10 Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang 2021

  • Whatsapp
pinjaman online tenor panjang

Aplikasi pinjaman online tenor panjang saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat luas. Kebutuhan finansial yang mendadak membuat masyarakat mencari pinjol bunga rendah dengan tenor yang panjang untuk mencukupi kesehariannya.

Perlu dipastikan kembali bahwa platform pinjol yang akan Anda gunakan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga kita tidak perlu khawatir terhadap penipuan digital finansial.

Tanpa harus menyertakan berbagai dokumen, tentu saja pinjol menjadi cara alternatif untuk meminjam selain di bank. Karena perusahaan fintech (Finance Technology) mampu memberikan bunga lebih rendah ketimbang dengan pinjaman konvensional dengan tenor yang panjang.

Kelebihan dari fintech ini adalah bunga yang berkisar antara nol koma sekian persen, berbeda dengan bank yang dikenakan bunga satu persenan. Bedanya adalah bunga yang dikenakan oleh pihak bank berupa single digit dan bisa juga nol koma sekian persen perbulannya, ketimbang dengan fintech yang rata-rata dikenakan bunga sebesar 0,8 persen perhari. Hal ini menunjukkan bahwa setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

10 Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang 2021

Berikut adalah rekomendasi pilihan pinjaman online tenor panjang yang bisa dijadikan pilihan

1. Aplikasi Jenius Flexi Cash

Jenius Flexi Cash adalah sebuah aplikasi pinjol yang memungkinkan untuk kalian yang membutuhkan dana siaga tambahan dengan cara menarik tunai dari akun Jenius Flexi Cash. Tetapi hanya nasabah dari Jenius yang terpilih untuk bisa memakai layanan ini.

Tidak hanya bagi pengguna Jenius saja yang bisa memakai fitur ini. Begini cara pengajuan dan aktivasi akun Jenius Flexi Cash.

  • Unduh Aplikasi Jenius di Playstore maupun App Store dan buka Aplikasi Jenius yang sudah terunduh.
  • Pilih pada menu flexi cash di aplikasi jenius setelah terunduh, kemudian pilih saya ingin mengajukan flexi cash dan tekan ok.
  • Mengisi informasi berupa data diri, alamat tempat tinggal, informasi pekerjaan, dan informasi kerabat dekat pada menu yang disediakan pada aplikasi.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan diatas tadi ialah Warga Negara Indonesia (WNI), Berusia 21-50 Tahun, dan memiliki KTP. Dengan proses verifikasi data yang dilakukan selambat-lambatnya 5 hari.

Bunga yang ditentukan dari aplikasi ini tergantung dari risk profile setiap pemilik akun. Biasanya Jenius Flexi Cash ini mengenakan bunga sebesar 1,75%-2,25% perbulan. Tenor yang bisa kalian ambil adalah 1-36 bulan dengan pinjaman sebesar Rp 2,5 juta sampai Rp 50 juta maksimal pinjaman tanpa biaya administrasi dan hanya bisa diajukan di aplikasi jenius saja.

2. Finmas

Finmas adalah perusahaan P2P lending yang diawasi dan terdaftar di OJK. Finmas (PT. Oriente Mas Sejahtera) memiliki tujuan menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Dengan cara memberikan akses permintaan pinjaman yang mudah, cepat, dan terjangkau melalui perangkat ponsel Anda.

Finmas menyediakan dua varian produk, yaitu cash advance dan installment. Kedua produk yang disediakan tentu berbeda, bedanya adalah jika kalian memilih cash advance yang merupakan tarik tunai melalui aplikasi dan jika installment adalah program cicilan ketika kalian berbelanja menggunakan aplikasi finmas di merchant tertentu.

Syarat yang dibutuhkan untuk pengajuan aplikasi tergantung pada produk yang ingin digunakan. Jika cash advance kalian hanya perlu menyiapkan KTP dan Slip gaji ataupun kartu pegawai kalian, sedangkan produk installment kalian harus menyiapkan KTP dan dokumen pendukung seperti NPWP/SIM/BJPS/DLL.

Bunga yang diberikan juga beragam mulai dari 0,27% perharinya dengan tenor 60 hari dan maksimal 90 hari untuk meminjam di aplikasi finmas ini. Sedangkan cicilan menggunakan aplikasi ini akan dikenakan bunga mulai dari 0% dan akan disesuaikan sesuai tenor yang akan kalian ambil. Tenor yang diberikan untuk cicilan ini paling minim 3 bulan dan maksimal 9 bulan.

3. Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjol resmi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan fintech ini, antara lain KTP dan bukti penghasilan saja. Proses yang dibutuhkan untuk memverifikasi data juga terbilang sangat cepat, yaitu hanya butuh waktu kurang dari 5 menit untuk melakukan verifikasi data.

Bunga yang ditetapkan oleh pihak aplikasi sebesar 0,5% perharinya dengan tenor 60 hari sampai maksimal 90 hari. Dengan pinjaman sebesar Rp 600 ribu sampai maksimal Rp 20 Juta.

4. UangMe

Selanjutnya, ada UangMe sebagai salah satu aplikasi pinjaman online tenor panjang. Dengan tenor minimal 3 sampai 4 bulan maksimal tenor yang diberikan. Bagi yang ingin melakukan pengajuan pinjaman di aplikasi ini sangat mudah karena hanya memerlukan KTP dan dokumen tambahan yang diminta oleh pihak aplikasi.

UangMe ini juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi tidak perlu khawatir data Anda akan bocor dan disalah gunakan. Kekurangan dari aplikasi ini adalah terkait plafon pinjaman yang relatif lebih rendah dibandingkan pinjol-pinjol lainnya. Plafon pinjaman yang diberikan oleh pihak aplikasi minimal Rp 400 ribu dan maksimal pinjaman sebesar Rp 4 juta.

5. Julo

Pinjaman online tenor panjang juga disediakan oleh aplikasi pinjol Julo. Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi adalah sejumlah pinjaman yang diajukan tanpa agunan dengan suku bunga rendah dan tenor panjang.

Julo menyediakan dua produk pinjaman tanpa agunan dengan plafon pinjaman yang berbeda. Diantara produk dari platform ini adalah Julo Mini dan Julo Cicil, dengan maksimal pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan tenor 30 hari.

Berbeda dengan Julo Mini, Julo Cicil hadir dengan nominal pinjaman lebih besar dibandingkan Julo Mini. Yakni Rp 1 juta hingga Rp 8 Juta dengan tenor lebih lama, yaitu 30 hari sampai dengan 6 bulan. Suku bunga yang diberikan juga relevan, yaitu sekitar 0,53% perharinya.

Aplikasi Julo ini juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, oleh sebab itu kalian tidak perlu khawatir terkait data Anda pada aplikasi. Semua akan terjaga dengan aman tanpa takut data kalian bocor ke pihak lain.

6. IndoDana

Aplikasi pinjaman online selanjutnya adalah IndoDana, PT. Artha Dana Teknologi (IndoDana) adalah aplikasi P2P lending yang ada sejak November 2017 silam yang berlokasi di Daerah Jakarta Pusat. Aplikasi ini juga terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak Mei 2020, jadi jangan lagi meragukan keresmian dari aplikasi fintech ini.

Aplikasi ini menawarkan beberapa produk, diantaranya ada Paylater dan juga Dana Tunai dengan suku bunga yang disesuaikan jumlah nominal pinjaman yang dipilih. Nominal yang diberikan oleh pihak aplikasi ini minimal Rp 500 ribu dengan suku bunga 0,77% perharinya dengan tenor maksimal 3 bulan. Sedangkan pengambilan pinjaman yang lebih tinggi sebesar Rp 8 juta dengan suku bunga 0,24% perharinya dengan tenor maksimal 6 bulan.

Syarat pengajuan yang dibutuhkan juga sangat simpel, yaitu KTP, Bukti penghasilan atau Kartu pegawai kalian sudah bisa mengajukan pinjaman di aplikasi IndoDana ini. Akan tetapi kalian harus memilih salah satu produk yang ingin kalian gunakan pada aplikasi ini.

7. Kredivo

Kredivo merupakan layanan fintech (Financial Technology) yang cukup dikenal masyarakat akhir-akhir ini. Pasalnya, kredivo ini cukup agresif dalam memperkenalkan diri melalui iklan di berbagai media.

Kredivo hadir dengan menawarkan kredit digital supaya pengguna bisa membeli suatu barang dengan cara mencicil. Aplikasi ini bisa kalian gunakan disejumlah e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Tiket.com dan aplikasi atau merchant lain yang sudah menjadi mitra Kredivo.

Tidak hanya untuk keperluan membeli barang saja, Kredivo juga hadir untuk menawarkan pinjaman cepat dengan bunga rendah dan tenor panjang. Pada saat pertama kali aktivasi akun kalian akan dapat mengajukan limit pinjaman tertinggi hingga Rp30 juta dengan tenor panjang hingga 12 bulan.

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi adalah KTP, Informasi pekerjaan, dan memiliki rekening tabungan. Dengan melengkapi data tersebut kalian sudah bisa mengajukan pinjaman di aplikasi Kredivo.

8. Uang Teman

Uang teman adalah sebuah layanan fintech yang menjadi pilihan untuk kalian yang ingin mengajukan pinjaman online tenor panjang. Pasalnya untuk peminjam diawal akan dikenakan limit sebesar Rp 3 juta. Dengan verifikasi data yang sangat cepat, yakni kurang dari 5 menit saja dan hanya membutuhkan KTP dan bukti penghasilan kalian.

Uang teman hadir dengan suku bunga yang unik, karena untuk awal mula meminjam pada aplikasi ini kalian akan dikenakan bunga sebesar 1% perharinya dan akan turun pada pinjaman kedua dan seterusnya menjadi 0,7% perharinya. Tenor yang diberikan oleh aplikasi ini juga terbilang panjang, pada dasarnya aplikasi ini memberikan tenor pinjaman dalam kurun waktu minimal 3 bulan dan maksimal 6 bulan dengan plafon pinjaman maksimal Rp 3 juta.

9. Rupiah Cepat

Rupiah cepat merupakan aplikasi pinjol yang memiliki jangka waktu minimal 3 bulan dan proses verifikasi data yang sangat cepat. Syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pengajuan pada aplikasi ini berupa KTP dan bukti penghasilan saja. Dengan proses verifikasi data yang kurang dari 5 menit, akun kalian akan aktif jika dinyatakan lolos verifikasi oleh sistem.

Keuntungan yang didapat dari aplikasi ini adalah tidak memiliki potongan awal didepan, dan kita akan mendapatkan nominal pinjaman sesuai dengan apa yang sudah diajukan sebelumnya. Suku bunga yang diberikan juga relatif rendah, yaitu sekitar 0,39% hingga 0,53% perharinya dan keuntungan lainnya adalah semakin lama tenor yang kita pilih, semakin rendah juga bunga yang didapat. Akan tetapi itu tidak akan mengubah total bunganya, pasalnya jika meminjam lebih lama dengan begitu denda yang dikenakan juga akan mengikuti.

Platform ini menyediakan pinjaman maksimal Rp 5 juta dengan suku bunga yang disesuaikan dengan tenor yang dipilih. Adapun tenor yang diberikan adalah 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan maksimal 12 bulan.

10. Mau Cash

Terakhir adalah Mau Cash, Mau cash ini merupakan layanan keuangan digital gabungan antara We Lab dan FIF Astra yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Platform ini menawarkan pinjaman dengan syarat KTP dan Slip gaji dengan minimal plafon yang didapat sebesar Rp 600 ribu hingga maksimal yang akan didapat sebesar Rp 8 juta. Tenor yang diberikan juga terbilang panjang, karena pada dasarnya platform ini memberikan tenor selama 3 bulan dan maksimal 6 bulan dengan suku bunga 0,53% perharinya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Melakukan Pinjol Bunga Rendah

1. Membandingkan Suku Bunga yang Diberikan oleh Perusahaan Fintech

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah suku bunga yang diberikan oleh setiap perusahaan fintech. Karena pada dasarnya suku bunga yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebesar 0,8% perharinya. Akan tetapi ada banyak perusahaan fintech yang mematok bunga lebih tinggi, sebab bunga yang ditetapkan berupa bunga harian karena itu kita harus memperhatikan suku bunga yang diberikan oleh perusahaan.

Karena bunga yang ditetapkan harian, ada baiknya jika kalian menghitung secara akurat  total bunga berikut tagihan yang harus kalian bayarkan nantinya. Dengan cara membandingkan uang yang masuk ke rekening dengan total pembayaran yang ada pada aplikasi.

Semakin maraknya pinjol ini membuat beberapa aplikasi menyembunyikan besar pinjaman dan biayanya, oleh karena itu kalian harus menghitung bunga dan tagihan secara akurat guna mencegah kalian melakukan sebuah pinjaman tunai pada aplikasi pinjaman online ilegal.

2. Mengambil dengan Jangka Waktu yang Singkat

Walaupun pihak aplikasi menyediakan tenor yang panjang, ada baiknya jika kalian mengambil tenor pendek saja. Karena tenor yang panjang akan mempengaruhi besarnya tagihan yang harus kalian bayarkan nantinya.

3. Layanan Pengaduan

Berikutnya adalah layanan pengaduan (Customer Service). Pada umumnya sebuah aplikasi akan menyediakan layanan pengaduan atau customer service yang siap siaga membantu calon nasabah disaat terjadi kendala pada aplikasi.

Customer service ini juga menjadi acuan untuk mengetahui apakah aplikasi yang kalian gunakan resmi terdaftar di OJK atau tidak. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan apakah platform yang akan kalian gunakan memiliki customer service atau tidak.

4. Aplikasi Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Terkahir adalah aplikasi yang kalian gunakan resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Karena biasanya banyak juga platform pinjol yang menggunakan tagline “Bunga Rendah Tenor Panjang” namun ternyata aplikasi tersebut ilegal.

Cermati lebih dahulu aplikasi yang hendak kalian gunakan guna terhindar dari aplikasi pinjol ilegal. Dengan terdaftarnya sebuah aplikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Pemerintah bisa memantau dan menghentikan operasi fintech tersebut jika aplikasi tersebut terbukti melakukan pelanggaran.

Pos terkait