Jalan-Jalan ke Surabaya Naik PO Gunung Harta? Cobain 5 Rawon Enak Ini, Yuk!

  • Whatsapp
rawon paling enak di surabaya

Surabaya adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki segudang kuliner enak. Rawon misalnya. Kalau kamu pernah mencicipi menu ini pasti akan membayangkan empuknya irisan daging sapi yang dikombinasikan bersama nasi hangat dengan kuah hitam yang kaya rasa. Lezat!

Kalau kamu belum pernah mencoba kuliner satu ini, maka kamu wajib banget nih datang langsung ke Surabaya. Perjalanan ke Surabaya dapat diakses menggunakan PO Gunung Harta sebagai pilihan transportasi termurah. Supaya lebih praktis, kamu bisa pesan tiket busnya secara online hanya di Traveloka. Di Traveloka, kamu juga bisa dapatkan aneka promo spesial, seperti Traveloka PayDay pada 24 November 2021 sampai 5 Desember 2021.

5 Tempat Kuliner Rawon Paling Enak di Surabaya

Nah, setelah tiket sudah di tangan, sekarang cari tahu tempat makan rawon paling enak di Surabaya, yuk!

1. Rawon Kalkulator

Mendengar Rawon Kalkulator, kamu pasti merasa heran dengan pemilihan nama tersebut. Iya nggak? Tempat makan ini sebenarnya memiliki nama asli yaitu Warung Sedap Malam. Lokasinya berada di Taman Bungkul, Surabaya.

Nama Rawon Kalkulator diberikan oleh pengunjung yang melihat keunikan kasir Warung Sedap Malam saat menghitung semua pesanan. Sekali pun perhitungan dilakukan secara manual, tetapi prosesnya dilakukan secepat kalkulator.

Terlepas dari gaya menghitung sang kasir yang unik, tempat ini menyajikan seporsi rawon enak di Surabaya yang menggugah selera. Potongan daging Rawon Kalkulator pun berukuran besar sehingga pengunjung merasa puas.

2. Rawon Pak Pangat

Menikmati seporsi rawon dengan potongan daging rebus mungkin udah biasanya. Di warung Rawon Pak Pangat ini pengunjung bisa menikmati seporsi rawon bersama empal suwir mirip abon atau krengsengan.

FYI, krengsengan merupakan kuliner khas Surabaya yang terbuat dari campuran daging, kentang, dan bumbu halus bercita rasa pedas juga manis. Penasaran seperti apa sajian rawon yang dikombinasikan dengan krengsengan atau empal suwir?

Kamu bisa datang ke Ruko Lotus di Jalan Ketintang Selatan, Surabaya. Warung Rawon Pak Pangat ini sudah buka sejak pukul 07.00 WIB. Selain dua menu di atas, Rawon Pak Pangat juga punya satu lagi menu unik yaitu Nasi Rawon Campur.

Nasi Rawon Campur ini berisi nasi putih, empal suwir, krengsengan, dan bali tahu yang kemudian disiram dengan kuah rawon. Supaya makin lezat, jangan lupa untuk menyantapnya bersama kerupuk udang.

3. Rawon Setan

Satu lagi warung rawon di Surabaya yang punya nama unik, yaitu Rawon Setan. Berlokasi di Embong Malang, tepat di seberang hotel JW Marriot Surabaya, nama Rawon Setan telah tersohor di kalangan wisatawan dan masyarakat setempat.

Mengenai nama ‘setan’, sang pemilik menyebutkan bahwa dulunya warung ini hanya buka di malam hingga dini hari. Melihat animo pengunjung yang besar, kini Rawon Setan buka mulai pagi hari.

Seporsi Rawon Setan berisi potongan daging iga yang juicy dan empuk. Saking empuknya pengunjung sampai nggak perlu ekstra tenaga untuk mengoyaknya. Biar makin nikmat, ada juga tambahan bawang goreng, sambal terasi, serta nasi plus tauge.

Kalau mau tambah lauk, warung ini juga menyediakan makanan pendamping seperti telur asin, tempe goreng, perkedel, sampai paru goreng. Tinggal pilih deh mana lauk favoritmu.

4. Rawon Ibu Soepinah

Rawon Ibu Soepinah merupakan salah satu rawon legendaris di Surabaya. Berdiri sejak tahun 1966, lokasi warung ini terletak di Jl. Pasar Kembang kurang lebihnya berada tepat di depan Hotel LA.

Berbeda dari rawon biasanya, seporsi Rawon Ibu Soepinah disajikan bersama empal dan serundeng yang gurih. Kombinasi antara kuah rawon yang sedap, empal, serundeng, dan nasi hangat ini dijamin membuat lidah nggak berhenti ngunyah!

Buat kalian yang berencana mencobanya, pastikan jangan kesiangan. Sebab Rawon Ibu Soepinah ini hanya buka pukul 05.00 WIB sampai 12.00 WIB.

5. Rawon Gajah Mada

Rekomendasi rawon enak di Surabaya yang terakhir adalah Rawon Nguling. Rawong Nguling Surabaya ini merupakan cabang dari Rawon Nguling yang ada di Pasuruan, Jawa Timur. Di tempat aslinya, Rawon Nguling sudah berdiri sejak tahun 1940-an.

Demi menciptakan kuah rawon yang lezat sang pengelola menggunakan racikan rempah turun-temurun. Penggunaan kluwek segar juga menjadi kunci dalam menciptakan hidangan rawon yang enak.

Untuk isian, selain menyajikan potongan daging iga, Rawon Nguling juga menyediakan rawon buntut. Kira-kira bagaimana ya rasanya? Buat kamu yang penasaran bisa langsung mencicipi kuliner satu ini di alamat Jalan Raya Kendangsari Industri No.41B, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

Rawon memang menjadi kuliner khas Surabaya yang nggak boleh dilewatkan ketika kamu mengunjungi ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. Cita rasanya yang unik dijamin nggak bakal bisa kamu temukan di menu makanan mana pun. Tunggu apa lagi? Yuk, pesan tiket bus Gunung Harta ke Surabaya sekarang juga untuk menikmati kelezatan nasi rawon!

Pos terkait