5 Kerja Sampingan Malam Hari untuk Tambah Penghasilan

  • 3 min read
  • Jun 19, 2020
Kerja Sampingan Malam Hari

5 Kerja Sampingan Malam Hari – Kerja sampingan merupakan sebuah upaya seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan bulanan.

Biasanya, kerja sampingan ini tidak hanya dilakukan oleh freelancer saja. Karyawan kantoran yang memiliki segudang skill pun terjun untuk mencari uang melalui kerja sampingan.

Wajar saja kalau seorang karyawan melakukan side job. Sebab, kebutuhan seseorang berbeda-beda, dan terkadang kebutuhan seringkali lebih besar daripada pemasukan.

Bagi kamu yang ingin melakukan kerja sampingan, tetapi terbentur oleh waktu dan pekerjaan utama, kamu bisa kok melakukan kerja sampingan pada malam hari.

Namun, yang perlu diingat jika kamu melakukan pekerjaan ini, kamu harus pandai-pandai membagi waktu. Karena tak ada gunanya jika uang yang kamu hasilkan dari pekerjaan sampingan akan membawa kamu ke rumah sakit.

Jadi, kerja sampingan malam hari yang bisa dilakukan itu, apa saja? Yuk simak.

Admin Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu kerja sampingan malam hari yang bisa kamu lakukan. Apa lagi perkembangan media sosial begitu pesat.

Bahkan ada orang yang jadi tajir melintir dari media sosial. Misalnya selebgram atau online shop.

Tak sedikit pihak (akun) yang membuka lowongan freelance admin media sosial mengingat betapa tingginnya permintaan klien.

Kerja kamu sebagai admin media sosial, yaitu membuat content plan lalu diberikan ke klien. Nah, jika disetujui kamu tinggal posting sesuai waktu yang ditentukan.

Berapa uang yang didapat jadi freelance admin media sosial? Lumayan. Paling tidak kamu bisa mengantongi jutaan rupiah tiap bulannya dengan menangani satu klien. Bayangkan saja kalau kamu menangani lima klien.

Penulis Lepas dan Editor

Dewasa ini banyak perusahaan bahkan individu yang mencari penulis lepas dan editor. Terlebih zaman telah beralih ke era digital. Segala sesuatunya mudah di dapat lewat internet.

Jika kamu adalah orang yang menguasai bidang kepenulisan (tulis-menulis), manfaatkan lah peluang ini untuk meraup pundi-pundi uang. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan pada malam hari.

Kerja sampingan sebagai penulis lepas dan editor bayarannya lumayan lho. Jika ada yang memesan artikel denganmu, paling tidak harga satu artikel itu berkisar Rp100.000 – Rp150.000.

Bayangkan kalau kamu mampu memproduksi 30 artikel bahkan lebih setiap bulannya?

Desain Grafis

Jika kamu punya keahlian mendesain, kamu bisa lakukan kerja sampingan ini pada malam hari. Banyak orang yang membutuhkan jasa freelance desain grafis.

Terkait bayaran, tergantung tingkat kerumitan gambar. Semakin tinggi tingkat kerumitan gambar saat mendesain, makan semakin tinggi pula bayaran yang akan kamu dapatkan.

Umumnya, jasa desain grafis ini berkisar di angka Rp500.000 hingga jutaan. Sekali lagi, semua tergantung dari tingkat kerumitan.

Video Editor

Kanal YouTube menjadi sumber mata uang bagi penggunanya. Maka, jangan heran pula, saat ini jasa sebagai editor video banyak dicari. Bukan hanya itu saja, perusahaan industri kreatif pun sering menggunakan jasa frerlance editor video.

Kerjanya pun sangat meringankan kamu terutama dalam mendapatkan file mentahnya. Kamu tinggal duduk manis menunggu kiriman video melalui email.

Peralatan yang kamu perlukan laptop yang sudah diinstall software editing video seperti adobe premiere dan sejenisnya. Uang yang didapatkan cukup lumayan, yakni sekitar Rp3-5 juta per bulan.

Paling penting adalah jika kamu seorang pekerja, kamu bisa lakukan kerja sampingan editor video ini selepas kamu pulang bekerja.

Les Privat

Kerja sampingan malam hari lainnya yang bisa dilakukan adalah membuka les privat. Selain waktunya tergolong fleksibel, jenis pekerjaan ini bisa dibilang menjanjikan buat kamu yang ingin menambah penghasilan.

Selain itu, kamu bisa mengatur jadwal les privat ini. Misalnya, kamu mengajar les privat mulai dari pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Perlu diingat, kerja sampingan les privat ini berkaitan erat dengan mata pelajaran yang kamu kuasai. Di samping itu, kamu perlu mengeluarkan biaya transportasi ke tempat kamu mengajar les privat.

Berapa uang uang yang didapat untuk les privat? Begini, jika kamu punya lima murid (1 murid 4 kali pertemuan) kamu dibayar Rp500 ribu, maka kamu akan mengantongi Rp2,5 juat per bulannya.

Pentingnya Kerja Sampingan

Kerja sampingan menjadi penting bagi orang yang ingin menambah penghasilan bulanan. Oleh karena itu, tak sedikit orang mencari kerja sampingan  yang cocok untuk dilakoni. Tujuan kerja sampingan ini relatif. Setidaknya, selain menambah penghasilan, ada orang yang menjalani kerja sampingan ini sebagai hobi lalu dapat uang.

Bagi pekerja yang memiliki segudang keahlian dan melakoni kerja sampingan, boleh jadi ingin menabung lebih banyak lagi dan ingin punya investasi. Semua bergantung individu itu sendiri, hasil uang kerja sampingan mau digunakan buat apa.

Ya, ketimbang waktu habis buat kongkow-kongkow gak jelas dan habiskan uang saja, gak ada salahnya untuk mencari kerja sampingan, bukan? Akan tetapi, kamu tetap harus membagi waktu dan istirahat yang cukup.

Itu tadi 5 macam kerja sampingan malam hari untuk tambah penghasilan bulanan.