Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

  • Whatsapp
cara menaikkan limit kartu kredit

Adanya batasan limit penggunaan credit card membuat pengguna mencari tahu cara menaikkan limit kartu kredit dan syarat yang diperlukan.

Setiap orang memilki alasan tersendiri untuk menaikkan limit kartu kredit mereka. Umumnya, setiap bank memberi batasan limit transaksi, mulai dari Rp3 juta per bulan hingga mencapai ratusan juta.

Kartu kredit memang bisa diandalkan dalam keadaan kepepet. Alat bayar yang dikeluarkan bank ini sejatinya dapat memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Kendati begitu, sebaiknya tetap bijak dalam menggunakan kartu kredit agar tidak terjadi gagal bayar saat jatuh tempo dan kebablasan saat menggunakannya.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Setiap bank punya kebijakan berbeda jika nasabah mereka ingin menaikkan credit card. Akan tetapi, biasanya ada dua cara menaikkan limit kartu kredit yang bisa dilakukan, yaitu dengan menghubungi call center (layanan telepon) dan mengajukannya melalui aplikasi.

Untuk lebih jelasnya, Kawulanesia bisa mengetahui apa saja syarat menaikkan kartu kredit yang diperlukan. Oleh karena itu, luangkan waktunya untuk terus membaca artikel ini hingga tuntas, ya.

Syarat Menaikkan Credit Card

Adapun syarat yang perlu dipersiapkan untuk menaikkan limit atau jumlah credit card, ketahui syarat-syaratnya di bawah ini.

  • Kartu Tanda Penduduk,
  • Nomor Pokok Wajib Pajak,
  • Rekening koran,
  • Slip gaji terbaru,
  • SIUP (bagi kamu yang bukan karyawan,
  • Surat pernyataan pengajuan kenaikan limit kartu kredit.

Setelah semua persyaratan tersedia, berikutnya kamu bisa memilih cara menaikkan limit kartu kredit, baik itu melalui layanan telepon atau dilakukan secara online melalui aplikasi yang tersedia.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Melalui Layanan Telepon

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi sambungan layanan konsumen bank penerbit kartu kredit.

Untuk Bank BCA, Kawulanesia bisa menghubungi call center BCA, sedangkan nasabah Bank Mandiri bisa menghubungi layanan Mandiri Call Center di 14000.

Begitu juga untuk bank-bank lain, cobalah menghubungi call center atau layanan konsumen yang tersedia.

Berikutnya, pilih channel khusus yang disediakan untuk nasabah yang ingin mengajukan kenaikkan limit kartu kredit.

Jelaskan maksud kamu pada petugas yang melayani. Nanti kamu akan diarahkan untuk melengkapi sejumlah persyaratan yang sudah kita bahas di atas.

Selanjutnya bank akan menjemput semua dokumen persyaratan tersebut melalui kurir atau kamu diharuskan untuk mengirimkan dokumen tersebut sendiri.

Tunggu beberapa hari karena bank akan melakukan analisis dan penilaian atas dokumen dan profil kamu selaku nasabah. Jika kamu dinilai layak, maka bank akan menyetujui kenaikan limit kartu kredit.

Umumnya, jika kenaikan limit disetujui, kamu akan dihubungi kembali oleh petugas bank terkait. Sementara, jika pengajuan tidak disetujui, bank biasanya tidak akan memberi kabar, tapi kamu boleh kok menayankan kejelasannya dari pihak Bank.

Melalui Aplikasi

Pengajuan kenaikan limit kartu kredit juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Untuk pengguna kartu kredit BCA, misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi BCA Mobile.

  1. Jika kamu sudah mengunduh dan menjalankan aplikasi ini, kamu cukup mengakses menu m-Admin.
  2. Selanjutnya, pilih fitur “Request Limit Kartu Kredit” dan kemudian masukan limit baru yang diinginkan.
  3. Jika tahapan sudah dilakukan, Toppers cukup menunggu hingga status permohonan kenaikan limit kartu kredit BCA diumumkan.
  4. Permohonan kenaikan limit kartu kredit tetap diinformasikan melalui pesan singkat apapun keputusannya, entah disetujui atau ditolak.

Baca juga: Pengajuan Kartu Kredit BCA buat yang Bergaji Tiga Juta

Trik Pengajuan Kenaikan Limit Kartu Kredit Agar Disetujui

Perlu diperhatikan, jika ingin limit kartu kredit dinaikan, maka kamu harus memerhatikan hal-hal di bawah ini, berikut di antaranya:

1. Tempat Tinggal Tetap

Tempat tinggal dapat mempengaruhi kenaikan limit kartu kredit juga, lho. Apalagi jika kamu merupakan orang yang sering berpindah-pindah domisili.

Kenapa? Jika terjadi gagal bayar, bank tidak tahu mencarimu ke mana. Nah, maka dari itu, jika kamu sudah memiliki tempat tinggal permanen, kamu bisa mengajukan perubahan data, sekaligus juga permohonan kenaikan limit kartu kredit.

2. Penghasilan Meningkat

Pendapatan dapat menentukan limit kartu kreditmu. Semakin tinggi penghasilan, maka limit kartu kredit tentunya akan semakin tinggi.

Apabila kamu sudah mengalami kenaikan pada penghasilan dibanding sebelumnya, kamu dapat mengajukan permohonan untuk menaikkan limit kredit.

3. Total Rasio Utang Mencukupi

Bank tidak hanya melihat penghasilanmu, tapi Bank juga akan melihat jumlah utangmu. Jika kamu tidak memiliki hutang atau tunggakan, maka kamu lebih berpotensi mendapatkan kenaikan limit kartu kredit.

Sebaliknya, jika kamu memiliki utang, terlebih jumlahnya besar, biasanya bank akan mempertimbangkan untuk menyetujui kenaikan limit kartu kredit.

4. Riwayat Penggunaan Kartu Kredit Baik

Riwayat pemakaian kartu kredit kamu juga dapat mempengaruhi kenaikan limit yang diajukan. Dengan kata lain, faktor ini juga didukung dengan pembayaran kartu kredit yang tepat waktu. Nah, jangan sampai telat atau gagal bayar, ya.

Baca juga: Cara Mudah Apply Kartu Kredit Via Online dan Offline

5. Selalu Gunakan Limit dengan Maksimal

Biasanya, nasabah yang mudah disetujui selalu mendapatkan penilaian dari bank melalui penggunaan limit hingga batas wajar pemakaiannya.

Dengan begitu, bank akan menilai kamu sebagai pengguna kartu kredit yang aktif dan penggunaan yang cermat.

Dengan penggunaan yang hampir melewati limit, kamu akan mudah untuk menaikan limit kartu kredit dengan asumsi bahwa kamu akan menggunakannya dengan optimal.

6. Lama Penggunaan Kartu Kredit Minimal 1 Tahun

Penggunaan selama 1 tahun memberikan impresi bahwa kamu merupakan nasabah yang aktif. Sehingga, dengan mengajukan kenaikan limit kartu kredit akan dimudahkan.

Selain itu, ada juga faktor-faktor lainnya seperti ketepatan membayar sebelum jatuh tempo, penggunaan kartu kredit yang maksimal, dan sebagainya.

Nah, jadi itulah syarat dan cara menaikan limit kartu kredit yang bisa dilakukan dengan dua metode di atas. Pastikan kamu melengkapi semua syarat dan mengikuti tips yang disebutkan di atas.

Pos terkait