Bisnis Minuman Modal Kecil Omzet Jutaan

  • Whatsapp
bisnis minuman modal kecil

Bisnis minuman modal kecil merupakan salah satu peluang usaha yang paling banyak diincar oleh kalangan pebisnis. Pasalnya, modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha minuman ini relatif terjangkau, dan cukup menjanjikan dari segi pendapatan.

Menariknya, kini telah banyak varian minuman yang dapat ditemukan dengan mudah di negeri ini. Mulai dari minuman kemasan cup, minuman kemasan botol, hingga minuman yang disajikan dengan cangkir atau gelas.

Nah, jika kamu adalah orang yang tertarik untuk mencoba peluang usaha minuman, berarti kamu harus siap bersaing dengan orang-orang yang menekuni bidang bisnis yang sama. Bahkan tak jarang pelaku usaha ini juga melayani jasa pesan antar untuk konsumen mereka.

Terlepas adanya kompetitor, bisnis minuman memang sudah ada dari zaman baheula. Perbedaannya mungkin terletak pada beragam varian minuman yang dapat dengan mudah ditemukan di sudut-sudut jalan hingga di café-café yang dikemas lebih instagramable untuk menarik minat pelanggan.

Menjual minuman tak melulu memerlukan modal besar dan harus menyewa ruko untuk memulai suatu usaha. Sebagai gambaran, kini telah banyak orang membuka bisnis minuman di pinggir jalan yang menjual minuman kekinian dimulai dari modal kecil. Artinya, ruang tersebut diciptakan dari usaha penuh dan kreativitas untuk memuali sesuatu. Dengan kata lain, tidak ada yang tak bisa, selama mau mencoba.

Lalu, apa saja bisnis minuman modal kecil kekinian yang bisa mendatangkan omzet jutaan rupiah per bulannya?

Binis Minuman Modal Kecil Kekinian Omzet Jutaan

Di bawah ini adalah jenis bisnis minuman modal kecil dengan penghasilan menjanjikan, dan bisa menutupi kebutuhan sehari-hari.

1. Kopi Keliling

Jika kamu ke kota-kota besar seperti Jakarta (mungkin sudah ada di desa dan kota kecil di Indoensia) kamu akan banyak mendapati pedagang kopi keliling bersepeda “ngetem” di sudut jalan, di area-area perkantoran, dan seterusnya menjajakan dagangannya.

Kalau dilihat sepintas, agaknya itu menjadi bidang pekerjaan yang sangat menguras tenaga, karena harus mengayuh sepeda ke mana-mana. Namun, jika dilihat dari jam kerja yang sama dengan orang kantoran (8 jam), penghasilan pedagang kopi keliling bisa mencapai Rp200-400 ribu per hari.

Modal awal yang diperlukan memang cukup lumayan bagi orang-orang yang tidak mempunyai sepeda untuk memulai bisnis minuman modal kecil satu ini. Akan tetapi, hal  itu bisa disiasati dengan membeli sepeda bekas.

Berikut rincian modal usaha kopi keliling dengan sepeda

  1. Sepeda bekas Rp400.000 – Rp600.000
  2. Termos air panas ukuran 2,5 liter 1 Rp135.000
  3. Termos es batu ukuran 6,5 liter 1 Rp70.000 – Rp110.000
  4. Gelas Cup plastik 50 pcs ukuran 14 OZ untuk kopi Rp350-450 / pcs
  5. Gelas cup plastik 50 pcs ukuran 20 OZ untuk es Rp13.000
  6. Aneka kopi dan varian rasa marimas, jasjus, segar sari, pop ice Rp200.000
  7. Sedotan Isi 20 Pcs Rp. 8.000

Rincian modal bisnis kopi keliling di atas merupakan kisaran saja. Boleh jadi untuk modal awal bisa kurang atau lebih sedikit.

Apakah kamu tertarik untuk usaha kopi keliling?

2. Jus

Jika kamu ingin menjajal bisnis minuman kekinian yang sehat, kamu bisa menjual jus. Namun, sebelumnya, luangkan waktumu untuk browsing resep-resep jus buah atau minuman berbahan dasar buah.

Kamu bisa membuat kreasi sendiri dari resep yang sudah ada untuk menawarkan hal berbeda. Sebagai alternatif lain, kamu bisa membeli franchise dari brand bisnis minuman jus yang sudah cukup mapan. Cara ini cenderung lebih praktis karena seluruh resources akan disediakan dan kamu tinggal menjalankannya.

3. Es Cokelat

Es cokelat juga tidak kalah menarik untuk dijadikan bisnis minuman kekinian. Dari bisnis ini, kamu bisa menyasar konsumen yang kurang menyukai kopi. Saat musim kemarau, tawarkan es cokelat. Lalu, memasuki musim hujan, hot chocolate pasti akan terasa nikmat.

Nah, agar bisa bisa unggul dari kompetitor, kamu bisa menyediakan menu yang agak berbeda. Sebagai contoh, kamu bisa mencampur cokelat dengan oreo, biskuit, choco chips, atau memberikan topping seperti potongan cookies.

4. Boba

Beberapa bulan belakangan ini, banyak brand minuman yang mengeluarkan menu minuman boba. Boba adalah bola-bola kecil bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Boba inilah yang biasanya menjadi isian atau topping dalam bubble tea.

Pembuatan boba dimaksudkan untuk menciptakan faktor QQ, yang bisa diartikan sebagai kenyal. Saat ini, banyak brand yang menyajikan boba dengan racikan susu dan gula merah. Terkadang ada juga yang mencampurnya dengan teh.

5. Bisnis Minuman Susu

Saat ini juga sudah banyak anak muda millenial yang memilih susu sebagai peluang bisnis mereka. Bahkan Banyak perusahaan yang memilih untuk berbisnis susu murni dengan beragam kemasan dan varian rasa.

Biasanya mereka membuat susu yang telah divariasikan rasanya ataupun bentuk dan teksturnya.

Peluang bisnis minuman susu memang sangat menjanjikan untuk dilakukan karena selain bisa divariasaikan agar menarik pelanggan, tapi juga merupakan jenis usaha yang bisa dibilang tidak memerlukan banyak modal.

Baca juga: Bisnis Kue Kering Kiloan Untung Jutaan, Yuk Intip Caranya

6. Usaha Minuman Bubble Tea

Nah, masih banyak orang yang menganggap bawah boba sama dengan bubble tea. Padahal, bubble tea adalah minuman yang dibuat dari bahan dasar, susu, teh, dan boba.

Awalnya, bubble tea klasik menggunakan teh hitam. Namun, saat ini sudah banyak bisnis minuman kekinian yang meracik bubble tea dengan jenis teh lain seperti oolong, melati, earl grey, atau matcha.

Itulah kenapa varian rasanya pun semakin banyak, membuatnya jadi salah satu bisnis minuman kekinian yang potensial.

 7. Minuman Thai tea

Sesuai namanya, Thai tea merupakan minuman dengan bahan dasar teh asal Thailand bernama teh Ceylon.

Pembuatannya mirip dengan teh susu, tetapi aroma dan cita rasanya agak berbeda. Sejumlah varian rasa Thai tea yang paling disukai adalah Thai green tea milk, Thai milk tea, dan Thai taro milk.

Menariknya lagi, minuman satu ini juga bisa disajikan dalam kondisi hangat atau dingin walaupun memang lebih banyak orang yang menyukai penyajian Thai tea dengan es.

8. Bisnis Minuman Kemasan Yoghurt

Yoghurt adalah Susu yang difermantasikan, yoghurt pun semakin lama semakin berkembang dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Yoghurt ada yang dikemas dalam plastik, gelas cup, kemasan kotak, dan lain sebagainya.

Yoghurt tradisional memiliki rasa asam yang menempel di mulut. Alhasil penggemar yoghurtpun akhirnya berkurang karena rasa asam tersebut. Sama halnya dengan susu, yoghurt pun bisa kamu variasikan agar cocok di lidah semua orang dan dapat menarik banyak pelanggan.

Yoghurt yang dikenal saat ini memiliki citra rasa yang beragam, seperti rasa strawbery, jeruk, melon, lecy, anggur, plain, dan lain sebagainya. Karena itulah, yoghurt pun menjadi minuman favorit anak-anak hingga dewasa. Dan tentu akan nikmat rasanya bila diminum selagi dingin.

Jadi, bisnis minuman modal kecil kekinian mana yang akan kamu jalankan? Apa pun pilihannya nanti, pastikan kamu melakukan riset untuk memastikan bahwa ke depannya bisa berjalan lancar.

Pos terkait