Cara Buka Rekening BRI Online Terbaru

  • Whatsapp
cara buka rekening bri online

Buka rekening BRI online adalah layanan yang dimiliki Bank Rakyat Indonesia untuk menggaet nasabah baru yang ingin membuka rekening. Dengan kata lain, calon nasabah dimudahkan dengan adanya layanan buka rekening secara daring.

Tak sedikit masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga ke atas menggunakan rekening BRI. Terlebih dengan adanya layanan buka rekening online ini semakin memudahkan masyarakat untuk membuka rekening baru.

Keuntungan Buka Tabungan di BRI 

Jika calon nasabah belum mengetahui keuntungan buka rekening di BRI, di bawah ini adalah keuntungan yang bisa diambil sebagai nasabah BRI, di antaranya:

  • Kantor cabang BRI luas dan mudah ditemukan
  • Mudah mengoperasikan interner bankin BRI
  • Syarat buka rekening baru murah dan mudah
  • Bisa memilih jenis tabungan sesuai kemampuan
  • Dijamin pemerintah karena tergolong BUMN

Poin di atas hanya sedikit dari banyaknya keuntungan yang akan diperoleh jika menjadi nasabah BRI. Selain itu, ada layanan baru yang bisa dimanfaatkan oleh calon nasabah, yaitu buka rekening BRI online tanpa harus datang ke Bank, dan tentu lebih menghemat waktu.

Cara Buka Rekening BRI Online Terbaru

Benarkah bisa buka rekening secara online di BRI? Bagaimana cara buka rekening baru di BRI secara online?

Berikut cara buka rekening BRI online dengan mudah

1. Akses Website Buka Rekening BRI Online

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk buka rekening BRI online adalah dengan mengunjungi website BRI. Di website resmi BRI, kamu akan menemukan pilihan buka rekening secara online. Kalau kamu tidak menemukan aksesnya, silakan klik tautan bukarekening.bri.co.id/digital-saving yang langsung mengarahkan kamu ke halaman pendaftran. Halaman ini bisa diakses dari berbagai perangkat, baik PC maupun smartphone.

2. Memilih Jenis Tabungan

Pada halaman tersebut akan kamu temukan tulisan selamat datang. Di bawahnya ada kotak biru bertuliskan “buka rekening”, klik tulisan tersebut. Selanjutnya, kamu akan diberi informasi proses buka rekening baru BRI online. Jika sudah tuntas, klik pilihan Buka Rekening (kotak biru), yang terletak pada bagian bawah.

Kamu akan diantarkan ke halaman selanjutnya. Pada halaman ini, calon nasabah akan diberikan pilihan beberapa jenis tabungan. Tiap pilihan tabungan ini memberikan kelebihan dan manfaat sendiri. Kamu bisa klik salah satu pilihan untuk mengetahui lebih banyak soal jenis tabungan tersebut. Jika sudah yakin, barulah klik tombol Pilih Rekening dekat nama jenis tabungan.

3. Memilih Kantor Cabang untuk Proses Selanjutnya

Setelah selesai mengonfirmasi pilihan, berikutnya calon nasabah akan dibawa ke halaman lain. Di halaman baru, kamu akan diminta mencari kantor cabang terdekat. Hal ini penting untuk memastikan proses buka rekening tepat dan bisa dilayani sepenuhnya.

Apabila ada kendala, kamu bisa mengurusnya di cabang terdekat. Setelah memilih cabang bank BRI yang dirasa cocok dan terjangkau dari area tempat tinggalmu, selanjutnya klik tombol yang ada di situ. Jika sudah berhasil, kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya.

4. Unggah Dokumen

Langkah berikutnya, kamu diminta mengisi e form BRI buka rekening dan upload dokumen. Form yang diisi harus sesuai dengan data yang diminta oleh pihak BRI. Oleh karena itu, pastikan lebih dulu, jangan sampai salah eja untuk nama dan alamat.

Dokumen yang disiapkan untuk diunggah antara lain adalah KTP, NPWP dan Surat Keterangan Diri. Untuk KTP, calon nasabag diminta memotret KTP asli (hadap depan dan belakang). Kamu juga harus berswafoto sembari memegang KTP di tangan. Pastikan foto diri ini bisa menunjukan wajah dan kartu secara jelas.

Untuk syarat NPWP, hal ini tidak diharuskan. Tapi jika sudah ada NPWP, biasanya kamu tidak dimintai surat keterangan diri yang terlalu detail.  Setelah semua dikumpulkan, kamu cukup upload foto dan dokumen tersebut.

5. Verifikasi Langsung Dari Pihak BRI

Untuk memastikan yang membuka rekening memang benar ada dan tidak melakukan penipuan, pihak BRI akan mencoba mengontak Anda secara langsung. Kontak ini biasanya menggunakan video call agar nama, tampang dan penjelasan bisa lebih jelas.

Sejak kemunculan teknologi video call, syarat buka rekening BRI online terbaru, sudah mulai menggunakan media ini. Sebelumnya, kamu harus tetap datang ke kantor bank untuk menyelesaikan semua proses. Namun kini, kamu bisa santai di rumah dan menerima video call lewat smartphone tanpa harus repot.

6. Mengirim Saldo Pertama

Setelah akun rekening terkonfirmasi, langkah berikutnya kamu harus melakukan pengisian saldo awal. Besaran saldo awal bisa berbeda, bergantung dari jenis tabung BRI yang dipilih pada tahap pertama tadi. Untuk buka rekening bank online BRI, kiriman saldo ini bisa didapatkan dengan menabung langsung ke kantor bank atau transfer dari rekening lain.

7. Konfirmasi Menggunakan Aplikasi BRIMo

Pada menu berikutnya, kamu akan diminta melakukan beberapa pengisian identitas untuk mendaftar akun BRIMO. BRIMO adalah singkatan dari BRI Mobile. Jika sudah mendaftar dan mengaktifkan akun, kamu bisa dengan bebas mengakses aplikasi BRIMo.

Mengurusi buka tabungan bank BRI online tidak akan lengkap tanpa proses ini. BRImo memudahkan nasabah mengakses tabungan dan melakukan transaksi perbankan. Mulai dari transfer, bayar tagihan hingga beli pulsa bisa lewat aplikasi ini.

Buka Rekening Secara Online Jadi Lebih Praktis

Buka rekening BRI bisa dilakukan hanya lewat website. Sangat disayangkan, langkah praktis ini belum semua orang memahaminya.  Oleh sebab itu, ada tahapan yang harus dikerjakan untuk buka rekening BRI. Proses pendaftaran atau buka rekening baru secara daring hanya memakan waktu sekitar 10 menit, dengan catatan kamu sudah mempersiapkan lebih dulu syarat daftar rekening bri online yang diperlukan.

Buka tabungan baru online jadi lebih praktis karena menghemat waktu, dan tidak harus menggunakan PC/laptop untuk melakukannya. Adanya peramban atau browser dari smartphone bisa menjadi alternatif untuk hal ini. Kamu bisa mengunggah foto dan dokumen yang diperlukan melalui kamera smartphone. Meskipun kamu berada di tempat yang jauh, tetapi sinyal internet memadai untuk online, maka kamu tidak perlu repot buka rekening dengan cara langsung datang ke Bank.

Hal yang perlu kamu ingat saat daftar rekening baru BRI secara online adalah seputar setoran awal. Untuk mengisinya, kamu bisa datang ke bank langsung, atau melakukan transfer untuk melakukan setoran awal dengan rekening berbeda. Jika kamu tidak punya rekening bank lain, alternatif yang bisa dilakukan dengan minta tolong pada kerabat, teman atau yang punya rekening untuk mengirimkan saldo awal. Berikutnya, kamu urus sendiri untuk mengganti besaran transfer tersebut.

Buka rekening baru BRI secara daring cukup mudah, bukan? Semoga, artikel ini bisa menjadi panduan untuk kamu yang ingin membuka rekening baru milik BUMN ini.

Pos terkait