KAWULA ID – Dalam dunia komunikasi dan public relations, press release menjadi salah satu alat yang penting untuk menyampaikan informasi kepada media massa dan publik. Jika ada yang bertanya tentang apa itu Press Release atau siaran pers, yaitu adalah dokumen yang disusun oleh perusahaan, organisasi, atau lembaga untuk memberikan informasi resmi kepada media massa.
Cara ini memiliki tujuan utama untuk mengumumkan berita baru, peluncuran produk, acara, pencapaian, perubahan penting, atau informasi lain yang relevan yang ingin disampaikan kepada publik. Sebagai sebuah medium penyampaian informasi, siaran pers ini punya segudang manfaat, di antaranya, yaitu membantu menyebarkan informasi secara luas kepada media massa dan publik.
Dengan menggunakan format yang jelas dan terstruktur, cara ini memastikan bahwa informasi yang disampaikan dapat diakses dan dipahami dengan baik oleh penerima. Selain itu, juga dapat membuat perusahaan atau organisasi mengelola citra dan reputasinya. Dengan memberikan informasi yang akurat dan relevan, siaran pers membantu membangun kepercayaan publik dan menciptakan kesan positif terhadap perusahaan atau organisasi tersebut.
Bagi perusahaan-perusahaan besar, biasanya siaran pers dapat menarik berita yang relevan, yang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan perhatian media massa. Jika hal tersebut dapat menarik minat media, kemungkinan besar mereka akan menghubungi perusahaan untuk wawancara lebih lanjut atau menulis artikel berdasarkan informasi yang disampaikan.
Manfaat Press Release
Beberapa manfaat dari press release atau siaran pers adalah dengan mengirimkan siaran pers kepada media massa, akan dapat meningkatkan visibilitas perusahaan atau organisasi. Berita dapat muncul di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, situs web berita, dan saluran televisi, yang membantu meningkatkan kesadaran merek dan mengenalkan produk atau layanan kepada audiens yang lebih luas.
Kemudian, siaran pers juga memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan terkontrol kepada publik. Dengan mengatur informasi yang ingin disampaikan dengan baik, perusahaan tentunya akan dapat memastikan bahwa pesan yang diterima oleh media massa dan publik sesuai dengan tujuan komunikasi.
Dengan mengirimkan siaran pers secara teratur kepada media massa, perusahaan dapat membangun dan memperkuat hubungannya dengan media massa. Jika siaran pers memberikan berita yang menarik dan bermanfaat, hubungan perusahaan dengan wartawan dan redaktur media dapat meningkat, membuka peluang kerja sama lebih lanjut di masa depan.
Jenis-Jenis Press Release
Ada beberapa jenis-jenis press release yang kerap digunakan oleh public relations untuk menyebarkan informasi terkait perusahaannya. Apa saja sih jenis-jenis press release tersebut?
1. Siaran Pers Berita
Jenis yang paling umum dari siaran pers yang biasanya berisi pengumuman berita baru, seperti peluncuran produk baru, peristiwa penting, atau hasil keuangan perusahaan.
2. Siaran Pers Acara
Kemudian, ada juga siaran pers acara atau kegiatan yang kerap digunakan untuk mengumumkan acara yang akan datang atau sudah selesai, seperti konferensi, seminar, pameran, atau konser.
3. Siaran Pers Peluncuran Produk
Yang ketiga ada siaran pers peluncuran produk. Siaran pers satu ini dirancang khusus untuk mengumumkan peluncuran produk baru atau versi terbaru dari produk yang ada.
4. Siaran Pers Pembaruan Perusahaan
Lalu juga ada siaran pers pembaruan perusahaan, yang menginformasikan perubahan penting dalam perusahaan, seperti perubahan manajemen, akuisisi, atau penghargaan yang diterima.
5. Siaran Pers Tanggapan Krisis
Terakhir dalam artikel ini, yaitu siaran pers tanggapan krisis. Dalam situasi krisis atau kontroversi, siaran pers ini digunakan untuk memberikan penjelasan atau tanggapan dari perusahaan atau organisasi terkait isu tersebut.
Cara Membuat Siaran Pers yang Efektif
Jika kamu adalah seorang yang bekerja di profesi hubungan masyarakat (humas) atau public relations (PR), maka kamu harus bisa membuat siaran pers yang efektif dan dapat menyampaikan pesan-pesan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Caranya adalah, yang pertama membuat judul menarik dan singkat untuk mencari perhatian media dan pembaca. Kemudian, sebagai medium penyampaian informasi, gunakanlah bahasa yang mudah dipahami, jelas, dan terstruktur, agar pesan yang ingin disampaikan bisa lebih mudah dicerna publik.
Jika bisa, gunakanlah format siaran pers yang standar, misalnya dengan memasukkan tanggal, kontak media, lead paragraf yang kuat, dan lainnya. Dengan membuat siaran pers yang baik, maka pihak media atau publik pun jadi lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh perusahaan.
Jangan lupa untuk menyampaikan informasi terpenting di bagian awal siaran pers ya, agar semua maksud dan tujuan penulisan bisa ditangkap sejak awal pembaca membaca siaran pers. Jika ada kutipan, juga jangan lupa dimasukkan ke dalam penulisan, apalagi dari sumber-sumber yang penting.
Ikuti Artikel Terbaru Kawula ID di Google News