Cara Aktivasi Gopay Paylater hingga Menggunakannya

  • Whatsapp
cara aktivasi gopay paylater hingga menggunakannya

Gopay paylater adalah metode pembayaran dari aplikasi gojek menggunakan dompet elektronik yang memiliki fungsi layaknya kartu kredit. Layanan paylater yang disediakan oleh gojek adalah hasil kerja sama gojek dengan findaya.

Findaya adalah perusahaan finansial teknologi (fintech) dengan misi sosial yang bertujuan mendorong inklusi keuangan dan ekonomi digital di Indonesia, dengan fitur finansial untuk para pengguna gojek hingga pinjaman pendidikan untuk KAM (Ketua Arisan Mapan). Sampai saat ini findaya terus memberikan layanan keuangan bagi masyarakat underbanked (masyarakat yang hanya memiliki layanan keuangan sederhana) dan unbanked (masyarakat yang tidak memiliki rekening bank) dengan tepat, mudah, dan tanggung jawab.

Paylater dari gojek juga menawarkan kamu pinjaman belanja dan fitur layanan tanpa bunga, dengan menggunakan layanan ini kamu bisa gunakan untuk berbagai transaksi yang ada di dalam aplikasi gojek. Mulai dari GoFood, GoPulsa, GoSend, GoRide, GoBills, dan GoTix semua layanan ini bisa kamu gunakan menggunakan metode bayar paylater.

Cara Daftar hingga Aktivasi Akun Gopay Paylater

Sebelum kamu mulai mendaftar akun, pastikan kamu sudah berusia 21 tahun atau lebih ya. Karena syarat pendaftaran yang dibutuhkan untuk menggunakan fitur paylater ini adalah usia minimum 21 tahun. Setelah memastikan usia kamu sesuai dengan kriteria, berikut ini adalah caranya.

  • Mengunduh aplikasi Gojek melalui Playstore ataupun Apps Store.
  • Lakukan login ke akun gojek kamu.
  • Setelah login, klik “Gopay Paylater” pada menu aplikasi gojek.
  • Setelah itu masukkan kode OTP yang dikirimkan oleh gojek, lalu klik “daftar sekarang”.
  • Kemudian isi data diri kamu beserta foto KTP dan swafoto (selfie) dengan KTP.
  • Setelah mengisi formulir, kemudian tunggu sampai proses verifikasi selesai, lalu tanda tangan secara digital dan selesai.

Kamu sudah bisa menggunakan fitur paylater yang disediakan oleh aplikasi gojek.

Cara Menggunakan Paylater Gojek

Untuk menggunakan paylater gojek, kamu bisa menggunakannya melalui aplikasi gojek yang sudah kamu install di ponsel kamu dan juga bisa melalui aplikasi partner yang menyediakan metode pembayaran menggunakan gopay. Berikut ini adalah cara untuk menggunakan paylater.

  1. Cara Menggunakan Paylater via Aplikasi Gojek

Berikut adalah panduan yang harus kamu lakukan untuk dapat menggunakan paylater di aplikasi gojek.

  • Pilih layanan yang ada dalam aplikasi berupa GoCar, GoRide, GoFood, dan lain sebagainya.
  • Kemudian pilih metode pembayaran dengan paylater.
  • Setelah itu konfirmasi persetujuan akan muncul pada transaksi pertama setiap bulannya, lalu klik konfirmasi.
  • Terakhir adalah memasukkan PIN Gojek untuk meneruskan transaksi kamu, selesai.
  1. Cara Menggunakan Paylater via Aplikasi Partner

Berikut ini adalah cara menggunakan metode pembayaran paylater di aplikasi partner.

  • Pastikan aplikasi menyediakan pembayaran menggunakan gopay. Kemudia unduh aplikasi tersebut.
  • Lalu, buka aplikasi dan lakukan transaksi di aplikasi tersebut.
  • Setelah itu bayar menggunakan gopay, kemudian pilih metode pembayaran dengan menggunakan paylater.
  • Pastikan kembali rincian transaksi sudah benar, lalu klik konfirmasi.
  • Terakhir adalah masukkan PIN Gojek kamu, dan transaksi selesai.

Cara Membayar Tagihan dan Biaya Keterlambatan

Mengenai pembayaran tagihan paylater kamu, kamu bisa melihat informasi lengkap mengenai fitur yang ada, seperti limit saldo, riwayat pesanan, dan jumlah tagihan pada halaman beranda paylater di aplikasi gojek. Jatuh tempo tagihan akan dilakukan tengah malam di hari terakhir tiap bulan, misalnya total pemakaian kamu di bulan Agustus akan jatuh tempo di tanggal 30 Agustus tengah malam. Berikut adalah cara membayar tagihan paylater, antara lain:

  • Buka aplikasi gojek kamu, lalu klik “gopay”.
  • Kemudian pilih “paylater” pada menu gopay, lalu lihat jumlah tagihan kamu.
  • Setelah itu klik “bayar tagihan”, pastikan saldo gopay kamu cukup untuk membayar tagihan paylater kamu.
  • Kemudian masukkan PIN Gojek kamu untuk lanjut ke pembayaran, setelah itu klik “selesai” dan limit saldo kamu akan kembali normal.

Ketika kamu telat membayar tagihan, kamu akan menerima pengingat pembayaran lewat notifikasi terkait tagihan bulan sebelumnya. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir terkait bunga yang diberikan ketika kamu telat membayar tagihan paylater kamu, karena gojek akan memberikan jangka waktu tambahan selama 5 hari untuk melunasi semua tagihan kamu sebelum masuk denda harian. Ketika kamu sudah masuk hari ke 5 dan belum membayar tagihan paylater kamu, maka kamu akan dikenakan denda harian sebesar Rp2.000 di mulai dari tanggal 6 di bulan berikutnya. Namun pada saat kamu melakukan pelunasan sebelum masuk tanggal jatuh tempo atau pada saat pertengahan bulan, maka kamu tidak akan dikenakan bunga untuk tagihan paylater kamu.

Keuntungan Menggunakan Gopay Paylater

Keuntungan atau benefit yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan fitur ini, antara lain:

  • Kamu bisa menggunakan kembali saldo paylater yang telah kembali utuh saat kamu melakukan pelunasan. Kamu bisa menggunakannya kembali tanpa dikenakan biaya tambahan sampai akhir bulan, jadi kamu bayar tagihan bulanan satu kali, namun penggunaannya bisa berkali-kali.
  • Paylater menggunakan jumlah tagihan yang pasti dan tanpa persenan, jadi biaya tidak berlaku jika paylater kamu tidak terpakai di bulan tersebut. Paylater juga menyediakan tagihan bebas bunga sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Ketika kamu menggunakan fitur ini kamu bisa melihat seluruh transaksi selama satu bulan penuh, jadi memudahkan kamu dalam hal mengatur pengeluaran selama sebulan.
  • Ketika kamu adalah pengguna baru yang menggunakan paylater, gojek akan memberikan kamu fitur bebas biaya langganan di bulan pertama.

Penutup

Itulah tadi cara kerja paylater dari gojek yang memudahkan penggunanya terkait pembayaran. Adanya paylater ini menjadi sebuah solusi praktis pada saat saldo gopay kamu sedang kritis. Kelebihan yang ada pada fitur juga sangat menguntungkan penggunanya dan sangat membantu pengguna pada saat dompet digital gopay sedang kosong.

Pos terkait