Arti Leads dan Contohnya dalam Digital Marketing

  • Whatsapp
arti leads adalah

Arti leads adalah orang punya ketertarikan terhadap produk atau layanan bisnis. Umumnya, mereka memberikan informasi berupa alamat email dan kontak nama. Hal ini bertujuan agar orang-orang tersebut mendapatkan notifikasi saat ada promo dari penjual produk.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui secara ringkas tentang leads, apa pentingnya untuk bisnis, bagaimana cara mendapatkan leads, lalu bagaimana cara mengonversinya menjadi uang di era digital seperti ini.

Apa Itu Leads

Dalam konteks digital marketing, leads merupakan seseorang yang tertarik terhadap sesuatu yang telah ditawarkan. Umumnya, mereka telah memberikan informasi berupa data diri sehingga mudah untuk dihubungi lebih lanjut.

Nah, biasanya data diri yang paling berharga meliputi nama lengkap, alamat email dan nomor telepon/whatsapp .

Seiring perkembangan zaman, orang yang mempunyai minat terhadap sebuah produk atau jasa ini menjadi sangat beragam. Semisal, orang yang mengunjungi website kemudian aktivitas mereka terekam melalui Google Analytics. Bahkan orang yang sengaja mengikuti sosial media Anda dan sebagainya.

Tujuan Leads

Tujuan utama dari leads, yaitu membuat mereka sebagai database dan membagi mereka ke dalam beberapa kategori. Ringkasnya, saat kita melakukan sebuah kampanye (promosi) tertentu, maka kita bisa memanggil mereka berdasarkan minat atau kategori.

Dari sini, Anda tentu sudah bisa membayangkan arti Leads atau makna sesuai dengan bisnis yang sedang Anda kerjakan, bukan?

Mengapa Leads Itu Penting?

Anda tentu sepakat bahwa pembeli ibarat darah dalam siklus bisnis Anda. Anologi ini tentunya bisa dengan mudah Anda tangkap. Karena pebisnis yang keren itu mampu membaca bahasa yang sedikit bersayap.

Jadi, bagian yang paling penting dalam digital marketing adalah leads. Mengapa? Berikut poin singkatnya

  • Leads dipakai agar Anda lebih mudah menghubungi calon pelanggan potensial;
  • Leads memudahkan Anda mempraktikkan strategi inbound marketing;
  • Leads memungkinkan Anda mengirimkan konten bermanfaat untuk calon pelanggan;
  • Leads memudahkan Anda memetakan demografi calon pelanggan dan kebutuhannya;
  • Leads memungkinkan Anda melakukan promosi dan konversi ke segmen pelanggan paling potensial.

Sebelum masuk pada inti artikel, yaitu mengubah leads terbuang menjadi uang, ada baiknya Anda juga mengenali empat macam leads dalam konsep digital marketing. Berikut uraiannya.

Niche Leads dalam Konsep Digital Marketing

Apa pun profesi Anda, jika sudah terjun ke dalam bisnis yang dilakukan secara online, maka persoalan mengidentifikasi niche (baca: kategori) leads juga perlu dipahami dari awal. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengelompokkan leads menurut kategorinya masing-masing.

Praktisi internet membagi leads ini menjadi 4 kategori untuk memudahkan mereka menyusun strategi penjualan.

New Leads (Leads Baru)

Arti Leads baru ini, yaitu leads yang baru masuk dalam direktori database. Leads baru ini sengaja didatangkan untuk kepentingan kampanye selanjutnya. Umumnya, mereka tidak menyadari apa yang akan kita lakukan ke depan.

Leads Prospek

Leads Prospek adalah kelanjutan dari Leads baru. Dengan kata lain, kategori ini ada karena sebelumnya Anda telah melakukan edukasi melalui produk yang akan dijual, memberikan pengetahuan tentang produk, manfaat produk, dan berbagai macam benefit (keuntungan) lainnya.

Maka, dari sini kita bisa mendapatkan sebuah prospek setelah kita memberikan penawaran terbaik kepada mereka.

Baca juga: Cara Bisnis Online dan Contoh Usaha Modal Kecil

Leads Potensial

Leads potensial adalah orang yang telah melakukan pembelian produk tersebut tetapi belum menyerahkan tanda jadi. Dalam konteks ini, mereka belum sama sekali melakukan transfer ke rekening Anda.

Paling tidak, dari sini kita sudah bisa mengukur berapa potensi penjualan yang nantinya akan kita dapatkan.

Leads Buyer

Leads Buyer merupakan leads impian dari banyak internet marketing. Leads buyer adalah orang yang sudah membeli produk atau orang yang telah menggunakan jasa Anda.

Leads tersebut memiliki kualitas yang sangat baik dengan kemampuan bayar yang mereka miliki. Maka, untuk tahap selanjutnya Anda akan lebih dimudahkan dalam melakukan penjualan produk baru. Kemungkinan besar mereka akan menjadi pembeli atau menggunakan jasa Anda kembali tanpa perlu effort yang besar.

Dari empat kategori leads di atas, saya asumsikan Anda telah memahami apa itu Leads dan pentingnya di dalam bisnis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *