Tokopedia Teratas, Ini Daftar Toko Online yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia Tahun Lalu

Ilustrasi belanja online. (Foto: Tribunnews.com)

Studi tentang situs belanja online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2019 dirilis oleh portal diskon online CupoNation Indonesia. Adapun studi itu digelar di tengah persaingan berbagai platform e-commerce di Indonesia melakukan berbagai cara agar menjadi pilihan utama pengguna.

Data CupoNation Indonesia yang dikutip dari CNNIndonesia menyebutkan, platform e-commerce dalam negeri masih menguasai jumlah pengunjung website di sepanjang 2019 kendati sejumlah situs belanja online internasional juga masuk dalam jajaran pasar e-commerce di tanah air. Menurut data itu, Tokopedia menjadi toko online yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Total pengunjung mereka mencapai 1,2 miliar. Rinciannya adalah 863.1 juta pengunjung dari web mobile dan 329.8 juta pengunjung dari desktop.

Pada peringkat kedua ada situs belanja online Shopee. Jumlah kunjungannya mencapai 837.1 juta dan secara otomatis menggeser posisi Bukalapak yang pada tahun 2019 dikunjungi 823.5 juta pengunjung. Pada posisi keempat dan seterusnya ditempati oleh Lazada dengan 445,5 juta pengunjung, Blibli dengan 353,2 juta pengunjung, JD ID dengan 105,4 juta pengunjung, Orami dengan 89,8 juta pengunjung, Bhineka dengan 62,2 juta pengunjung, Sociolla dengan 51,1 juta pengunjung, dan Zalora dengan 44,5 juta pengunjung.

Menurut CupoNation Indonesia, masyarakat Indonesia lebih gemar berbelanja online melalui mobile daripada desktop. Dari hasil studi itu pun terungkap bahwa 77.15 persen dari jumlah pengunjung di tahun 2019 datang dari versi web mobile. Sisanya, 22.85, persen datang dari desktop.

"Hal ini menunjukkan jika hampir seluruh online shopper di Indonesia lebih menyukai belanja online dengan menggunakan smartphone daripada desktop," demikian keterangan CupoNation Indonesia, Jumat (25/1/2020).

Bukan itu saja, survei tersebut juga menyampaikan bahwa Orami menjadi situs belanja online yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah trafik web mobile terbanyak. Adapun 97.55 persen dari total pengunjung Orami datang dari web mobile.

"Peringkat selanjutnya diduduki oleh Sophie Paris dengan trafik dari web mobile mencapai 97.43 persen dari total kunjungan," begitu bunyi hasil survei tersebut.

Lebih jauh, masih menurut CupoNation, daftar toko online yang masuk dalam studinya diambil dari Indonesian E-commerce Association (IdEA). Ada 32 situs online yang mereka pilih berdasarkan situs online shop dengan yang memiliki trafik bulanan tidak kurang dari 150.000 pengunjung. Jumlah pengunjung yang datang melalui mobile dan desktop itu dikumpulkan dari SimilarWeb untuk periode Januari hingga Desember 2019.

"Jumlah pengunjung dalam studi ini tidak menunjukkan pengunjung unik di mana jika salah satu pengunjung yang sama melakukan kunjungan selama 5 kali untuk periode yang dialamatkan maka jumlah kunjungan yang terhitung adalah 5 kunjungan," imbuh hasil survei CupoNation itu.(but)







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar