10 Aplikasi Trading Saham Terbaik

  • Whatsapp
aplikasi trading saham terbaik

Aplikasi trading saham terbaik 2021 penting untuk diketahui sebelum terjun dalam investasi. Investasi sendiri bisa dilakukan dalam berbagai lini bisnis, di antaranya trading saham.

Trading saham sendiri adalah kegiatan pembelian saham perusahaan, yang kemudian dijual kembali guna meraih keuntungan. Syarat pembukaan rekening saham, yakni dokumen pribadi mulai dari KTP dan NPWP. NPWP orang tua juga bisa digunakan bagi yang belum punya NPWP.

Untuk setoran awal buka rekening saham untuk investasi tergantung perusahaan sekuritas terbaik yang dipakai. Terdapat perusahaan yang mewajibkan setoran awal jutaan rupiah dan juga ada yang bisa dengan setoran awal puluhan ribu rupiah saja.

Cara trading saham lewat aplikasi pantas menjadi pilihan karena melalui aplikasi akan lebih mudah dan dapat dipelajari oleh siapa pun. Saat ini, aplikasi berbasis smartphone juga disediakan oleh hampir semua broker.

Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021

Aplikasi investasu saham yang aman dan terpercaya penting untuk diketahui karena diketahui beberapa izin broker saham ada yang dicabut oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Inilah 10 aplikasi trading saham terbaik 2021:

1. Aplikasi Trading Most Mandiri (Mandiri Online Stock Trading)

Most Mandiri menempati posisi pertama dalam daftar 10 aplikasi investasi terbaik 2021 ini. Salah satu broker terbesar di Indonesia ini merupakan anak perusahaan Bank Mandiri. Perusahaan ini pun menjadi bagian dari BUMN atau milik pemerintah. Dapat dipastikan bahwa perusahaan ini terjamin aman dan terpercaya.

Setoran awal di Akun Most memang lumayan mahal. Bagi mahasiswa yang ingin berinvestasi di perusahaan ini dapat menyetor Rp2 juta sebagai uang pangkal. Untuk masyarakat umum sebesar Rp 5 juta dan full service-nya senilai Rp100 juta.

Adapun fee penjualan sahamnya senilai 0,28 persen. Sementara itu, fee pembelian saham di Most Mandiri ini sebesar 0,18 persen sekali transaksi. Per transaksi, tambah sebesar Rp5.000. Fee yang agak mahal ini memberikan keuntungan lain, yakni pendaftaran cukup dengan cara online. Syaratnya adala upload foto KTP dan NPWP.

Di samping itu, jenis investasi saham yang sangat lengkap juga tersedia di aplikasi ini, mulai dari obligasi, reksadana, saham syariah, saham konvensional, sampai emisi IPO. Most Mandiri pun menyediakan fasilitas training saham online. Di samping itu, juga terdapat training tatap muka. Tentu saja keuntungan ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin banyak belajar tentang trading saham.

2. Aplikasi Trading Saham Simas Invest

Simas Invest merupakan aplikasi trading saham di android milik Sinarmas. Terutama di kalian pengguna asuransi, nama Sinarmas sendiri tentu sudah sangat familiar di telinga. 

Fitur yang sangat menarik disediakan oleh Simas Invest. Aplikasi trading ini diketahui hanya menyediakan satu akun, yakni reguler. Terdapat tiga pilihan RD, yaitu Bank Sinarmas, Bank BCA, dan Bank Niaga.

Besaran fee online trading penjualan di aplikasi ini adalah 0,25 persen, sementara fee pembeliannya 0,15 persen. Dengan deposit minimum sebesar Rp500 ribu, sudah bisa untuk investasi di aplikasi trading ini. Untuk diketahui, jika total minimum saldo kurang dari batas minimum Rp500 ribu dalam 6 bulan, akun investor bakal dinonaktifkan.

3. CGS-CIMB iTrade

CGS-CIMB iTrade menjadi salah satu aplikasi trading saham terbaik 2021. Pendaftaran di aplikasi ini bisa dilakukan melalui online, sementara pengiriman berkas langsung ke kantor CIMB. Bahkan, aksesnya juga dapat dilakukan melalui internet tanpa perlu diinstal.

Fee penjualan-nya 0,28 persen, sementara fee pembelian senilai 0,18 persen. Ketentuan ini berlaku untuk deposit minimal Rp1 juta. Pendaftaran di CGS-CIMB iTrade ini diketahui tidak sepenuhnya secara online sebab calon investor juga perlu mendatangi kantor CIMB untuk mengisi formulir registrasi. Kemudian, mengirimkan dokumen persyaratan dan tanda tangan ketika pembukaan akun.

Di CIMb ini juga tidak ada akun syariah, layaknya Sinarmas tadi. Untuk melakukan online trading-nya diketahui hanya menggunakan rekening BCA dan tidak ada rekening lain.

4. Mirae Host & Neo Host

Memiliki frekuensi tinggi dalam transaksi di BEI, Mirae layak masuk dalam daftar 10 aplikasi trading saham terbaik 2021. Adapun Host merupakan aplikasi trading saham dari Mirae yang tersedia untuk laptop atau PC. Untuk pengguna ponsel, tersedia Neo Host. Fee penjualan saham di aplikasi trading ini adalah 0,25 persen, sedangkan fee pembelian sahamnya sebesar 0,15 persen. Deposit minimum di aplikasi ini senilai Rp10 juta.

Nasabah dapat memilih 4 bank pilihan untuk pembukaan akun. Meski minimum deposit di Mirae memang terbilang tinggi, tetapi fee-nya cukup rendah ketimbang aplikasi trading lain. Hal itu membuat banyak investor ritel yang juga bergabung di Mirae.

5. Stockbit

Untuk berdiskusi seputar investasi, Stockbit dapat dimanfaatkan oleh para investor. Berada di bawah payung Sinarmas sekuritas, Stockbit bermanfaat sebagai media jual beli saham. Di samping menggunakan aplikasi Stockbit, untuk trading saham juga bisa menggunakan aplikasi Simas Equity Mobile.

Keamanan bertransaksi saham melalui aplikasi ini dipastikan sangat aman, yakni lewat fitur touch ID yang menggunakan sidik jari user untuk konfirmasi transaksi. Di samping itu, di dalam aplikasi ini juga ada demo trading saham secara virtual dan sesuai pergerakan data yang sebenarnya pada BSI.

6. Aplikasi RTI Business

Bagi pemula yang ingin belajar banyak serta berlatih dalam trading saham dan investasi,  Aplikasi RTI Business adalah pilihannya. Data terbaru dari pergerakan saham yang ada di Bursa Efek disajikan aplikasi ini.

Fiturnya pun cukup lengkap sehingga aplikasi ini menjadi pilihan banyak investor dan trader, dengan kemampuan istimewa untuk menganalisis fundamental. Pada aplikasi ini juga ada fitur simulasi trading saham yang terbaik, yakni IDX Virtual online Trading. Di IDX virtual online trading ada fitur yang mirip dengan aplikasi perusahaan sekuritas terbaik.

Aplikasi ini pun sangat disarankan bagi pemula sebab di sini mereka akan memperoleh pengalaman seperti transaksi sebenarnya.

7. RHB TradeSmart id with ARO

Bagi investor ritel, RHB indonesia adalah broker yang cukup terkenal. Ada tiga fitur di RHB. Pertama, ARO Library, yang mengindikator secara detail informasi saham. Hal itu membuat para investor atau trader dapat memiliki rencana kedepan dan memutuskan transaksi yang akan dilakukan.

Kedua, ARO Signal. Fitur ini akan memberitahukan saham yang tengah hot dan trading dalam pasar modal. Ketiga, Real Time Notifikasi. Dalam fitur ini, akan disajikan informasi terbaru mengenai harga saham dengan real time atau yang sebenarnya.

Penting diketahui, pembukaan akun saham di aplikasi ini tidak sepenuhnya secara online sebab harus mendatangi kantornya untuk menyerahkan dokumen dan tanda tangan berkas. Adapun waktu aktif rekeningnya perlu waktu 3 hingga 7 hari.

8. MNC Trade New dan MNC Trade Syariah

MNC, anak dari perusahaan MNC group, juga masuk dalam daftar aplikasi trading saham terbaik 2021 lainnya. MNC Trade New adalah aplikasi trading online konvensionalnya. Untuk investasi saham syariah, dapat memakai aplikasi MNC Trade syariah.

Untuk ketentuan trading syariah adalah fee trading penjualannya sebesar 0,28 persen dan fee trading pembeliannya sebesar 0,18 persen. Fee minimumnya Rp10 ribu dan deposit minimum Rp100 ribu.

Adapun pembukaan akun rekening MNC Trade bisa dilakukan dengan sistem online. Namun, pembukaan online itu dapat dilakukan hanya bagi mereka yang memiliki tabungan rekening BCA.

Sementara itu, kelebihan dan kepraktisannya dibanding aplikasi lain adalah karena semua proses dilakukan secara online sehingga calon pengguna tidak perlu mendatangi kantornya untuk menyerahkan berkas atau dokumen dan untuk tanda tangan. Di samping itu, proses aktifnya juga sangat cepat. Jika dibuka melalui aplikasi, besoknya akan diperoleh email bahwa rekening saham sudah aktif.

MNC diketahui menawarkan investasi saham syariah dengan sertifikat sesuai dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Trading saham ini hanya dalam bentuk transaksi saham yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah dan tidak ada riba. Karena itu, investor berinvestasi hanya sejumlah dana dan investasi saham bakal ditampung dalam Rekening Dana Nasabah.

9. Aplikasi POEM ID Trading Saham by Philips

Aplikasi investasi saham terbaik dengan performa yang bagus dan menjadi salah satu trader favorit adalah Philips Securities. Aplikasi dari Philips Securities, yakni Philips Online Electronic Mart System atau disingkat POEMS.

Keunggulan aplikasi ini, yakni dapat memudahkan para investor dalam bermain saham melalui browser internet. Adapun RDN yang tersedia adalah Bank Mandiri, BCA, Sinarmas, dan Permata untuk akun reguler. Untuk membuka akun syariah, bisa menggunakan Bank BCA Syariah.

Pembukaan rekening saham di aplikasi ini dengan minimum deposit Rp500 ribu. Fee investasi penjualan sahamnya 0,30 persen dan fee trading pembeliannya 0,20 persen. Diketahui, aplikasi yang satu ini menyediakan layanan CS via chat WA. Hal itu sangat memudahkan nasabah untuk menghubungi mereka.

Layanan fitur-fitur yang tersedia di Aplikasi investasi POEM, antara lain, Stock Filter. Fitur ini menyajikan 3 kategori, yakni fundamental, teknikal, dan candlestick. Untuk memilih saham yang efisien berdasarkan kriteria tertentu, fitur ini akan sangat membantu investor.

Phillip Webinar menggelar 3 kali training dalam seminggu, yakni pada pukul 8 pagi selama 30 menit, yang digelar setiap Rabu, Kamis, dan Jumat.

10. Bions Mobile by BNI Sekuritas

BNI sekuritas mengeluarkan Bions sebagai aplikasi trading saham online mereka. Aplikasi ini memiliki tampilan yang clean, fresh, dan mudah bagi para trader yang menggunakan ponsel. Bions pun memiliki fitur yang lumayan lengkap, yaitu trade, fundamental, corporate action, watchlist, research, sector trade, automatic order, dan informasi saham terupdate.

Minimum deposit di aplikasi ini adalah Rp1 juta untuk akun reguler dan syariah, sementara di akun hybrid adalah Rp5 juta. Fee trading penjualan untuk akun syariah sebesar 0,25 persen dan fee trading pembelian 0,15 persen. Untuk akun reguler, fee trading penjualannya senilai 0,27 persen, sedangkan fee pembeliannya 0,17 persen.

Untuk akun hybrid reguler, fee penjualannya 0,37 dan fee pembeliannya 0,27 persen. Ada dua bagian dari aplikasi investasi saham ini, yakni Market Syariah dan product Reguler. Di aplikasi ini, jual beli saham reksadana secara otomatis dapat dilakukan oleh nasabah pemilik rekening saham.

 

Pos terkait