Kalah dari Vietnam, Ini Tiga Cara Indonesia untuk Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Para pemain Timnas Indonesia U-22. (Foto: PSSI)
Loading...

Pada laga ketiga fase grup cabang olahraga sepakbola grup B SEA Games 2019, Indonesia harus menderita kekalahan saat menghadapi Vietnam. Hasil itu membuat Indonesia setidaknya memiliki tiga cara untuk lolos dari grup neraka tersebut. Pasalnya, saat ini Indonesia duduk di posisi ketiga klasemen sementara karena mengantongi poin yang sama dengan Thailand, tetapi kalah selisih gol.

Oleh karena itu, Indonesia harus memenangkan dua laga tersisa untuk dapat mendapat poin maksimal, yakni 12 poin. Adapun dua laga yang tersisa adalah menghadapi Brunei Darussalam dan Laos. Di atas kertas, dua laga itu bisa diamankan oleh skuat Indra Sjafri. Akan tetapi, persoalan yang menanti Indonesia bukan hanya sekadar memastikan kemenangan sebab babak grup SEA Games mengutamakan selisih gol sebagai syarat lolos jika ada dua tim yang memiliki nilai sama.

Maka dari itu, Indonesia pun bukan hanya sekadar wajib menang, melainkan juga menang dengan skor telak. Kini, Indonesia masih memiliki selisih gol +3, kalah jauh dari Thailand yang mengoleksi +8.

Inilah setidaknya 3 cara agar Indonesia lolos ke babak berikutnya:

1. Sebagai Runner up Grup

Thailand juga memiliki dua laga tersisa, yakni menghadapi Laos dan Vietnam. Adapun laga melawan Laos bisa kembali dimanfaatkan oleh Thailand sebagai laga lumbung gol. Lalu, Thailand akan melakoni laga hidup-mati melawan Vietnam. Situasi akan lebih mudah bagi Indonesia jika Vietnam menaklukkan Thailand.

Pasalnya, jika hal itu terjadi, Indonesia cukup memenangkan dua laga tersisa tanpa syarat lain, seperti harus pesta gol ke gawang lawan. Nantinya, Indonesia akan lolos sebagai runner up grup di bawah Vietnam. Di sisi lain, Vietnam sendiri menghadapi dua laga sulit di akhir. Pasalnya, selain Thailand, Singapura dapat jadi batu sandungan bagi Vietnam. Itu karena punya permainan mumpuni meski di atas kertas masih ada satu kelas di bawah Vietnam.

2. Sebagai Juara Grup

Peluang untuk menjadi juara grup masih dimiliki Indonesia apabila kondisi di akhir grup memunculkan tiga tim dengan nilai sama. Jika Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama memiliki nilai 12 maka selisih gol akan berbicara. Indonesia pun dapat menjadi juara grup dengan situasi itu. Namun, tentunya dengan syarat punya selisih gol yang lebih baik dari Vietnam dan Thailand.

Akan tetapi, hal itu akan lebih berisiko dari segi hitung-hitungan gol sebab saat ini Indonesia dalam kondisi tertinggal cukup jauh dalam hal selisih gol dibandingkan dua negara tersebut.

3. Situasi Kejutan

Meski Vietnam kini jadi tim terkuat di grup B, mereka bisa saja kalah dari Singapura di partai keempat dan hal itu bakal memperbesar peluang Indonesia untuk lolos. Syaratnya, Indonesia tentu saja harus menang melawan Brunei Darussalam pada saat yang sama. Jika Indonesia dan Thailand (lawan Laos) menang di saat Vietnam kalah dari Singapura, Indonesia punya posisi paling bagus jelang laga terakhir kendati Vietnam dan Thailand juga mengoleksi poin yang sama (9).

Diketahui, Indonesia akan berhadapan dengan Laos di laga terakhir, sementara Vietnam dan Thailand akan saling jegal pada saat yang sama.(but)



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar