Modalku: Pinjaman Uang Online tanpa Agunan

Avatar
pinjaman online modalku

Pinjaman online Modalku adalah salah satu pinjaman daring tanpa agunan yang praktis dan aman. Modalku hadir untuk menjadi pilihan yang tepat bagi para pebisnis dalam mengembangkan usaha mereka. Modalku dapat memberikan pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 2 Miliar dengan tenor hingga 12 bulan.

Selain memberikan pinjaman, Modalku juga hadir dan membuka peluang bagi investor atau pemberi pinjaman untuk menjadi pendana. Pendana dapat mulai memberikan dana awal dengan cukup murah yakni mulai dari Rp 100 ribu saja.

Selain pengajuannya yang mudah melalui daring, Modalku menjadi pilihan yang sangat bijak karena aman, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Waktu pinjamannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Apa itu Modalku?

Bagi yang masih bingung dengan apa itu Modalku, Modalku adalah platform peer-to-peer (P2P) lending yang berbasis daring. Modalku hadir sebagai solusi pemecah masalah bagi pelaku bisnis muda atau Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sebagai pemberi pinjaman yang sedang mencari alternatif investasi.

Dapat dibilang, Modalku ialah platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia.

Hingga saat ini, Modalku sudah hadir di empat negara berbeda, yakni Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Startup ini sudah berdiri sejak tahun 2015 dan telah banyak menerima sejumlah penghargaan, seperti dinobatkan sebagai salah satu perusahaan Fintech 250, yakni adalah daftar perusahaan terbaik yang membuat terobosan inovasi teknologi finansial. Modalku berperan sebagai perantara antara peminjam dan pendana dengan jaminan proteksi tinggi.

Pinjaman dengan proteksi ini memberikan proteksi pada pokok dan manfaat pendanaan kepada para pendana, tanpa memungut biaya tambahan atas manfaat proteksi. Tak tanggung-tanggung sebagai bentuk dari keseriusannya, produk yang diproteksi dilakukan oleh mitra asuransi Modalku, yakni Qoala Insurtech dengan menggandeng rekanan perusahaan asuransi lainnya.

Cara bekerjanya Modalku ialah dengan mempertemukan pelaku UKM yang membutuhkan modal dan layak kredit, dengan pemberi pinjaman yang ingin mencari alternative investasi.

Setelah uang dari pendana diberikan kepada UMKM untuk mengembangkan usahanya, sebagai gantinya, mitra UMKM tersebut nantinya akan memberikan imbalan berupa pokok dan bunga kepada pendana.

Pendana tidak perlu merasa takut ataupun khawatir ketika peminjam terlambat dalam membayar pinjaman. Dana tanggungan akan tetap berjalan dan akan mengatur keuangan si pendana.

Selain membantu mengembangkan UMKM dalam usahanya, konsep bisnis yang dijalankan oleh Modalku ini juga menghasilkan alternatif investasi dengan bunga yang atraktif. Bentuk alternatif investasi ini dapat dijadikan sumber pendapatan pasif.

Dengan pengajuan pinjaman yang sangat mudah dengan suku bunga yang kompetitif, pebisnis dapat cepat mengembangkan usahanya tanpa beban bunga yang besar.

Sampai saat ini, Modalku telah berhasil menarik lebih dari 200 ribu pendana, baik pendana individu dan pendana institusi. Para pendana ini didominasi oleh pendana individu yang memiliki rentang umur 21-40 tahun dengan persenan sebanyak 76,9% dari keseluruhan total pendana.

Modalku selalu memberikan manfaat kepada 2 pelakunya, yakni pelaku peminjam modal dan pelaku pendana. Berikut cara kerja kedua pelaku tersebut:

  1. Untuk peminjam modal
  • UMKM melakukan pendaftaran untuk mengajukan pinjaman modal usaha pada website resmi Modalku, yaitu modalku.co.id
  • Setelah itu, tim reviewer akan memproses aplikasi pinjaman pebisnis tersebut dan memberikan notifikasi terkait pinjaman
  1. Untuk pendana
  • Pendana memberikan pinjaman kepada pelaku UMKM dengan proses urun dana untuk peminjam
  • UMKM nantinya akan menerima pinjaman setelah proses urun dana untuk peminjam selesai.

Jenis Pinjaman Online Modalku

Pinjaman online Modalku memberikan beberapa jenis pinjaman yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pebisnis. Ada 2 produk yang ditawarkan Modalku, yakni Modal Kawan Mikro dan Invoice Financing.

Modal Kawan Mikro adalah produk pinjaman Modalku dana tunai bagi pebisnis baik secara online maupun offline, pinjaman ini dapat dicairkan melalui rekening dan tanpa agunan. Pebisnis dapat melakukan pengajuan pinjaman hingga Rp 250 juta dengan jangka waktu yang diberikan untuk pinjaman cukup lama, yakni 3 bulan sampai 12 bulan. Bunga yang dikenakan dalam pinjaman ini mulai dari 2% di setiap bulannya.

Berikut ketentuan untuk dapat melakukan pinjaman Modal Kawan Mikro:

  1. Pebisnis memiliki usaha online maupun offline yang menggunakan sistem kasir digital seperti Moka, Gobiz, Majoo, Spot, atau lainnya.
  2. Pebisnis menjalankan usahanya di wilayah Jawa*, Batam, Makassar, Medan, Palembang, dan Bali.

Untuk pebisnis yang berada di wilayah Jawa seperti Sleman, Indramayu, Jepara, Tulungagung, Cirebon, Sukabumi, Tasikmalaya, Banyumas, Gresik, Pasuruan, dan Klaten saat ini belum bisa untuk mengajukan pinjaman di Modalku.

  1. Pebisnis telah menjalankan usahanya lebih dari 6 bulan.
  2. Pebisnis meraih pendapatan minimal Rp 6 juta di tiap bulannya.
  3. Pebisnis bukan pelaku usaha yang berjualan dengan sistem reseller ataupun dropship.
  4. Melengkapi dokumen penting seperti Foto KTP, Foto Selfie, Mutasi rekening 3 bulan terakhir, dan Foto NPWP atau Laporan Penjualan di Marketplace atau di Sistem Kasir Digital.

Invoice Financing adalah jenis pinjaman Online Modalku yang dapat menjadi solusi arus kas usaha pebisnis. Invoice Financing dapat memberikan pinjaman yang sangat besar sampai dengan Rp 2 Miliar. Keuntungan pinjaman ini ialah memiliki proses peminjaman yang lebih singkat dibandingkan dengan sistem peminjaman platform lain. Pinjaman ini diklaim dapat memberikan pencairan pinjaman hingga 80% dari nilai invoice yang pebisnis ajukan. Tenor yang diberikan dalam pinjaman ini terbatas dari 15 sampai 90 hari saja.

Untuk bunga pinjaman Modalku, suku bunga untuk setiap pinjaman berbeda dengan yang lainnya tergantung jenis produk pinjaman dan hasil pengecekan oleh tim analisa Modalku.

Tak hanya membantu pelaku usaha dalam mendapatkan modal usaha mereka, Modalku juga membuka peluang bagi para pendana untuk melakukan investasi dengan cara yang baru. Adapun keuntungan yang didapatkan jika bergabung menjadi pendana di Modalku ialah:

  1. Mendapatkan tingkat bunga hingga 17% per tahun
  2. Tenor pendanaan yang singkat dari 1 hingga 24 bulan
  3. Dapat mendanai UMKM Indonesia mulai dari hanya Rp 100 ribu saja.
  4. Sudah berizin resmi dan diawasi oleh OJK

Untuk dapat memanfaatkan layanan Modalku ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, berikut persyaratannya:

  1. Untuk menjadi peminjam ataupun pendana, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada akun platform Modalku. Melalui formulir online isi data diri kamu.
  2. Setelah itu, kamu akan mendapatkan email yang berisi link untuk dapat mengaktifkan akun di Modalku
  3. Setelah akun aktif, kamu dapat memilih menjadi pendana atau peminjam dana, kamu juga dapat menjadi keduanya.
  4. Apabila ingin menjadi pendana, kamu harus melakukan deposit dan setidaknya menunggu 5 jam untuk dapat persetujuan dari pihak Modalku.
  5. Jika kamu dianggap layak menjadi pendana Modalku maka kamu akan mendapatkan formulir bagian pendanaan.
  6. Jika ingin menjadi peminjam, kamu dapat melakukannya dengan mengisi data diri, data perusahaan, dan jangka waktu pinjaman.
  7. Setelah itu, pihak Modalku akan melakukan analisa pada kelayakan pengajuan pinjaman kamu.
  8. Apabila pengajuan pinjaman kamu dianggap layak, sistem akan menampilkan pengajuan kamu pada daftar pilihan para investor pendana.
  9. Jika investor tertarik maka dana akan segera cair kurang lebih dalam waktu 4 hari.

Begitulah pembahasan mengenai pinjaman online cepat cair Modalku, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat khususnya pada pelaku bisnis yang sedang mencari pendanaan.