8 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

  • Whatsapp
cara memutihkan gigi alami

Memiliki gigi putih menjadi dambaan banyak orang. Selalu ada cara memutihkan gigi secara alami yang bisa dilakukan.

Kebiasaan buruk dapat menyebabkan gigi menguning. Akibatnya, efek yang ditimbulkan pun bisa mempengaruhi estetika. Banyak hal yang dapat terjadi jika gigi tidak dirawat dengan baik. Bau mulut hingga karang gigi adalah kasus penyakit gigi yang dapat menimpa siapa saja.

Oleh karena itu, setiap orang sebaiknya menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka agar terhindar dari penyakit gigi.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kawula akan memberi tips tentang cara memutihkan gigi alami, yang siapa pun dapat menerapkannya dengan rutin dan mudah. Yuk, disimak.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Setiap orang tentu ingin memiliki gigi putih dan bersih. Namun, banyak yang mengira punya gigi putih cemerlang memerlukan perawatan dan biaya yang besar. Padahal, mengatasi gigi kuning bisa ditempuh dengan cara alami, lho.

Ringkasnya, kepercayaan diri akan meningkat jika kita merawat gigi dengan baik, dan memiliki gigi putih serta sehat. Estetika gigi juga memengaruhi kepercayaan diri seseorang saat beraktivitas dan bersosialsisasi.

Berikut cara memutihkan gigi alami untuk terhidar dari penyakit gigi dan mulut yang bisa kamu coba.

1. Pakai Strawberry

Strawberry begitu kaya dengan kandungan vitamin C, asam elegat, dan asam malat. Kandungan-kandungan itu akan bereaksi pada gigi dan dapat mengikis noda. Kawulanesia dapat langsung mengonsumsi strawberry secara rutin, ataupun juga mengoleskannya pada permukaan gigi yang kuning dengan cara  mendiamkan selama 5 menit.

2. Menggunakan Garam dan Lemon

Cara memutihkan gigi dengan garam dan lemon dapat dipraktikkan dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon. Kemudian diamkan selama beberapa menit. Lalu,bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Baking Soda dengan Lemon

Kawulanesia juga dapat mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan lemon yang sudah diperas. Kemudian, aduk rata hingga menyerupai pasta. Gosokkan campuran tersebut pada gigi. Setelahnya, jangan lupa kumur-kumur dengan air bersih.

4. Cuka Apel

Cara memutihkan gigi alami berikutnya, bisa mencampurkan beberapa sendok teh cuka sari apel ke dalam setengah gelas air mineral. Berikutnya, kumur-kumur selama kurang lebih satu menit. Lakukan hal ini secara rutin. Kamu bisa menetralkan efek asam dari cuka sari apel dengan menggosok gigi seperti biasa.

5. Menyikat Gigi Secara Rutin

Menyikat gigi dengan rutin adalah cara alami untuk mengatasi gigi kuning. Sebaiknya, sikat gigi kamu tiga kali sehari, yaitu setelah makan pagi, setelah makan siang, dan sebelum tidur malam. Dengan ruting menyikat gigi, maka bakteri jahat dalam mulut bisa hilang dan membuat warna gigi kembali putih.

6. Membersihkan Sela-sela Gigi

Membersihkan sela-sela gigi juga bagian dari perawatan kesehatan gigi dan mulut. Dental flos adalah alat yang paling mudah ditemukan yang bisa digunakan untuk membersihkan sekaligus menjangkau sela-sela gigi yang perlu dibersihkan dari sisa makanan. Jadi, tidak hanya sebatas menyikat gigi saja, ya.

7. Mengurangi Konsumsi Kopi dan Teh

Kopi dan teh memiliki kandungan kafein yang membuat gigi bisa menguning. Dengan mengurangi konsumsi teh atau kopi ini, paling tidak kamu telah berupaya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Atau, setelah minum kopi sebaiknya langsung menyikat gigi.

8. Hidup Sehat

Selain kopi dan teh, alkohol juga dapat membuat gigi menguning dan rusak. Oleh sebab itu, menjaga pola hidup sehat dengan menghindari hal-hal negatif yang memengaruhi kesehatan gigi perlu dibiasakan.

Kamu bisa memulai pola hidup sehat dengan mengonsumi makanan kaya akan serat, yang juga punya pengaruh terhadap gigi. Biasakan makan buah-buahan hingga sayaur mayur, dan meminum air mineral satu liter setiap harinya.

Jadi, sudah tahu dong gimana cara memutihkan gigi secara alami? Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menerapkan cara-cara di atas. Namun, di luar itu semua, lakukan cek rutin 6 bulan sekali ke klinik atau dokter gigi. Jaga kesehatan dan rawat gigi kamu dengan baik.

Pos terkait