Perbedaan Rapid Test Antigen dan Antibodi

  • Whatsapp
rapid test antigen

Rapid test antigen adalah salah satu pengujian virus corona dengan mendeteksi protein virus (antigen). Kalau rapid test antibodi menggunakan sampel darah, rapid test antigen menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung ataupun tenggorokan, dan metode yang digunakan adalah swab nasofaring atau orofaring.

Rapid test antigen dinilai lebih akurat dibandingkan tes antibodi karena dapat mengidentifikasi virus dalam sekresi hidung dan tenggorokan.

Kendati demikian, tes jenis ini hanyalah bagian dari screening awal. Hasilnya harus tetap dikonfirmasi dengan tes PCR yang lebih akurat.

Meski sama-sama mengambil sampel dari hidung dan tenggorokan, tes PCR memakan waktu yang lebih panjang dan prosedur yang lebih rumit dalam pemeriksaan sampelnya.

Cara Kerja Rapid Test Antigen

Dilansir dari laman Indonesia.go.id nama lain dari rapid test antigen ini adalah tes diagnosa cepat atau rapid swab dengan mengambil sampel lendir dalam hidung dan tenggorokan untuk pemeriksaan.

Tujuan pemeriksaan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya infeksi aktif virus corona melalui deteksi protein dari virus Corona tersebut.

Hal ini tentu berbeda dengan rapid tes antibodi yang mengidentifikasi antobodi dalam tubuh Anda. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi virus Corona aktif melalui rapid test antigen adalah 20 hingga 30 menit.

Sedangkan akurasi pemeriksaan ini cukup akurat karena sensitivitas pemeriksaan ini hingga 80 persen.

Rapid Test Antibodi

Rapid test antigen atau antibodi memiliki nama lain yaitu tes serologi dengan mengambil darah untuk sampel pemeriksaan.

Tujuan pemeriksaan ini untuk mendeteksi kemunculan antibodi seseorang akibat infeksi virus corona dalam tubuhnya. Sasaran pemeriksaan rapid test antibodi ini adalah antibodi yang terdapat dalam darah dan sebagai screening awal Covid-19.

Lama waktu yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi dalam tubuh adalah 5 hingga 10 menit. Harga rapid test antibodi ini cukup terjangkau yaitu Rp150 ribu bahkan di beberapa rumah sakit harganya bisa di bawah Rp100 ribu jika sedang ada promo.

Namun sayangnya pemeriksaan rapit test antibodi ini masih kurang akurat karena antibodi seseorang biasanya baru akan terbentuk 14 hari setelah orang tersebut terinfeksi Covid-19.

Tes ini dapat dilakukan di mana saja? Berapa biayanya?

Dilansir dari Kontan.co.id, terdapat sejumlah fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan rapid test antigen di Jabodetabek. Biayanya berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 665.000

1. Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan biaya Rp 350.000.

2. Jaringan Omni Hospital dengan biaya Rp 575.000.

Adapun jaringan Omni Hospital yang melayani tes antigen adalah Omni Hospital Alam Sutera, Tangerang Selatan; Omni Hospital Pulomas, Jakarta Timur; Omni Hospital Cikarang, Bekasi, Jawa Barat; dan Omni Hospital Pekayon, Bekasi Selatan.

3. Klinik Tridatama di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Klinik ini menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp 349.000.

4. Poliklinik Cellscience dengan biaya Rp 420.000. Lokasi Poliklinik Cellscience antara lain di:

  • Lippo Mall Kemang, 1St Floor Lantai 5, Jl Pangeran Antasari, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan – Lippo Mall Puri 2nd Floor Unit 9, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat
  • Jl Pantai Indah Selatan No 11, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara – Mall Kota Kasablanca UG Floor Unit 73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan

5. Gloskin Aesthetic Clinic Tebet dengan biaya Rp 665.000. Klinik ini berlokasi di Ruko Grand Soepomo, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

6. Klinik NK Health Klinik dengan tarif Rp 387.000. Klinik ini berada di lantai 3 Tatalogam Tower di Jalan Arjuna Utara No 89, RT 9 RW 1, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

7. Jaringan Klinik Puspita dengan tarif Rp 349.000. Lokasi Klinik Puspita antara lain berada di:

  • Parkir Hall C Jiexpo – Jl Benyamin Suaeb, Pademangan, Jakarta Utara
  • Jl Raya Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat Klinik ini juga menyediakan rapid test antigen dengan layanan home Care dengan sistem paket di atas 10 orang.

Tarif rapid test antigen home care oleh Klinik Puspita mulai dari Rp 360.000.

8. Mayapada Clinic dengan biaya sebesar Rp 550.000. Klinik ini berlokasi di Kavling 27, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan,

Mayapada Clinic juga menyelenggarakan test rapid antigen di Kav 5-9, Jl Tanjung Duren Raya, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, dengan biaya yang sama.

9. Medizen Clinic Medizen dengan biaya Rp 500.000. Medizen Clinic berlokasi di Menara Standard Chartered, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

10. Klinik Miracle Plaza Sudirman dengan tarif Rp 550.000. Klinik Miracle berlokasi di Sudirman Plaza – Indofood Tower Lt 8, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *