Batas FUP Indihome dan Jumlah Kuota yang Diberikan

  • Whatsapp
batas fup indihome

Setiap paket internet memiliki batas pemakaian wajar. Begitupun batas FUP Indihome. Berapa kuota internet yang diberikan oleh provider ini?

Sebagai pengguna internet pascabayar, mengetahui jumlah kuota yang diberikan memang bukan keharusan. Namun, ada saja yang ingin tahu jumlah kuota tersebut. Apalagi jika internet yang digunakan mulai terasa lelet.

Saat berlanggan internet terdapat beberapa pilihan paket berdasarkan kecepatan. Nah, kecepatan itu rupanya juga memiliki batas kuota atau FUP (Fair Usage Policy).

FUP adalah batas kouta yang diberikan kepada pelanggan layanan internet tanpa batas (unlimited) guna memperoleh akses internet kecepatan penuh. Akan tetapi, jika pengguna sudah melewati batas yang diberikan maka kecepatan internet akan dikurangi oleh penyedia layanan.

Jika kamu adalah salah satu pengguna layanan internet dari Telkom, maka batas FUP indihome juga berlaku untuk semua paket internet, mulai dari kecepatan 10 mbps hingga 100 mbps.

Hal yang perlu diketahui, batas pemakaian yang diberikan oleh provider bisa berbeda. Bergantung dari paket internet yang dipilih atau digunakan. Nah, jika telah mencapai batas FUP, maka kecepatan internet akan diturunkan secara berkala.

Pada kasus Indihome, penyedia layanan ini akan melakukan riset batas FUP setiap bulannya, sehingga kecepatan internet akan pulih sebagaimana biasanya pada awal bulan.

Jika Anda pengguna layanan paket internet indihome dengan kecepatan 10/20 mbps sebaiknya menggunakan yang 30 mbps. Pasalnya, paket ini memiliki batas pemakaian lebih dari 500GB. Namun, harga paket internet indihome ini sekitar Rp510 ribu per bulannya.

Batas FUP Indihome Terbaru 

Berikut untuk mengetahui batas pemakaian atau FUP Indihome pada setiap paket internet.

1. Batas FUP Indihome 10 mbps

Batas pemakaian wajar untuk paket internet Indihome fiber 10mbps, yaitu 300GB. Jika pemakaian kuota sudah mencapai atau melebihi 300GB, maka kecepatan internet diturunkan sebanyak 75% sehingga kecepatan internet menjadi 7.5 mbps. Lalu, ketika menyentuh angka 400GB, kecepatan internet kembali diturunkan 40% menjadi 4 mbps.

Bagi sebagian orang, kuota 300GB mungkin tidak cukup memuaskan bagi yang gemar menonton film online, streaming, ataupun mengunduh game. Jadi, jika dirasa tidak cukup, sebaiknya lakukan upgrade ke paket 20mbps dengan batas FUP berbeda.

Sebagai tambahan informasi, saat ini paket promo indihome hanya menyediakan layanan paket internet 10mbps saja.

2. Pemakaian Internet 20 mbps

Banyak orang mulai beralih dari 10mbps menjadi 20mbps. Hal ini dikarenakan FUP Indihome 20mbps jauh lebih besar. Batas FUP pertama adalah 500GB dan batas FUP kedua akan berlaku saat pemakaian internet mencapai 800GB.

Tidak ubahnya dengan paket internet berkecepatan 10mbps. Kecepatan internet akan diturunkan menjadi 75% atau 15mbps saat pemakaian internet sudah melebihi 500GB. Kecepatan internet 15mbps masih tergolong stabil dan bisa diandalkan untuk streaming maupun melakukan download file.

3. Pemakaian Indihome 30 mbps

Seperti yang telah disinggung di awal, semakin cepat paket internet yang digunakan, maka semakin besar batas FUP Indihome yang didapatkan. Nah, untuk paket internet Indihome 30 mbps memiliki batas FUP pertama sebesar 700GB dan FUP kedua sebesar 1.200GB. Dengan kuota sebesar itu, maka paket ini cocok untuk perusahaan skala kecil.

Setiap perusahaan tentu membutuhkan akses internet yang cepat untuk mempermudah akses komunikasi dan pengolahan data setiap karyawan. Oleh karena itulah sangat disarankan untuk memakai paket internet 30mbs apabila kamu memiliki perusahaan berskala kecil.

4. FUP Indihome 40 mbps

Apabila kecepatan internet 30mbps dirasa kurang cepat, maka bisa beralih ke paket internet Indihome 40mbps. Biaya perbulan paket tersebut memang lebih mahal. Akan tetapi, uang yang dikeluarkan untuk paket ini sebanding dengan kecepatan internet yang didapatkan.

Kuota yang diberikan juga lebih besar. Pengguna layanan ini akan mendapatkan kuota sebesar 900GB. Kemudian akan diturunkanm menjadi 30mbps jika batas FUP Indihome tercapai. Sedangkan untuk batasi FUP Indihome 30mbps yang kedua diturunkan menjadi 16 mbps.

5.  FUP Indihome 50 mbps

Untuk berlangganan paket internet Indihome 50mbps dikenakan biaya lebih dari Rp1 juta per bulan. Ongkosnya memanga sedikit mahal, tetapi pengguna akan mendapatkan batas FUP pertama mencapai 1.200GB dengan penurunan kecepatan hanya 37.5 mbps atau 75% dari kecepatan awal.

Kemudian batas FUP kedua, yaitu pada saat penggunaan data internet telah mencapai 2.000GB dan kecepatan internet akan diturunkan menjadi 20mbps. Alhasil koneksi internet masih tergolong faster alias sangat cepat, sehingga tetap bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan pekerjaan ataupun lainnya.

6. FUP Indihome 100 mbps

Pernakah kamu merasakan berselancar di dunia maya dengan akses internet berkecepatan 100 mbps? Bisa dibayangkan kalau saat melakukan streaming maupun download film kecepatan luar biasa. Namun, untuk urusan biaya paket ini sangat mahal. Akibatnya, pengguna internet rumahan jarang mengambil paket indihome satu ini.

Pasalnya, layanan Indihome 100mbps lebih cocok untuk perusahaan-perusahaan berskala besar yang membutuhkan akses internet super cepat. Selain cepat, paket ini juga memiliki batas FUP Indihome relatif besar jika dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu mencapai 2.000GB. Apabila pemakaian internet sudah mencapai 2.000GB, maka internet akan diturunkan menjadi 50mbps.

Setiap paket internet Indihome memiliki batasan kuota berbeda-beda. Jika internet yang digunakan saat ini mendadak lelet, kemungkinan besar sudah mencapai batas FUP. Demikian informasi tentang batas pemakaian internet indihome. Kamu juga bisa melakukan menghubungi bagian bantuan indihome apabila terjadi masalah lainnya. Semoga artikel ini bisa membantu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *