Cara Membuat Kaldu Ayam Ala Rumahan

  • Whatsapp
cara membuat kaldu ayam

Bagaimana cara membuat kaldu ayam ala rumahan yang lezat dan tidak keruh? Baca hingga tuntas untuk mendapatkan resep masakan kaldu yang nikmat.

Kaldu ayam sangat cocok digunakan untuk membuat sup ayam. Maka itu, jika ingin mendapatkan hasil sempurna dan tetap lezat, sebaiknya pastikan proses penggodokannya berbuih.

Cara Membuat Kaldu Ayam Kuah Tidak Keruh

Membuat kaldu ayam bening (tidak keruh) memerlukan kesabaran ekstra. Namun, hal itu sepadan dengan hasil yang akan diperoleh. Meskipun kaldu sudah lebih dari sehari, rasanya tidak akan berkurang sedikit pun. Jika ditambah dengan air, tak ada perbedaan rasa saat pembuatan kaldu pertama.

Berikut tahap-tahap pembuatannya:

1. Pastikan Air Mendidih Sempurna

Pastikan air yang dituang ke dalam panci rebusan mendidih layaknya letupan kawah gunung. Jika belum benar-benar mendidih, jangan buru-buru masukkan daging ayam. Pasalnya, daging yang dimasukkan akan membuat keruh air karena adanya sisa darah pada daging ayam tersebut.

2. Masukkan Daging Ayam

Setelah dipastikan mendidih, saatnya memasukkan daging ayam yang ada tulangnya. Air yang benar-benar mendidih akan membuat daging matang dalam sekejap. Pada tahap ini, jangan sesekali meninggalkan dapur. Karea kuah kaldu akan meluber sewaktu-waktu. Juga jangan menutup panci pada proses penggodokan daging ayam.

3. Masukkan Garam 

Jangan lupa untuk masukkan garam. Di sini garam akan meresap pada proses membuat kaldu ayam. Namun jika suka, bisa tambahkan merica sedikit. Jika garam dimasukkan saat sudah matang, nanti rasanya  kurang mantap.

4. Perhatikan Warna Daging

Pada tahap ini, pastikan warna daging ayam tidak pucat alis ayam telah matang. Selanjutnya, mulai mengecilkan api perlahan-lahan, tetapijuga memperhatikan kondisi air rebusan yang meletup kecil. Jangan biarkan api terlalu kecil, ya.

Pastikan tusuk daging ayam sekitar tulang dan pastikan dagingnya benar-benar sudah matang. Seringkali sekitar tulang kaki, dagingnya masih belum 100% matang, warnanya masih kemerahan. Cegah hal ini, apalagi darah masih keluar, maka kaldu akan berwarna butek, tidak jernih.

5. Tahap Akhir Membuat Kaldu Ayam

Proses pengecilan api adalah proses awal membuat kaldu dari tulang yang di rebus tersebut. Tutup panci dan tidak apa-apa kalau ditinggal.  Namun tetap waspada, jangan lupa api yang menyala di kompor.

Untuk membuat kaldu ayam sebaiknya gunakan ayam kampung atau ayam organik. Sebaiknya gunakan tulang paha atas apabila tidak menggunakan kedua jenis tersebut. Hindari merebus leher ayam dan sayap Ayam, tempat ayam biasanya di suntik.

Itu dia proses membuat kaldu ayam ala rumahan dengan kuah yang tidak keruh. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *