Cara Melakukan Video Call WhatsApp Web di Laptop

  • Whatsapp
video call whatsapp web

Bagaimana cara melakukan Video Call WhatsApp Web di laptop, sementara WA versi dekstop tidak memiliki fitur video call layaknya versi seluler?

Video call memang menjadi fitur andalan dari berbagai aplikasi chatting yang ada. Pasalnya, beberapa tahun terakhir penggunaan video call pada layanan perpesanan meningkat pesat.

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan terbesar di dunia, WhatsApp juga mengambil kesempatan yang sama untuk memberikan fitur dan akses kepada masyarakat dunia lewat fitur dan layanan video call.

Sebagaimana diketahui, WhatsApp memang telah memiliki fitur video call versi selular, dan hanya memuat 4 orang dalam ruang percakapan video. Kemudian ruang video call tersebut terus dikembangkan hingga bisa diakses oleh 8 orang secara bersamaan.

Sebagai perusahaan perpesanan instan terbesar di dunia, WhatsApp tak berhenti sampai di situ. Mereka pun lantas menyediakan fitur WhatsApp Web yang bisa diakses lewat perangkat laptop dan komputer.

WhatsApp Web adalah WhatsApp yang diakses melalui web browser, sementara Whatsapp Dekstop adalah WhatsApp yang diakses melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh sekaligus dipasang di laptop atau komputer.

Kendati tidak memiliki fitur video call secara langsung, Whatsapp Web/Desktop tetap dapat melakukan video call via Messenger Rooms.

Sejauh ini, Messenger Rooms  telah mengembangkan fiturnya dan dapat menampung 50 orang sekaligus dalam sebuah ruang video call.

Adapun alasan WhatsApp melakukan pengembangan demi pengembangan semata-mata karena memang ingin bersaing dengan para kompetitor mereka, yaitu Google Meet dan Zoom.

Dari sini bisa disimpulkan, bahwa para pengguna WhatsApp Web dan Desktop akan dimudahkan untuk melakukan video call.

Baca Juga: Cara Download WhatsApp Web For PC

Cara Melakukan Video Call WhatsApp Web di Laptop

Berdasarkan informasi yang tertera di situs resmi WhatsApp, berikut  yang perlu dilakukan jika ingin membuat sebuah ruang video call di Whatsapp Web/Desktop via Messenger Rooms:

1. Buka aplikasi Whatsapp di laptop/komputer kamu atau akses laman WhatsApp di web browser.

2. Klik opsi ‘attach‘ atau yang memiliki gambar atau ikon klip. Opsi tersebut berada di deretan atas sebelah kanan.

3. Setelah klik opsi tersebut, pilih opsi ‘Room‘ atau yang memiliki gambar atau ikon kamera video. Opsi tersebut berada di urutan terakhir.

3. Kemudian, akan ada tampilan yang muncul. Silakan klik ‘Continue in Messenger‘.

4. Kamu pun akan dipindah secara otomatis ke laman Forum Messenger.

5. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi username dan sandi dari akun Facebook atau Messenger pribadi.

6. Jika belum memiliki akun Facebook atau Messenger, silakan mendaftarkan diri kamu terlebih dahulu.

7. Langkah terakhir, kamu sudah bisa membuat sebuah ruang video call melalui Messenger Rooms.

Sebagai tambahan informasi, pengguna WhatsApp Web/Desktop dapat menyebarkan link (tautan) video call tersebut dengan menyalin alamat link dan menyebarkannya melalui Whatsapp chat.

Pos terkait