Cara Membuat Kartu Kredit secara Online

  • Whatsapp
kartu kredit online

Kartu kredit adalah suatu metode pembayaran berupa kartu yang berguna untuk mempermudah transaksi dan meringankan kondisi keuangan.

Adapun kegunaan kartu kredit dengan kartu debit tidak jauh berbeda. Perbedaan yang signifikan terletak pada sumber dana dari kartu tersebut. Sumber dana credit card diperoleh dari limit kartu yang diberikan oleh pihak bank dan terhitung sebagai dana terutang.

Selain itu, ada bunga yang akan dikenakan kepada pemegang kartu saat melakukan transaksi maupun gesek tunai (gestun). Umumnya, untuk pembelian barang akan dikenakan bunga sebesar 1,5% per bulannya, sedangkan untuk penarikan tunai beban bunga yang sebesar 4%-5% per bulannya.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Saat ini calon nasabah bisa mengajukan pembuatan kartu secara online dengan mempersiapkan data-data yang diperlukan atau diminta oleh pihak bank. Berikut syaratsyarat yang dibutuhkan untuk pengajuan agar bisa melalui proses approval dengan cepat, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia berusia 21 Tahun dan memiliki KTP.
  • Identitas diri, seperti NPWP, bukti identitas, bukti penghasilan dan sebagainya.
  • Kontak yang bisa dihubungi.

Cara Mengajukan Kartu Kredit Online

Ketika sudah menyiapkan data apa saja yang diperlukan oleh pihak bank, tentukan pilihan yang diinginkan untuk melakukan proses pengajuan. panduannya.

1. Melalui E-Commerce

Selain langsung melalui bank, calon nasabah bisa mengajukannya melalui akun e-commerce, seperti yang tersedia di Tokopedia. Di e-commerce ini kamua bisa mengajukan berbagai macam credit card dengan pilihan bank yang tertera didalamnya.

  • Silakan kalian pilih bank manapun sesuai dengan yang kalian inginkan.
  • Sebelum kalian mengupload berbagai dokumen pendukung yang dibutuhkan oleh pihak tokopedia, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengisi form pengajuan sesuai yang tertera pada aplikasi.
  • Setelah itu kalian upload semua dokumen yang dibutuhkan oleh pihak Tokopedia, seperti KTP, NPWP, Slip gaji, dan dokumen lain yang tertera pada aplikasi.
  • Setelah semua dokumen terisi dan terunggah pada situs, langkah selanjutnya adalah proses verifikasi. Proses verifikasi ini memakan waktu 2×24 jam biasanya dan akan muncul notif di akun tokopedia kamu, jika semua data yang masuk sudah dikonfirmasi oleh pihak bank.

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, kamu tidak perlu repot-repot lagi membawa dokumen penting untuk mengajukannya langsung ke bank.

2. Melalui Situs Bank

Proses pengajuan tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi bisa melalui situs resmi bank penerbit. Tentu saja dengan bermodalkan rebahan kalian sudah bisa mengajukan tanpa harus repot mengantri. Pengajuan melalui website ini pun prosesnya sangat mudah. Proses verifikasinya juga hanya menunggu approval dari pihak bank penerbit yang dipilih.

Misalnya saja, kamu ingin mengajukan kartu kredit online BCA, hal yang perlu dilakukan, yaitu tinggal membuka situs https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/Kartu-Kredit dan mengikuti petunjuk yang ada di sana.

3. Melalui Perusahaan Fintech (Finance Technology)

Sekarang ini perusahaan fintech juga bisa mengajukan permintaan pembuatan kartu multiguna ini. Perusahaan fintech akan mencarikan produk dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan. Cara untuk mengajukannya juga lebih simpel dan mudah, untuk proses approval kamu hanya harus menunggu pihak bank yang kalian pilih tadi menghubungi kalian untuk mengkonfirmasi data Anda.

Cara untuk melakukan pengajuan di perusahaan fintech, antara lain:

  • Membuka situs fintech yang ingin kalian tuju
  • Mengisi data diri beserta alamat tempat tinggal kalian.
  • Mengupload berkas yang diminta oleh perusahaan tersebut untuk diteruskan pada pihak bank penerbit.
  • Proses verifikasi data dan juga approval akan langsung diproses melalui sistem,
  • Untuk proses approval pihak fintech akan menghubungi dan mengonfirmasi data yang sudah diajukan.

Fitur yang Akan Didapat Nasabah

Tidak hanya memberikan layanan cicilan dan juga pinjaman, tetapi pengguna akan mendapatkan kemudahan dalam berbagai aspek yang disediakan oleh bank penerbit. Fitur-fitur yang akan didapat oleh pengguna adalah sebagai berikut:

1. Pinjaman Lebih Besar

Bagi kalian yang sudah menjadi salah satu pengguna cc kemudahan juga keuntungan yang didapatkan, yaitu pinjaman yang lebih besar. Pinjaman lebih besar ini berarti kalian bisa mengajukan pinjam dengan jumlah besar, bahkan jika nominal yang dibutuhkan pengguna lebih besar daripada dana yang sudah disediakan diawal oleh pihak bank.

Dengan adanya credit card akan memungkinkan penggunanya untuk meminjam dana pada pihak bank penerbit kapanpun dibutuhkan, tanpa adanya syarat tambahan dan juga tanpa melalui proses persetujuan. Walaupun kalian bisa mengajukan pinjaman yang lebih besar dibandingkan limit yang kalian miliki, kalian juga harus bijak dalam pemakaian kartu kredit. Karena jika kalian kurang bijak dalam hal menggunakan CC yang akan terjadi nanti adalah lebih banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan yang kalian terima.

2. Mempermudah Pembayaran, Bunga Cicilan 0%, dan Promosi

Dengan adanya CC akan mempermudah jalannya pembayaran di berbagai merchant juga e-commerce. Biaya cicilan mulai dari 0% membuat suatu kelebihan yand dimiliki, dibandingkan harus menarik tunai yang dikenakan biaya 4-5 persen ditiap transaksi. Dengan minimum transaksi sebesar Rp 50 ribu berikut dengan biayanya akan terlihat pada bill statement tiap bulannya. Cicilan yang bisa didapatkan juga variatif, dengan minimum 3 bulan dan maksimal 24 bulan dan biasanya pada tahun pertama si pengguna tidak akan terkena biaya tahunan.

Nasabah bisa memanfaatkan credit card apabila ada cashback dan juga diskon untuk setiap transaksi yang menggunakan kartu sakti tersebut di merchant tertentu. Adanya promo ini membuat pengguna atau si pemilik menghemat transaksi disetiap toko-toko favorit yang sudah bekerja sama dengan pihak bank.

3. Reward

Tidak hanya mendapatkan promo menarik saja, tapi juga kalian akan mendapatkan reward yang disediakan oleh bank penerbit sesuai dengan seringnya Anda memakai cc untuk berbelanja di toko-toko maupun e-commerce.

Reward yang disediakan juga sangat beragam, yaitu berupa voucher menarik, hadiah eksklusif berupa rumah atau mobil, dan hadiah uang tunai. Reward ini akan diberikan ketika Anda sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja.

Pos terkait