Bisnis Kue Kering Kiloan Untung Jutaan, Yuk Intip Caranya

  • Whatsapp
bisnis kue kering

Bisnis kue kering bisa dijadikan salah satu pilihan usaha sampingan dengan keuntungan yang menjanjikan. Pasalnya, peminat kue kering datang dari berbagai kalangan, dan tidak hanya bisa dijual di hari-hari besar saja.

Keunggulan usaha kue kering, yaitu terletak pada ketahanan masa kedaluwarsa dan harganya yang ramah di kantong. Jadi, wajar saja kalau banyak pelaku usaha mulai melirik lahan basah satu ini.

Meksi bisnis kue bersifat musiman, tetapi varian kue kering selalu berinovasi dari tahun ke tahun. Pada musim perayaan hari besar, kue kering selalu dimasukkan dalam paket bingkisan untuk dikirim ke kerabat terdekat sebagai buah tangan atau cendera mata kehangatan berkeluarga.

Menjalakan bisnis kue kering kiloan perlu waktu luang yang longgar. Pasalnya, pembuatan kue kering cukup menyita waktu. Apabila bisnis ini berjalan dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut ke depannya karena banyaknya permintaan pasar. Terlebih jika rasa dari kue itu telah diakui.

Untuk memulai usaha ini, keahlian yang mumpuni sangat diperlukan agar target yang akan dicapai bisa terpenuhi. Karena kita tidak sendirian dalam bisnis ini. Namun, jangan cemas akan hal itu. Asalkan punya niat yang baik, usaha kue kering bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda.

Cara Memulai Bisnis Kue Kering Kiloan

Sebelum memulai bisnis kue kering kiloan, sebaiknya simak artikel ini hingga tuntas. Karena di sini Kawula akan menjelasakan dengan mudah tahap-tahapnya.

1. Menentukan Jenis Kue

Menentukan jenis kue adalah hal pertama yang perlu diambil. Jenis kue bisa diadaptasi dari keterampilan kamu untuk membuat kue kering, dan bisa pula bergantung pada resep yang dikuasai dan harga bahan baku yang murah.

Kreativitas juga diperlukan setelah menentukan jenis kue. Karena jika kamu hanya membuat kue kering yang umum di pasaran tanpa ada variasi atau hiasan, mungkin akan sedikit sulit bersaing di pasaran. Buatlah ciri khas sendiri yang berpotensi mendatangkan pembeli.

Di pasaran banyak sekali contoh kue kering dengan berbagai varian, rasa dan kue kering dengan tampilan yang kurang lebih sama. Jenis kue kering seperti nastar, semprit, lidah kucing, kastengel, sagu keju, dan kue putri salju adalah jenis kue yang umum beredar di pasaran.

Di antara jenis tersebut, pilih salah satu saja dan buat ciri khas tersendiri. Karena dengan memilih satu varian saja, kamu akan dimudahkan jika ke depannya banyak yang memasa. Apalagi jika kamu baru merintis usaha kue kering. Membuat banyak varian adalah sebuah kekeliruan.

2. Keterampilan Membuat Kue Kering

Tidak hanya menentukan jenis kue, dalam memulai bisnis kue kering diperlukan keterampilan yang mumpuni. Pastikan kamu menguasai cara membuat kue kering.

Cara melihat kemampuan membaut kue bisa dilihat dari keterbiasaan juga banyaknya jam terbang membuat kue kering. Ditambah dengan kreativitas menghias.

Jika dirasa jam terbang membuat kue kering masih sedikit, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar membuat kue yang baik. Terlebih zaman telah canggih, kamu bisa mencari panduan belajar membuat kue di internet atau menonton video di YouTube.

Akan tetapi, sebaik-baiknya belajar sendiri, alangkah baik lagi jika mengikuti pelatihan membuat kue kering. Sebab, jika mengikuti pelatihan, kamu bisa langsung beriteraksi dengan instruktur pelatihan. Dengan begitu, keterampilan yang kamu miliki akan cepat berkembang.

3. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan juga menjadi standar untuk memulai bisnis kue kering. Sebab, sebaik apa pun resep yang ada, jika pemilihan bahan tidak dipilih dengan cermat akan mengurangi kualitas rasa pada kue yang dibuat.

Jangan sampai bisnis kue kering kiloan tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan karena salah memilih bahan. Pastikan kamu memilih terigu, mentega, telur yang berkualitas. Karena soal rasa itu tak bisa bohong, kan?

4. Inovasi dan Kreasi

Sebelum lanjut ke arah pemasaran, ada baiknya tahap awal memberi tester kepada kerabat terdekat, keluarga, dan orang-orang yang kamu kenal. Minta saran dari mereka. Karena hal itu bisa membuatmu menjadi lebih baik dalam membuat kue kering.

Masalah kreasi dalam membuat kue kering bisa kamu dapatkan di internet. Kumpulkan bahan atau resep yang kamu dapat sebagai referensi dan gagasan membuat kue yang berbeda dari bentuk tampilan maupun rasa.

Buatlah kemasan kue kering jadi lebih menarik dengan kreativitasmu. Masalah kreasi, kamu bisa mengubah bentuk kue yang mempunya nilai seni yang tinggi. Karena, selain rasanya yang enak, boleh jadi tampilan yang unik bisa membuat penasaran orang untuk membeli.

5. Masa Kedaluwarsa Kue Kering

Tiap-tiap jenis kue kering memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda. Pastikan kamu tahu persis masa ketahanan dari kue kering yang akan dijual. Bila perlu, cantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan kue kering. Hal ini sangat berguna buatmu dan konsumen, dan juga untuk menghidari persoalan di kemudian hari.

6. Tentukan Harga Kue Kering

Saat memulai usaha kue kering dan akan dijual di pasaran, sebaiknya jangan terburu-buru mematok harga tinggi dan mengambil keuntungan yang besar. Tentukan harga sesuai yang ada di pasaran saja.

Untuk merincikan harga kue yang dijual, bisa diperoleh dari harga bahan baku yang sudah dibeli sebelumnya, dan proses pembuatan kue kering itu sendiri. Oleh sebab itu, ada baiknya catat seluruh anggaran yang dikeluarkan saat memulai bisnis ini.

7. Pasar Kue Kering

Untuk langkah awal, kamu bisa menjual kue kering buatanmu kepada teman-teman terdekat, tetanga dan teman-teman yang selalu beriteraksi denganmu di media sosial.

Tawarkan ke mereka dengan cara memberi tester terlebih dahulu. Jika mereka tertarik dengan kue kering buatanmu, tidak menutup kemungkinan akan usaha kue kering kamu akan dipromosikan secara gratis dari orang-orang yang telah membeli produk kue kering buatamu.

Tak sampai di situ, kamu juga bisa memasarakan produk kue kering buatamu lewat media sosial, atau memanfaatkan e-commerce yang ada untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan begitu, tandanya kamu sudah menjalankan bisnis online dengan produk buatanmu sendiri.

8. Kejujuran

Dalam bisnis apa pun kejujuran adalah mata uang yang tak ternilai. Begitupun saat kamu merintis usaha kue kering.

Lebih terang, pastikan dalam membuat kue, bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang aman untuk dikonsumsi. Menggunakan pewarna makanan adalah hal yang lumrah. Namun, jangan pernah coba-coba menggunakan bahan pengawet yang tidak dikhusukan untuk makanan.

Cara pembuatan kue kering yang jujur adalah dengan menggunakan bahan-bahan kue yang layak. Bahan tak harus mahal, sesuaikan dengan modal atau dana yang dimiliki.

Keutungan memang perlu dicapai, tetapi kesehatan dan kepercayaan konsumen jauh lebih berarti.

9. Belajar dari Kompetitor

Memahami pola usaha kue kering kiloan itu perlu. Cara paling mudah dilakukan, yaitu dengan belajar dari kompetitor. Perhatikan cara kerja pesaing. Bagaimana cara mereka memasarkan produk dengan baik, lalu dari kalangan mana konsumen mereka berdatangan. Dan apa produk yang diminati oleh konsumen.

Pekerjaan menganalisis kompetitor tidak sama dengan menjatuhkan. Semua pelaku usaha tidak selalu mengalami keuntunga, tetapi juga pernah merugi di dalam bisnis. Oleh karena itu, selain menganalisis pesaing, perlu juga melakukan analisis ke bisnis sendiri sebagai antisipasi terhadap sutau hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberap tahapan untuk memulai usaha kue kering rumahan modal kecil. Jika dilakukan dengan telaten, bukan tidak mungkin bisnis kue kering bagi pemula ini menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan untuk jangka panjang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *