Peran Digital Marketing Agency dalam Bisnis

  • Whatsapp
digital marketing agency

Digital Marketing Agency adalah jenis usaha yang bergerak di bidang jasa untuk membidani kegiatan pemasaran digital. Adapun tugas agen pemasaran digital secara umum, yaitu meliputi SEO (Search Engine Optimization), Search Engine Marketing (SEM), Display Advertising, Social Media Marketing, Content Marketing, Branding, hingga Social Media Management.

Keberadaan Digital Marketing Agency di Indonesia telah mengubah aktivitas pemasaran konvesional, sekaligus mendorong pebisnis konvensional untuk lebih “melek” digital. Sadar atau tidak, hari ini leads potensial berdatangan dari pengguna smartphone. Dengan kata lain, orang-orang mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan hanya dari gawai yang terkoneksi dengan internet.

Digital marketing menjadi penting hari ini, terutama bagi pelaku bisnis atau perusahaan yang ingin memaksimalkan pendapatan melalui pemasaran digital. Oleh karena itu, tak jarang perusahaan merekrut pekerja yang paham bagaimana memasarkan produk secara online. Namun, ada pula tipikal perusahaan yang melibatkan peran digital marketing agency sebagai juru taktik pemasaran.

Nah, bagi suatu perusahaan, keahlian seorang digital marketing diasumsikan telah menguasai soft skill marketing, mulai dari merancang, mengolah, hingga pada tahap pengelolaan. Jangan heran, kalau saat ini banyak lowongan pekerjaan memerlukan content writer (penulis konten), copywriter, SEO specialist, media social specialist, hingga marketing analyst.

Perlukah Digital Marketing Agency untuk Bisnis?

Ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan acuan untuk menggunakan jasa digital marketing agency, di antaranya:

  • Belum memiliki pekerja yang bisa mengelola website dengan baik
  • Belum memiliki penulis kompeten untuk menyajikan konten dalam bentuk tulisan
  • Belum memiliki orang yang familiar sekaligus memahami cara kerja mesin pencari
  • Belum memiliki orang yang memahami bagaimana mengelola Google Ads, Facebook Ads, dan periklanan media sosial lainnya.
  • Belum memiliki orang yang mampu merancang strategi pemasaran digital

Kondisi di atas umumnya terjadi pada kalangan pebisnis yang belum memahami konsep dasar pemasaran digital, sehingga risiko terdekat yang bisa terjadi pada pelaku bisnis adalah kerugian.

Rugi dalam berbisnis bisa menghantui siapa pun, baik itu bisnis konvensional maupun digital. Akan tetapi, kita (saya dan pembaca) mesti berlaku fair dalam membaca “kerugian” yang dialami oleh pelaku bisnis. Ringkasnya, tentu ada faktor tertentu yang membuat pelaku bisnis merugi, seperti kesalahan dalam cara mengatur keuangan, citra kerja yang buruk sehingga klien berpaling, dan hal-hal kecil yang seringkali dianggap remeh, tetapi menimbulkan dampak buruk di kemudian hari.

Terlepas dari untung rugi dalam berbisnis, sudah selaiknya pelaku bisnis mengetahui cara melakukan pemasaran digital dengan tepat guna menjangkau konsumen yang tepat sasaran.

Apa Saja Peran Digital Marketing Agency untuk Bisnis?

Konsep dasar Digital Marketing Agency adalah mengupayakan bisnis klien berjalan sesuai dengan yang diproyeksikan. Mudahnya begini, setiap digital marketing punya strategi tersendiri dalam menjangkau konsumen daring lewat pemasaran digital.

Secara umum, berikut tugas pokok dan fungsi digital marketing agency.

  • Membantu merancang, merencanakan, dan mengelola konsep media dan marketing digital yang dibutuhkan oleh klien (pelaku bisnis) termasuk dalam memberikan saran yang paling efektif dan efisien.
  • Membantu mengelola media digital seperti membuatkan website, landing page, termasuk membuatkan seklaigus mengelola Instagram bisnis, publikasi konten di website, update konten secara berkala, maintenance, dan sebagainya.
  • Membantu mengelola marketing digital, khususnya pengelolaan anggaran iklan pada website atau landing page menggunakan Google Ads, Facebook Ads dan Instagram, hingga memakai Influencer untuk mempromosikan produk.
  • Membantu marketing sesuai goal perusahaan. Tiap-tiap perusahaan punya progress berbeda dalam mencapai goal. Singkatnya, kegiatan marketing mempunyai goal tertentu yang harus direncanakan dengan baik.
  • Mengelola website dengan optimasi SEO, menargetkan beberapa kata kunci yang menjadi tujuan perushaan agar banyak muncul di pencarian Google. Perlu dicatat, SEO bukan sekadar meningkatkan penjulan dari Google semata. Ada hal yang lebih dari itu, misalnya menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, dan masih banyak hal-hal yang dapat diambil baiknya dari optimasi SEO ini.

Jasa Kelola Website Lewat Peran Digital Marketing Agency

Jasa kelola website murah profesional adalah salah satu bidang usaha yang berkaitan erat dengan pemasaran digital. Jika kamu sedang memerlukan atau mencari digital marketing agency, maka kamu tengah berada di tempat yang tepat.

Ada beberapa layanan Kawula yang berkaitan erat dengan pengelolaan website, seperti jasa press release, backlink media nasional, dan sebagainya yang diperlukan untuk pemasaran digital.

Pentingnya Kelola Website

Website merupakan citra digital yang digunakan sebagai media pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan waktu & biaya yang lebih efektif.

Sukses tidaknya pemasaran digital sangat bergantung pada strategi yang dijalankan, termasuk di dalamnya pengelolaan website. Semakin berkualitas pengelolaan websitenya, semakin besar peluangnya.

Setidaknya ada 4 poin penting dalam pengelolaan website.

  • Perencanaan. Poin yang terpenting dalam kelola website ialah perencanaan. Diperlukan rencana jangka pendek dan panjang agar tujuan pengelolaan lebih jelas dan sesuai goal yang ditergetkan.
  • Konten. Konten adalah amunisi utama dalam suatu website. Bahkan 80% kesuksesan suatu website tergantung pada konten di dalamnya. Semakin berkualitas dan teroptimasi kontennya, semakin tinggi pula ranking websitenya.
  • Optimasi. Selain pembuatan konten yang berkualitas, kegiatan optimasi juga penting untuk dilakukan. Dengan optimasi website mampu menempati peringkat terbaik di mesin pencarian sesuai kata kunci yang ditargetkan.
  • Perbaikan. Website tidak selalu aman dan terhindar dari BUG. Pasti ada hal-hal teknis yang butuh perbaikan agar performa website tetap optimal.

Mengingat website adalah citra digital, tentu dibutuhkan tenaga ahli yang dikhususkan untuk mengelolanya. Mulai dari menyusun perencanaan jangka pendek dan panjang, pembuatan konten, perbaikan bug, hingga kegiatan optimasi agar tetap menguasai kata kunci yang ditergetkan.

Kenapa harus Kawula untuk Jasa Kelola Website?

Jawabannya sederhana, Kawula memiliki tim yang ahli dan berpengalaman di bidang optimasi website.

Untuk menjaga kualitas layanan, Kawula menerapkan standarisasi kelola website sebagai berikut :

  • Perencanaan. Sebelum mulai mengelola website, kami akan buatkan perencanaan sesuai kontrak yang telah disepakati.
  • Konten SEO . Untuk menjaga dan meningkatkan ranking website di SERP, kami akan buatkan artikel SEO setiap bulannya sesuai topik dan kesepakatan kontrak.
  • Full Optimasi SEO. Kami berupaya menerapkan standarisasi kelola website sesuai kebijakan Google. Mulai dari mengatur Onpage SEO hingga Offpage SEO.
  • Perbaikan BUG. Bilamana ada bug yang ditemukan, kami akan segera memperbaikinya dan menjaga performa website agar tetap stabil.
  • Report. Hal penting yang harus kami lakukan adalah memberikan report pengerjaan sesuai kesepakatan kontrak untuk menilai kinerja tim Kawula.

Untuk lebih menjamin kualitas konten, Kawula memiliki tim khusus yang terdiri dari customer service, penulis artikel SEO dan spesialis SEO. Jadi setiap website yang kami kelola benar-benar dijaga, dikelola dan dioptimasi dengan baik.

Harga Jasa Kelola Website 

Untuk persoalan harga kelola website itu sejatinya relatif, bergantung bagaimana sudut pandang kamu dalam memberi “penilaian” dalam suatu hal tertentu. Namun, kamu tidak perlu khawatir atau takut kemahalan kalau menggunakan jasa kelola website Kawula, karena uang yang kamu keluarkan sebanding dengan apa yang didapatkan.

Paket A
Rp2.000.000,- / bulan
Kontrak Min. 2 bulan
Perencanaan Standar
Perbaikan BUG
Riset Kata Kunci Artikel
Gratis Gambar & Banner
Optimasi Artikel SEO
Audit Website Minor
40 Artikel SEO
Optimasi Onpage
Optimasi Offpage
Paket B
Rp2.500.000,- / bulan 
Kontrak Min. 2 bulan
Perencanaan Lengkap
Perbaikan BUG
Riset Kata Kunci Artikel
Gratis Gambar & Banner
Optimasi Artikel SEO
Audit Website Standar
60 Artikel SEO
Optimasi Onpage
Optimasi Offpage
Paket C
Rp3.000.000,- / bulan
Kontrak Min. 2 bulan
Perencanaan Khusus
Perbaikan BUG
Riset Kata Kunci Artikel
Gratis Gambar & Banner
Optimasi Artikel SEO
Audit Website Lengkap
100 Artikel SEO
Optimasi Onpage
Optimasi Offpage

Disclaimer

  • Seluruh pembayaran dilakukan di awal, dan tidak menerima DP
  • Seluruh pemberian akses website berdasarkan surat serah terima data website
  • Pengelolaan website berdasarkan persetujuan pada perencanaan yang telah disepakati bersama
  • Report / Laporan pengerjaan akan dikirimkan di akhir masa kontrak setiap bulannya
  • Kami hanya menerima 10 website setiap bulannya

FAQ / Tanya Jawab

Apakah Kelola Website ini aman?

Tentu saja. Kami garansi data website kamu aman dan terjaga. Kami akan menjaga data setiap pelanggan sekaligus data website yang telah dipercayakan pada layanan jasa kelola website Kawula

Apakah Bisa Kontraknya 1 Bulan saja?

Maaf, kontrak jasa kelola website di kawula minimal 2 bulan. Hal ini semata-mata agar hasil yang didapatkan lebih optimal.

Apa saja report / laporan yang diberikan?

Dari layanan jasa kelola website kami, Anda akan menerima report berupa:

1. Jumlah pembuatan konten
2. Pembuatan desain & banner
3. Hasil Google Analytic
4. Pra & Pasca Audit Website
5. Perbaikan BUG (bila ada)
6. Optimasi Onpage via Ahrefs
7. Optimasi Offpage via Ahrefs

Berapa jumlah kata pada setiap artikel kelola website?

Beragam.

1. 350 kata
2. 500 kata
3. 700 kata
4. 1000 kata

Semua menyesuaikan kebutuhan website

Apakah menerima semua jenis website

Ya. Terutama yang berbasis CMS WordPress. Dan tidak menerima kelola website berita online

Apakah ada garansi masuk page one google?

Tidak ada. Layanan jasa kelola website kami tidak memberikan garansi masuk ke laman 1 Google.

Adapun bila setelah menggunakan jasa kelola website ini, dan situs Anda masuk ke laman 1 Google, itu semata-mata karena situs Anda sudah cakap dan layak.

Paket Apa yang cocok untuk Blog Baru?

Bila blog Anda baru dan ingin menggunakan jasa kelola website di sini, kami menyarankan Anda mengambil paket C.

Dengan mengambil paket C bukan hanya struktur konten saja yang tersusun rapi, tapi optimasi Onpage situs Anda juga akan lebih optimal.

Apakah Bisa Kontrak 1 tahun?

Sangat bisa. Jangankan 1 tahun, 5 tahun langsung juga bisa.

Kami akan mengelola website Anda layaknya mengelola website kami sendiri. Semua kebutuhan website Anda akan kami kerjakan, baik penulisan konten, optimasi Onpage & Offpage, dan tentunya kami juga mengirimkan report di setiap akhir bulan.