Mandiri Internet Bisnis: Tabungan, Cara Daftar, dan Biaya Transfer

Mandiri Internet Bisnis (MIB) adalah layanan perbankan elektronik atau e-banking untuk transaksi finansial dan nonfinansial. Berbeda dari Mandiri Internet Banking atau e-banking biasa

mandiri bisnis

KAWULA ID – Mandiri Internet Bisnis adalah layanan perbankan dari Bank Mandiri ditujukan untuk usaha kecil dan menengah. Tabungan Mandiri Bisnis memberikan fasilitas dan kemudahan kepada nasabahnya.

Adapun fasilitas yang diperoleh nasabah, yaitu nasabah dapat menggunakan dua jenis mata uang berbeda antara mata uang US dollar atau mata uang Rupiah.

Fasilitas yang diberikan oleh Mandiri Bisnis ini tentu saja memudahkan nasabah dalam bertransaksi. Apalagi jika usaha yang dijalankan telah bekerja sama dengan pihak luar atau usaha yang sedang berjalan saat ini bergerak di luar Indonesia.

Selain itu, layanan e-banking dan kartu debit Mandiri juga termasuk dalam fasilitas ini. Artinya banyak keuntungan yang akan diperoleh nasabah Tabungan Mandiri Bisnis.

Apa Itu Mandiri Internet Bisnis?

Mandiri Internet Bisnis (MIB) adalah layanan perbankan elektronik atau e-banking untuk transaksi finansial dan nonfinansial. Berbeda dari Mandiri Internet Banking atau e-banking biasa, MIB Mandiri ditujukan bagi nasabah bisnis segmen perorangan dan perusahaan, khususnya skala kecil dan menengah.

Fitur yang terdapat dalam layanan MIB Mandiri antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi, infomasi bisnis, dan aktivitas bisnis lainnya. Bukan hanya itu, produk perbankan ini juga memiliki banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan, terutama kemudahan untuk mengatur transaksi bisnismu. Selama ada internet, kamu dapat menggunakan layanan ini kapan pun, di mana pun. Tidak perlu lagi khawatir lambat menangani transaksi.

Selain itu, dengan menggunakan MIB Mandiri juga memiliki banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan dari Mandiri Internet Bisnis. Apa saja itu?

  • Mempermudah kamu mengatur transaksi keuangan perusahaan.
  • Dapat digunakan di mana saja dan kapan saja hanya dengan koneksi internet.
  • Hemat dan menguntungkan, di mana kamu tidak akan dikenakan biaya bulanan dan limit harian setiap fitur transaksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha.
  • Aman, karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan sistem keaman SSL. Untuk masuk ke dalam layanan mandiri internet bisnis, kamu akan diminta untuk mengisi Company ID, User ID, dan password. Untuk bertransaksi kamu juga akan diminta untuk menggunakan token.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan MIB Mandiri?

Banyak hal terkait pengelolaan transaksi bisnis yang dapat kamu lakukan dengan Mandiri Internet Banking. Kamu bisa melakukan transfer antar sesama rekening Bank Mandiri maupun bank lain, dari mana saja tanpa perlu datang ke kantor cabang. Transfer dapat disertai berita sehingga memudahkanmu untuk memberikan informasi tambahan pada transaksi.

Transfer lewat MIB dapat dilakukan dengan metode Sistem Kliring Nasional (SKN) atau metode Real Time Gross Settlement (RTGS). SKN biasanya memakan waktu proses transfer lebih lama dibandingkan RTGS dan tanpa biaya. Sementara RTGS lebih aman untuk transfer dana dalam jumlah besar karena prosesnya yang cepat. Biaya RTGS di MIB sendiri adalah Rp15.000.

Selain itu, kamu bisa pilih transfer online ke bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama atau Prima dengan sistem realtme online. Dana yang kamu transfer akan langsung sampai ke rekening tujuan, cukup dengan biaya Rp6.500. Bahkan, mau transfer ke rekening bank luar negeri pun bisa dengan biaya mulai USD5.

Kalau rintisan usahamu sudah mulai punya sejumlah karyawan, tidak perlu pusing atur gaji. Jenis tabungan ini punya layanan payroll untuk mengirimkan gaji para karyawan dan tidak dikenakan biaya untuk tujuan rekening Bank Mandiri. Sedangkan untuk tujuan rekening bank lain, kamu akan dikenai biaya Rp2.500.

Keuntungan Nasabah Tabungan Mandiri Bisnis

Salah satu jenis tabungan Bank Mandiri ini memiliki banyak keuntungan yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu yang memiliki bisnis. Apa saja itu? Selengkapnya baca di bawah ini.

1. Mengontrol Keuangan Lebih Mudah

Untuk menjalankan bisnis yang baik, kamu memerlukan pengontrolan keuangan yang baik juga. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka bisnis terancam tidak berkembang dengan baik dan justru bisa merugi. Dengan adanya fasilitas bisnis ini, kamu bisa memonitor transaksi keuangan dan mengontrol keuangan bisnis.

2. Transaksi Lebih Terperinci

Sebuah bisnis yang baik juga membutuhkan transaksi yang detail untuk mengetahui kemana saja uang perusahaan pergi. Dengan produk atau layanan ini, kamu akan mendapatkan mutasi rekening dengan rincian transaksi yang lebih terperinci dan jelas. Hal ini akan mempermudah kamu ketika terjadi permasalahan hilangnya dana untuk beragam transaksi yang tidak diketahui.

3. Keamanan Terjamin

Untuk masalah keamanan, tentu saja akan diberikan perlindungan terbaik agar bisa menjaga kepercayaan para nasabah. Apalagi jika menyangkut dana bisnis yang pastinya disimpan dalam jumlah yang besar.

4. Kemudahan Bertransaksi

Dengan layanan tabungan bisnis ini kamu sebagai pengusaha bisa melakukan berbagai transaksi dengan lebih mudah, mulai dari menampung biaya maupun mengeluarkan biaya untuk proses dalam bisnis itu sendiri.

5. Bonus dan Hadiah

Bukan hanya kemudahan dan keamanan, Tabungan ini juga selalu memberikan hadiah maupun bonus kepada nasabah terbaiknya. Biasanya sistem perhitungan poin akan diberlakukan ketika melakukan beragam transaksi dengan nominal tertentu.

Nah, selain keuntungan tersebut yang terpenting di sini adalah layanan MIB yang mempermudah kamu melakukan transaksi bisnis kapan dan di mana saja. Apa itu layanan MIB.

Cara Daftar dan Login MIB Mandiri

Cara daftarnya mudah dan tidak ribet. Kamu hanya perlu datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk melakukan pendaftaran tabungan bisnis kamu dengan MIB. Dokumen-dokumen yang perlu dibawa yakni KTP dan Buku Tabungan (nasabah perorangan) atau KTP, Buku Tabungan, dan Surat Kepemilikan Perusahaan (nasabah perusahaan).

Kamu juga akan diminta mengisi formulir registrasi aplikasi MIB. Setelahnya, bank akan memberikan starter pack yang berisi buku petunjuk penggunaan dan token yang dapat diambil setelah 14 hari kerja (tergantung lokasi). Sedangkan Company ID, User ID, dan kata sandi akan dikirimkan ke email nasabah.

Mantap kan kalau punya tabungan satu ini? Pengelolaan transaksi yang baik wajib dilakukan sejak memulai bisnis, tak perlu menunggu bisnismu besar.

Syarat Pendaftaran Mandiri Internet Bisnis

Untuk mendapatkan layanan ini, ada beberapa syarat yang harus kamu lengkapi sebagai nasabah atau calon pengguna layanan MIB. Apa saja persyaratannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Telah memiliki rekening Mandiri Giro ;
  • Mengisi dan menandatangani formulir Aplikasi MIB pada Cabang pengelola rekening dan menyerahkan fotokopi bukti kepemilikan rekening Mandiri Giro dan menunjukkan aslinya
  • Jika dalam layanan ini akan diikutsertakan rekening pihak lain, maka kamu juga wajib menyerahkan surat kuasa asli dari pemilik rekening. Sedangkan, jika rekening atas nama pihak lain yang digunakan untuk keperluan transaksi akan dibatalkan penggunaannya, maka kamu atau pemilik rekening wajib untuk memberitahukan ke Bank disertai dengan asli pencabutan dari pemilik rekening.
  • Membaca, memahami, menandatangani Syarat dan Ketentuan MIB.

Fitur dan Layanan Bank Mandiri Internet Bisnis

Sebagaimana e-banking pada umumnya, Mandiri Internet Bisnis diketahui menawarkan layanan transaksi keuangan yang lengkap dan dapat dilakukan di mana dan kapan pun. Layanan yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Transfer antarrekening Mandiri.
  • Transfer ke rekening bank lain.
  • Transfer internasional.
  • Sebagai rekening pembayaran gaji karyawan (payroll).
  • Pembayaran tagihan.
  • Pembelian segala kebutuhan berdasarkan kebutuhan perusahaan.
  • Pembukaan rekening baru dan masih banyak lagi.

Penting diketahui, untuk menjalankan fitur ini, beberapa ada yang dikenakan biaya administrasi, misalnya transfer ke rekening lain dan transfer internasional.

Cara Transfer Mandiri Internet Bisnis

Sebagai informasi, layanan ini dapat dipakai untuk transfer uang antar-rekening Mandiri atau rekening bank lainnya. Tata cara transfer uangnya adalah sebagai berikut:

  • Buka https://mib.bankmandiri.co.id/sme.
  • Masukkan company ID, user ID, dan password.
  • Kemudian pilih menu “Transfer”, dan “Transfer Antar Rekening Mandiri”.
  • Pilih “Tidak” pada Lintas Mata Uang.
  • Masukkan nomor rekening tujuan transfer.
  • Pilih waktu pelaksanaannya “Sekarang”.
  • Kirim notifikasi pilih “Ya”.
  • Kemudian, konfirmasi jika data yang dimasukkan telah sesuai dengan memilih tombol “Setuju”.

Jika langkah di atas sudah dilakukan, Anda tinggal menuju ke tahap persetujuan atau “approval” dengan menggunakan token. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Pada aplikasi Mandiri Internet Bisnis, pilih “daftar tugas”.
  • Setelah itu “Pilih Transaksi” yang akan disetujui.
  • Nyalakan token.
  • Pilih “Apply 1”.
  • Masukkan “Nomor Challenge” yang muncul di aplikasi Mandiri Internet Bisnis.
  • Salin nomor respon yang ada di token.
  • Klik “Setuju”.

Biaya Transfer Bank Mandiri

Adapun pengguna layanan perbankan dari Bank Mandiri ini terbagi menjadi dua, yakni Limit Single User dan Limit Non Single User. Nantinya, masing-masing limit punya nilai maksimum dan minimum yang berbeda, tetapi biaya layanannya tetap sama.

Inilah jenis transaksi, limit, dan biayanya:

1. Transfer antar rekening Mandiri

  • Limit Single User
  • Maksimum: Rp1 miliar
  • Minimum: Rp1
  • Limit Non Single User
  • Maksimum: Rp1 miliar
  • Minimum: Rp1
  • Biaya: Gratis

2. Transfer Online

  • Limit Single User
  • Maksimum: Rp50 juta/hari
  • Minimum: Rp1.000
  • Limit Non Single User
  • Maksimum:Rp20 miliar/hari
  • Minimum: Rp1.000
  • Biaya: Rp6.500/transaksi

3. Transfer SKN/LLG

  • Limit Single User
  • Maksimum: Rp1 miliar/hari
  • Minimum: Rp1.000
  • Limit Non Single User
  • Maksimum: Rp1 miliar/hari
  • Minimum: Rp1.000
  • Biaya: Rp2.900/transaksi

4. Transfer RTGS

  • Limit Single User
  • Maksimum: Ditutup
  • Minimum: Ditutup
  • Limit Non Single User
  • Maksimum: Rp20 miliar/hari
  • Minimum: Rp100.000.001
  • Biaya: Rp15.000/transaksi

5. Internasional transfer

  • Limit Single User
  • Maksimum: Setara Rp10 juta
  • Minimum: 1 Dolar
  • Limit Non Single User
  • Maksimum: Setara Rp20 miliar/hari
  • Minimum: 1 Dolar
  • Biaya: USD30.00

6. Payroll

  • Limit Single User
  • Maksimum: Mengikuti jenis transaksi
  • Minimum: Mengikuti jenis transaksi
  • Limit Non Single User
  • Maksimum: Mengikuti jenis transaksi
  • Minimum: Mengikuti jenis transaksi
  • Biaya: Gratis

Di samping deretan biaya di atas, Bank Mandiri pun mengenakan biaya pembuatan token bagi pengguna layanan internet bisnis. Untuk pembuatan token baru bakal dikenakan biaya Rp50 ribu, sedangkan penggantian token karena hilang/rusak akan dikenakan Rp100 ribu. Kalau penggantian token lantaran baterainya habis, nasabah tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Demikianlah penjelasan mengenai Bank Mandiri Internet Bisnis yang penting Anda pahami. Informasi lebih lanjut mengenai produk perbankan ini juga bisa Anda peroleh dengan menghubungi Mandiri Call Center di nomor 14000.