalah bentuk pendapatan  yang tidak serta merta diraih secara langsung. Dengan kata lain, meskipun sedang tidak aktif bekerja, seseorang tetap bisa mendapatkan penghasilan/

Contoh passive income yang banyak diminati kalangan muda, di antaranya:

  • Mengikuti program affliasi (affilate marketer)
  • Memasang iklan di blog (webiste)
  • Menghasilkan uang dari YouTube
  • Menjual karya digital
  • Membuat ebook, dan
  • Investasi jangka panjang
  • Kursus online

Di atas hanyala beberapa contoh saja. Tentu masih banyak peluang lain yang bisa mendatangakan pendapatan pasif. Namun, untuk bisa mencapai ke sana, ada hal yang mesti dibangun sebelum bisa menikmatinya. Hal ini memerlukan waktu dan tenaga yang tak sedikit.

Cara Mendapatkan Passive Income Tahun 2021

Banyak hal yang bisa dicoba untuk mendatangkan penghasilan pasif. Di sini, Kawula akan mengurai bagaimana hal itu akan bisa terjadi. Singkatnya, uang akan datang dengan sendirinya ke rekeningmu, jika kamu membangun fondasi yang kuat dari kini, dan berimbas baik di masa datang.

1. Memasang Iklan di Blog

Hal yang paling diminati oleh kawula muda adalah membuat blog dan memasang iklan di blog mereka. Gampangnya, buat blog yang diminati pembaca, dan integrasikan blog kamu ke Adsense agar bisa menampilkan iklan di dalam artikel. Dengan demikian, secara perlahan penghasilan pasif dari Adsense pun dimulai.

Perlu diketahui, untuk dapat bisa menghasilkan jutaan rupiah per bulannya, pastikan blog yang kamu kelola sudah memiliki banyak traffic organic. Dan Google akan membayar kamu setiap kali ada yang mengklik iklan di blogmu.

Ada 2 jenis iklan yang bisa ditampilkan di dalam postingan artikelmu di blog:

  • Auto Ads, kamu bisa memasang tipe iklan otomatis di blog sesuai yang telah direkomendasikan oleh Google. Jadi, hanya dengan memasang satu script kode iklan saja, maka iklan bisa tampil di seluruh area postingan.
  • Ads Unit, Opsi ini adalah pilihan yang bisa kamu lakukan sendiri. Mulai dari segi ukuran hingga peletakkan iklan. Google telah membuatkan panduan lengkap tentang hal ini. Namun, jika kamu ingin mencari tahu cara meningkatkan penghasilan Adsense, kamu bisa baca di sini.

Passive income agaknya terdengar sepele, tetapi jika kamu melakukan aktivitas nge-blog dengan penuh kesabaran dan konsisten dengan hasil yang sangat memuaskan. Kamu bisa baca kisah blogger sukses di blognya Mas Airul tentang seseorang yang secara reguler dapat menghasilkan uang dari blog. Hal itu pula, yang membuat Kawula termotivasi membuat blog, dan mempelajari seluk-beluk blog hingga kini.

2. Monetisasi YouTube

Zaman mulai bergeser ke arah yang lebih cerdas dalam menghasilkan uang. YouTube telah menjelma menjadi sumber penghasilan pasif yang menggiurkan. Banyak orang membuat channel YouTube kemudia memonetisasinya.

Namun, membangun sebuah channel YouTube yang bisa mendatangkan uang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada syarat tertentu dan aturan yang harus dipenuhi jika kamu ingin menjadi mendapatkan uang dari YouTube.

Berikut beberapa persyaratan YouTube Partner Program:

  • Mengikuti kebijakan monetisasi YouTube.
  • Tinggal di wilayah atau negara yang terhubung dengan YouTube Partner Program.
  • Memiliki akun Google AdSense.
  • Punya lebih dari 1000 subscriber.
  • Video sudah ditonton selama lebih dari 4000 jam dalam 12 bulan terakhir.

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa diperoleh apabila sudah memenuhi persyarata tersebut? Berikut ringkasannya.

  • Keuntungan iklan – Kamu akan mendapat keuntungan setiap ada penonton yang mengklik iklan di video, atau menonton iklan di video tersebut hingga tuntas.
  • YouTube Premium – Program ini memungkinkan penonton untuk menikmati konten kamu tanpa iklan. Namu, setiap calon member mesti membayar biaya langganan per bulan untuk bisa mengaksesnya.
  • Penjualan Produk – Apabila kamu telah memiliki basis penonton yang loyal, kamu dapat menjual berbagai produk maupun merchandise seperti kaos, topi, sweater, dan masih banyak lagi yang bisa diproyeksikan untuk mendatangkan passive income.

Selanjutnya, kamu perlu pula memahami YouTube Analytics agar perkembangan channel kamu semakin baik ke depannya.

3. Passive Income dari Program Afiliasi

Tentu saja kamu bisa mendapatkan pengasilan pasif kalau mengikuti program afiliasi. Mengikuti program afiliasi adalah passive income yang paling banyak diberdayakan oleh para blogger.

Meskipun kamu bukan seorang blogger yang memiliki blog, cara kerja program afiliasi ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mempromosikan suatu produk atau layanan dari suatu perusahaan.

Jika kamu seorang blogger, maka kamu tinggal memasang banner di situs kamu. Nah, kamu bisa dapat komisi dari penjualan tersbut jika ada pembelian yang sumbernya dari banner yang kamu pasang di blog.

Biasanya, setiap perusahaan yang membuka program afiliasi ini sudah membuatkan script khusus yang bisa kamu pasang di blogmu untuk mengikuti progaram tersebut.

Program afiliasi ini tak hanya berbasis blog atau website saja. Saat ini, jika kamu memiliki banyak pengikut di media sosial, kamu pun bisa memanfaatkan akun sosmedmu untuk mendaftar sebagai affilate marketer.

Salah satu bisnis yang punya program afiliasi berbasis website adalah Niagahoster dengan besaran komisi mencapai 70%. Untuk bergabung di Niagahoster tentunya, kamu terlebih dahulu mendaftar dan membeli produk mereka. Kamu bisa mendapatkan diskon spesial saat membeli paket hosting murah dengan memasukkan kode diskon “KWL01” (tanpa tanda petik).

4. Membuka Kursus Online (Online Course)

Memiliki keahlian khusus atau menguasai bidang tertentu juga bisa mendatangkan uang, lho. Jika kamu merasa mampu dan punya keahlian, coba buka online course. Kamu dapat menukar kebisaan yang dimiliki dengan sejumlah uang.

Menjamurnya tutorial di website dan YouTube bukan berarti tak ada celah untuk bisa mendapatkan penghasilan. Kamu bisa membahas suatu topik yang kamu kuasai lebih dalam sehingga orang-orang pun mendapatkan output yang jelas dari kursus daring yang kamu berikan.

Rancang materi yang akan diulas sebaik dan secerdas mungkin. Dan jangan lupa, buatlah materi dalam bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam sekaligus gampang mempraktikkannya.

5. Menjual Karya Seni Digital

Menjual karya seni digital bisa berbagai macam bentuknya. Kamu bisa menjual ebook yang dikemas dalam bentuk menarik, hingga menjual jasa pembuatan logo, banner, undangan, dan sebagainya. Lumayan lho untuk passive income.

Namun, sebelum memplokamirkan untuk menjual produk digital, kamu harus tahu dulu target pasarnya terlebih dahulu. Misal, kamu membidik pelaku usaha kecil menengah hingga perusahaan untuk pembuatan logo.

Produk seni digital sangat erat kaitannya dengan orisinalitas. Jadi, pastikan karya seni digatalmu punya keunikan dan daya tarik tersediri saat konsumen memerlukan bantuanmu.

Ingat, karya seni sangatlah bergantung pada orisinalitas. Pastikan karya seni yang Anda buat memiliki keunikan tersendiri.

6. Investasi Jangka Panjang

Satu lagi, passive income yang begitu digilai berbagai kalangan dan usia, yaitu melakukan investasi. Kamu gak perlu pusing kalau mendengar istilah investasi saat ini. Sudah banyak aplikasi invetasi yang dapat mendatangkan penghasilan untukmu dalam periode yang bisa ditentukan sendiri.

Investasi jangka panjang adalah salah satu pilihan terbaik untuk mendulang pundi rupiah. Apalagi, saat ini kamu bisa melakukan investasi mulai dari Rp10.000 saja. Contoh investasi paling mudah dapat kamu lakukan bersama Bibit. Bahkan, kamu bisa mendapatkan potongan senilai Rp25.000 saat pembelian reksa dana.

Nah, untuk kamu yang belum begitu familiar dengan jenis-jenis investasi, berikut beberapa di antaranya:

  • Deposito, Kamu menyimpan uang di bank selama periode waktu tertentu. Keuntungannya berasal dari bunga.
  • Emas, Investasi emas mengandalkan perubahan harga beli dan harga jual emas. Keuntungannya didapat jika Anda membeli emas di harga rendah lalu menjualnya saat harganya lebih tinggi.
  • Reksa dana, Kamu menginvestasikan sejumlah uang untuk dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Nanti dananya akan dialokasikan oleh MI ke berbagai pos seperti pasar uang atau saham. MI akan mendapat komisi dari keuntungan yang Kamu dapat.
  • Saham, Singkatnya, Kamu membeli saham suatu perusahaan di pasar modal. Keuntungannya bisa didapat dari dividen atau nilai tukar saham (capital gain). Pastikan Anda sudah memiliki wawasan yang cukup sebelum berinvestasi saham.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan kamu sudah mempertimbangkannya terlebih dahulu. Siapkan dana darurat dan jangan hanya mengandalkan satu platform saja untuk meminimalisir potensi kerugian.

7. Bisnis Dropshipping

Menjalankan bisnis dropshipping juga menjadi tren di kalangan pebisnis online, baik dari pemula maupun yang sudah kawakan. Penghasilan pasif income yang dilakukan oleh pemain dropship terbilang cukup menjanjikan.

Menariknya lagi, kamu tidak perlu repot-repot untuk stok barang. Tugasmu hanya menjual produk. Yang kamu lakukan hanya mencari supplier tepercaya di internet.

Rahasia dropship sukses bergantung dari tekad dan kegigihanmu menjalankan bisnis ini. Intinya, jalin hubungan baik dengan para supplier. Kalu bisa, jangan andalkan satu supplier saja, ya untuk berjaga-jaga jika stok barang yang kamu promosikan stoknya sedang kehabisan.

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan passive income lainnya, seperti menyewakan properti, membuat ebook, membuat website membership, dan lain sebagainya. Intinya, apa pun peluang yang ada di depan mata dan bisa mendatangkan hasil yang positif, tak ada salahnya untuk dicoba.

Dari uraian ringkas di atas, kira-kira mana yang cocok untuk mendatangkan passive income untukmu?

Pos terkait