Cara Membuat Virtual Account BCA hingga Aktivasi

  • Whatsapp
virtual account bca online

Virtual account BCA adalah rekening khusus pembayaran yang disediakan pihak Bank manapun termasuk Bank BCA. VA BCA merupakan rekening buatan yang di buat untuk pelanggan perusahaan maupun perorangan yang telah bekerja sama dengan BCA untuk memudahkan proses penerimaan pembayaran.

Pada umumnya rekening buatan ini digunakan untuk Anda yang ingin melakukan transaksi online. BCA VA ini terdiri dari 16 digit dengan berbagai jenis nomor ID VA, seperti fixed VA dan non-fixed VA. Dengan begitu, setiap transaksi online yang dilakukan oleh nasabah menggunakan akun virtual akan berbeda sesuai opsi pembayaran apa yang ingin dilakukan.

Pembayaran melalui transfer akun virtual berbeda dengan transfer manual, pasalnya pada saat melakukan pembayaran dengan cara transfer manual Anda harus konfirmasi lagi terkait nama dan nomor rekening tujuan. Sedangkan transfer VA hanya melakukan pembayaran atas nama nasabah dengan menggunakan nomor VA yang sama maupun berbeda tergantung pada setiap transaksi yang dilakukan.

Jenis-Jenis Virtual Account BCA

Akun virtual memiliki berbagai jenis yang berbeda tergantung pada metode pembayaran yang ditentukan oleh merchant. Adapun jenis nomor rekening buatan, antara lain:

1. Fixed VA

Fixed VA yang berarti pengguna bisa melakukan pembayaran menggunakan nomor akun virtual ini secara berulang, seperti aplikasi e-wallet yang menggunakan nomor akun virtualnya sebagai nomor ponsel untuk menambah saldo e-wallet tanpa harus memasukkan nomor ID setiap kali melakukan top up saldo.

2. Non-fixed VA

Non-fixed VA pada umumnya digunakan pada saat transaksi online di sebuah e-commerce. Dengan nomor akun virtual yang ditentukan secara acak dan hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi.

3. Open VA

Open VA adalah akun virtual yang dapat menerima nominal dengan jumlah berapa saja tanpa adanya batas maksimum. Pada umumnya open va ini digunakan oleh merchant yang menggunakan akun virtual dengan jenis pembayaran fixed VA. Jadi nominal yang dikeluarkan tidak ditentukan oleh penjual, melainkan oleh pembeli.

4. Closed VA

Closed VA adalah akun virtual yang jumlah pembayarannya sudah ditentukan sebelumnya secara spesifik oleh penjual. Closed VA ini hanya bisa digunakan oleh non-fixed account.

5. Single Use VA

Single use VA adalah VA yang disediakan oleh non-fixed account saja, karena nomor akun virtual yang diberikan hanya bisa kalian gunakan satu kali tiap transaksi.

6. Multiple Use Account

Multiple use VA adalah akun virtual yang digunakan untuk melakukan pembayaran yang dilakukan berulang kali selama akun tersebut aktif.

Cara Aktivasi BCA Virtual Account

Cara untuk mengaktivasi BCA VA, yaitu dengan mengunjungi kantor cabang BCA terdekat. Supaya bisa mengunakan akun virtual BCA, berikut syarat yang diperlukan.

  • Membawa KTP direktur yang sesuai dengan akte pendirian dan NPWP perusahaan.
  • Mempunyai kte perusahaan pendirian dan perubahannya.
  • Memiliki Surat Keputusan Menteri Kehakiman (SKMenKeh).
  • Memiliki rekening BCA Badan Usaha.

Kemudahan Menggunakan VA BCA

Akun virtual hadir untuk memudahkan transaksi bagi pelaku bisnis yang ingin memantau arus keuangan. Adapun kemudahan yang bisa di dapat, antara lain:

1. Laporan Transaksi Text File

Metode pembayaran melalui VA yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan akan secara otomatis tercatat datanya di Bank BCA. BCA juga akan mengirim laporan dan data transaksi dalam format Text File untuk mempermudah pembukuan.

2. Transaksi Jaringan Luas

BCA VA memiliki jaringan transaksi yang luas, mulai dari ATM BCA, klikBCA, dan lain sebagainya untuk mempermudah kamu melakukan transaksi online. Dengan cara memasukkan nomor akun virtual bca yang diberikan penjual.

3. Transaksi secara Langsung

VA BCA memberikan informasi transaksi bisnis yang akan kamu dapat langsung secara realtime. Jadi uang yang sudah dibayarkan, nantinya akan masuk ke rekening penjual secara otomatis.

4. Praktis dan Aman Digunakan

Menggunakan layanan BCA VA akan mengurangi administrasi bulanan dan efisiensi biaya lainnya dengan kemanan yang terjamin. Kamu hanya perlu mengkonfirmasi nama VA kamu untuk setiap transaksi perbankan.

5. Tanpa Biaya Tambahan dan Transfer Cepat

Tanpa dikenakan biaya tambahan lain, seperti administrasi dan pelanggan juga tidak akan dikenakan biaya setoran melalui BCA. Dengan transfer yang cepat dan identifikasi kiriman dana pelanggan yang mudah dan cepat, menjadi salah satu nilai plus untuk kamu yang ingin menggunakan layanan ini untuk bisnis atau perusahaan.

Cara Transfer Virtual Account BCA

Cara kerja VA dengan transfer manual berbeda, dengan menggunakan transfer VA membuat transaksi lebih mudah dan cepat. Hanya dengan menggunakan nomor ID yang diberikan penjual  tanpa harus menggunakan nomor rekening bank penjual, kamu hanya perlu memasukkan nomor akun virtual yang sudah diberikan oleh penjual melalui m-banking BCA atau Internet Banking BCA maupun ATM BCA.

Berikut ini adalah cara transfer virtual account bca.

  • Memilih pembayaran melalui metode BCA Virtual Account.
  • Catat nomor akun virtual yang diberikan oleh penjual.
  • Pilih salah satu layanan perbankan BCA untuk menyelesaikan pembayaran, mulai dari Mobile BCA, Internet Banking BCA, atau ATM BCA.
  • Masukkan PIN kamu dan pilih “Transfer ke BCA Virtual Account”.
  • Kemudian, masukkan nomor akun virtual yang sudah kamu catat barusan.
  • Konfirmasi lagi semua informasi pembayaran kamu telah sesuai.
  • Setelah memastikan kembali, maka lanjut dengan tekan “ok”.
  • Selamat, Pembayaran melalui VA berhasil dilakukan.

Jadi, itu tadi adalah pengertian, jenis, dan juga kemudahan yang di dapat dari Virtual Account BCA.

Pos terkait