Pendanaan: Pengertian, Manfaat hingga Jenisnya

  • Whatsapp
pendanaan adalah

Pendanaan adalah metode atau cara perolehan dana yang digunakan sebagai modal utama maupun dana tambahan demi berjalannya sebuah proyek perusahaan atau bisnis. Program funding biasanya digunakan untuk pengerjaan sebuah proyek, program, atau portofolio yang dialokasikan demi berjalannya suatu organisasi atau sebuah perusahaan.

Mengenai hal ini perusahaan akan diberikan modal dalam bentuk hutang atau ekuitas. Perusahaan tersebut harus memilih diantaranya, ketika sebuah perusahaan memilih modal yang disediakan melalui hutang artinya perusahaan tersebut menjadi pihak peminjam dana. Sedangkan memilih dalam bentuk ekuitas, perusahaan tersebut akan menerima sejumlah dana investasi dari para pemilik dana dengan menerbitkan saham atau menahan saldo laba.

Terdapat beberapa jenis dan manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui funding dan melalui dua metode seperti yang sudah disinggung di atas tadi. Berikut ini adalah beberapa jenis, manfaat, dan metode yang digunakan untuk memperoleh dana dari kegiatan funding.

Metode Pendanaan via Utang

Metode funding melalui hutang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Menerbitkan Obligasi

Dana yang dihasilkan oleh perusahaan besar yang bersumber dari penerbitan obligasi (surat utang) yang dimiliki dan dibeli oleh para investor. Kebanyakan perusahaan lebih memilih untuk mencari pinjaman dengan cara ini dikarenakan suku bunga yang dikenakan bisa jadi lebih rendah.

Karena surat utang (obligasi) yang dibeli dan bagi pembeli tersebut akan mendapatkan keuntungan berupa bunga saat tanggal jatuh tempo pembayaran hutang.

2. Menerbitkan Surat Berharga

Perushaan juga bisa memilih untuk menerbitkan surat berharga (commercial paper) mereka, yaitu sekuritas hutang jangka pendek yang diterbitkan ketika kondisi keuangan perusahaan sedang dalam keadaan baik. Jenis ini memiliki jatuh tempo normal antara tiga sampai enam bulan.

3. Pinjaman dari Lembaga Keuangan

Perusahaan atau bisnis juga bisa mendapatkan sejumlah dana dari lembaga keuangan, seperti bank komersial atau lembaga keuangan lainnya. Pada umumnya ketika mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan, peminjam harus memberikan secara rinci terkait rencana keuangan mereka yang menyebutkan proyeksi pendapatan dan beban di masa yang akan datang. Hal ini dibutuhkan oleh pemberi dana sebagai penilaian kelayakan yang biasanya akan mereka lihat dari beberapa faktor, seperti rencana penggunaan dana, kondisi keuangan perusahaan, dan beberapa jaminan yang bisa digunakan sebagai pendukung pinjaman.

Metode Pendanaan via Ekuitas

Metode yang dilalui lewat ekuitas terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Menerbitkan Saham

Perusahaan juga bisa mendapatkan dana melalui ekuitas dengan cara menerbitkan saham, baik saham biasa yang berupa surat berharga komersial dalam bentuk piagam atau sertifikat hak milik yang memberikan pemegangnya bukti atas hak dan kewajiban menyangkut andil kepemilikan dalam hal laba di suatu perusahaan tanpa batasan. Perusahaan bisa juga menerbitkan saham preferen yang merupakan jenis saham istimewa dengan memberikan pendapatan tetap dalam bentuk dividen.

2. Saldo Laba

Perusahan dapat menahan saldo laba untuk memperoleh dana melalui ekuitas dan tidak membagikannya atau dibagikan secara dividen kepada para pemilik saham. Adanya laba ditahan (retained earnings) yang merupakan hasil dari penjualan barang dan jasa yang kemudian dibagikan sehingga menjadi tambahan bagi para pemegang saham dengan jumlah nominal uang yang bisa dipakai untuk dibagikan secara dividen.

Manfaat Pendanaan

Adanya kegiatan seperti ini tentu memiliki tujuan dan manfaat bagi setiap perusahaan. Berikut ini adalah manfaat funding bagi perusahaan ataupun bisnis kamu.

1. Mengatur Cash Flow Perusahaan

Cash flow adalah laporan keuangan yang berfungsi untuk melacak setiap pemasukan dan pengeluaran sehingga menghasilkan analisa keuangan yang terjadi. Dalam hal ini terutama bagi bisnis kecil sangat penting untuk tahu arus keuangan mereka, karena menjaga arus kas adalah salah satu kendala terbesar yang harus ditangani seiring berkembangnya bisnis yang dijalankan. Untuk itu manfaat dari funding ini adalah menyegarkan kembali arus kas bisnis yang sedang kamu jalankan.

2. Sewa Tempat

Seiring dengan kemajuan bisnis yang kamu jalankan, tentunya kamu memerlukan lahan atau tempat yang lebih luas untuk menjalankan bisnis kamu, seperti kantor baru untuk para karyawan kamu bekerja dan gudang baru untuk menyimpan stok penjualan kamu. Namun, jika kamu tidak memiliki tempat tersebut, maka kamu bisa menyewa tempat tersebut untuk kamu pertimbangkan bagi bisnis kamu. Oleh karena itu adanya fasilitas funding yang bisa membantu kamu untuk menyewa tempat-tempat tersebut tanpa khawatir dengan tidak adanya tempat untuk menyimpan stok penjualan atau tempat karyawan kamu bekerja nantinya.

3. Gaji Karyawan

Pada saat kamu menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan tentunya kamu perlu yang namanya fasilitas pendanaan yang akan digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan operasional yang ada. Salah satunya adalah menggaji karyawan, karena dengan adanya karyawan sebagai tulang punggung dari proses operasional bisnis kamu yang jasanya harus kamu bayarkan tepat waktu. Oleh karena itu kamu perlu fasilitas ini untuk antisipasi dalam hal menggaji karyawan, jika terjadi kendala dalam hal keuangan.

4. Mengelola Inventaris Perusahaan

Perusahaan perlu untuk mengelola inventaris mereka, namun mengelola inventaris adalah salah satu hal yang rumit untuk dilakukan pada saat menjalankan perusahaan atau bisnis. Karena dengan banyaknya hal yang harus diperhitungkan, mulai dari permintaan pasar, menjaga layanan agar jumlah aman, dan lain sebagainya.

Pada saat bisnis atau perusahaan kamu sedang meningkat pesat dan terjadi permintaan pasar yang sedang tinggi, namun kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut maka fasilitas funding ini sangat diperlukan. Karena dengan menggunakan fasilitas ini kamu bisa meminjam sejumlah dana untuk membeli berbagai macam inventaris yang kamu butuhkan, sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan pasar yang sedang tinggi.

5. Dana Darurat

Fasilitas ini tidak hanya bisa menutupi kebutuhan operasional saja, namun bisa juga kamu gunakan sebagai dana darurat untuk persiapan bisnis atau perusahaan kamu guna menghadapi perubahan tren dan berbagai macam kendala lainnya. Pasalnya dalam hal menjalankan bisnis atau perusahaan memiliki dana darurat sangatlah penting, karena banyak hal yang terkadang tidak bisa diprediksi. Penggunaan fasilitas ini memungkinkan kamu menghadapi berbagai macam kendala yang ada dalam bisnis atau perusahaan kamu.

Kesimpulan

Program funding ini memungkinan kamu dalam hal mengatur segala bentuk keuangan yang terjadi dalam bisnis atau perusahaan kamu. Dana yang akan diberikan melalui bentuk investasi ataupun pinjaman dana.

Pos terkait