11 Aplikasi Dompet Digital Terbaik 2021

  • Whatsapp
aplikasi dompet digital terbaik 2021

Aplikasi dompet digital terbaik 2021 memungkinkan pengguna melakukan transaksi nontunai secara online melalui smartphone.  Melalui e-wallet ini, akan tersimpan sejumlah uang yang sebelumnya telah ditransfer dari rekening bank milik pengguna.

Dalam hal ini, pengguna diketahui hanya perlu mengarahkan smartphone-nya untuk melakukan scanning barcode dari merchant atau mengarahkan barcode yang dibuatnya ke alat pembaca milik merchant agar dapat melakukan pembayaran.

Daftar Aplikasi Dompet Digital Terbaik 2021

  1. GoPay

GoPay merupakan sistem pembayaran untuk seluruh layanan yang terdapat dalam ekosistem GoJek. Aplikasi dompet digital terbaik 2021 yang satu ini juga telah mengantongi izin resmi dari Bank Indonesia sehingga tidak diragukan lagi keamanannya. GoPay dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari transportasi online, pemesanan makanan, pengisian pulsa, bayar tagihan, jasa pengiriman, hingga berinvestasi.

Aplikasi ini bahkan juga dapat membantu penggunanya untuk mentransfer uang ke rekening bank. GoPay sendiri menempati posisi pertama dengan pengguna aktif terbanyak pada tahun 2019. Aplikasi ini juga menyediakan beragam promo dan diskon besar-besaran untuk memanjakan pengguna setianya.

  1. LinkAJa

LinkAja adalah aplikasi dompet digital tanpa biaya admin sekaligus  perusahaan fintech patungan beberapa BUMN, yakni Bank Mandiri, Telkomsel, dan Pertamina. Untuk diketahui, LinkAja adalah rebranding dari T-Cash.  Aplikasi ini juga sama seperti e-wallet lainnya, yakni bisa dipakai untuk pembayaran dan juga transfer antar-bank.

E-wallet yang satu ini juga semakin digandrungi di Indonesia, mulai untuk berbelanja, bayar tagihan, bahkan untuk membayar KRL, MRT, tol, dan berbelanja di rest area tol.

  1. OVO

E-wallet yang satu ini terintegrasi dengan Grab dan Tokopedia. Itu berarti, penggunanya dapat membayar Grab dan Tokopedia menggunakan OVO. Aplikasi ini diketahui menguasai 62% pangsa pasar aplikasi e-wallet di Indonesia.

Di samping itu, e-wallet ini pun banyak dijumpai di kafe, supermarket, restoran, bahkan di beberapa warung. Akan halnya GoPay, OVO pun memiliki beragam pilihan top-up yang dapat diisi melalui internet banking, ATM, mobile banking, ataupun mitra pengemudi Grab.

Sebagaimana e-wallet one for all lainnya, aplikasi ini punya banyak fitur di dalamnya, mulai dari yang paling dasar seperti untuk membayar di merchant offline maupun online, transfer antar-bank, hingga berinvestasi. Adapun cashback dan promo lainnya juga kian membuat e-wallet ini digandrungi oleh masyarakat tanah air.

  1. Dana

Aplikasi dompet digital yang banyak promo bisa menggunakan DANA. Di ranah aplikasi e-wallet, nama DANA kian melambung. E-wallet ini juga memiliki keunggulan tersendiri, yakni sudah terhubung dengan data dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). DANA pun sering menyediakan promo dan voucher yang diberikan kepada pelanggan setianya.

Untuk diketahui juga, e-wallet biru ini memiliki fitur Kirim Uang atau Send Money untuk transfer uang antar-bank.

  1. Jenius

Bukan hanya dikenal sebagai bank digital, Jenius pun diketahui sebagai aplikasi e-wallet. Produk dari Bank BTPN ini memang dikenal sebagai bank digital.

Di Jenius, penggunanya dapat menabung layaknya di bank konvensional. Namun, perbedaannya, end-to-end Jenius secara digital. Jenius pun dapat digunakan untuk belanja dan membayar tagihan sehingga termasuk dalam e-wallet.

Di samping itu, penggunanya juga bisa top-up ke akun e-wallet yang lain, seperti OVO, GoPay, dan DANA. Ketika menginstal aplikasi Jenius di smartphone, pengguna harus mendaftarkan diri sebagai member baru untuk mulai dapat menggunakan akun Jenius.

  1. Octo Go Mobile by CIMB Niaga

Sebagaimana namanya, Octo Go Mobile adalah aplikasi yang dikeluarkan Bank CIMB Niaga. E-wallet satu ini sudah terjamin keamanannya sebab data-datanya dilindungi oleh sistem keamanan bank. Octo Go Mobile juga dilengkapi dengan sistem keamanan fingerprint dan face lock.

Bukan itu saja, penggunanya juga hanya bisa login di satu perangkat. Pengguna juga bisa langsung mendaftar aplikasi ini secara langsung tanpa harus terlebih dahulu mendatangi bank.

  1. iSaku

Sering dijumpai di Indomaret, iSaku memang sering dipakai untuk memudahkan transaksi di Indomaret. Di samping menguntungkan untuk berbelanja di indomaret, e-wallet satu ini juga menggunakan sistem rewards berupa poin setelah melakukan transaksi. Poin itu nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai promo di Indomaret.

Bukan itu saja, iSaku pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk berbelanja online, transfer, dan tarik tunai.

  1. Sakuku

BCA pun diketahui memiliki e-wallet tersendiri dan namanya Sakuku. Aplikasi ini tergolong besar sebab mayoritas perusahaan di Indonesia menggunakan BCA untuk membayar gaji karyawannya. Karena itulah Sakuku diluncurkan dalam rangka mempermudah transaksi digital.

E-wallet yang satu ini terbagi menjadi dua jenis, yakni Sakuku dan Sakuku Plus. Perbedaannya, yaitu pada jumlah maksimal saldo yang dapat disimpan di dalamnya. Maksimal saldo dalam Sakuku adalah Rp2 juta, sementara di Sakuku Plus Rp10 juta. Di sisi lain, Sakuku Plus diketahui juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti split bill dan tarik tunai.

  1. DOKU

Ini merupakan aplikasi dompet digital terbaik 2021 yang membantu penggunanya untuk bertransaksi digital dengan mudah, baik untuk bayar tagihan bulanan, beli pulsa, maupun untuk belanja online. Doku juga menawarkan sistem keamanan ganda sehingga penggunanya tidak perlu khawatir soal keamanannya.

  1. Paytren

Paytren merupakan perusahaan fintech yang sudah meramaikan pasar e-wallet sejak 2018 silam. Aplikasi e-wallet ini juga sudah beroleh izin dari BI dengan entitas PT Veritra Sentosa Internasional.

Diketahui, Paytren menyediakan aneka fasilitas pembayaran, mulai dari listrik, kebutuhan rumah tangga, pembayaran hotel, tiket kereta, dan tiket pesawat. 

Transaksi pembayarannya dilakukan menggunakan fitur QR Code. Sejak kuartal ketiga tahun 2019 lalu, Paytren konsisten menempati posisi 10 dalam ekosistem aplikasi e-wallet. Bahkan pada tahun 2021 ini, Paytren berencana melantai (mendaftarkan diri) di Bursa Efek Indonesia.

  1. ShopeePay

Aplikasi dompet digital terbaik 2021 satu ini milik salah satu e-commerce terbesar di Asia Tenggara, yakni Shopee. Shopeepay diketahui mendominasi pasar dompet digital di Indonesia pada awal 2021. Integrasi Shopeepay dengan e-commerce Shopee disebut-sebut menjadi penyebab e-wallet ini demikian populer.

Adapun Shopeepay ada di dalam aplikasi Shopee dan bisa langsung digunakan untuk pembayaran. E-wallet ini pun bisa digunakan untuk bertransaksi di merchant offline, seperti di kafe ataupun restoran.

Untuk top-up saldo ke ShopeePay pun tergolong mudah, yakni bisa dilakukan melalui ATM, Mobile Banking, Alfamart/Alfamidi, Indomaret, dan merchant lainnya yang mendukung. Jika menggunakan ShopeePay Plus, yaitu dengan verifikasi KTP, pengguna dapat melakukan transfer saldo dan tarik DANA.

Keuntungan Menggunakan E-Wallet

  1. Keamanan terjamin.
  2. Praktis dan efisien.
  3. Beragam promo dan diskon.
  4. Bayar sesuai harga.
  5. Transaksi bisa di mana saja.
  6. Lebih higienis.

 

 

Pos terkait