Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Secara Alami

  • Whatsapp
cara cepat memanjangkan rambut

Cara cepat memanjangkan rambut alami tanpa menggunakan obat dapat dilakukan lewat tips sederhana berikut ini, dan bisa dilakukan di rumah.

Memiliki rambut panjang sehat alami hitam berkilau menjadi dambaan setiap wanita. Berbagai perawatan rambut pun ditempuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai harapan.

Bacaan Lainnya

Memilih perawatan rambut biasanya dilatarbelakangi permasalahan umum seperti rambut kering dan kusam, rontok sehingga ada biaya yang mesti dikeluarkan.

Padahal, ada cara cepat untuk panjangkan rambut secara alami dan tidak butuh waktu lama dengan tingkat risiko yang bisa dibilang minim sekali. Siapa pun dapat melakukannya dengan mengandalkan bahan alami atau tanpa menggunakan obat.

Cara Cepat Memanjangkan Rambut Alami Tanpa Obat

Agar tidak penasaran, bagaimana cara memanjangkan rambut dalam waktu singkat, ada baiknya baca artikel ini hingga tuntas.

1. Menggunakan Conditioner

Rambut bisa panjang dengan cepat dengan menggunakan conditioner setelah keramas.

Penggunaan conditioner setelah keramas rutin dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, fungsi conditioner  juga dapat menjaga kelembapan rambut sehingga terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, rapuh dan kusam.

Maka dari itu, menggunakan conditioner setelah keramas adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu agar rambut cepat panjang serta sehat.

2. Mengurangi Penggunaan Pemanas Rambut

Ada beberapa alat untuk rambut wanita yang dapat membuat tatanan rambut menjadi bagus, seperti alat catok rambut, hair dryer, hingga pengeriting rambut. Bukan berarti tidak boleh menggunakan alat-alat tersebut. Sebaiknya, jangan terlalu sering digunakan.

Pasalnya, hawa panas dari alat-alat tersebut akan membuat rambut merapuh dan bisa berakhir pada kerontokan dan rambut patah. Selain itu, tekanan panas yang keluar dari alat itu, akan menghambat pertumbuhan rambut dalam jangka panjang.

Sebaiknya, keringkan rambut secara alami, dengan cara diangin-anginkan saja. Akan tetapi, jika sedang dikejar waktu, tidak ada salahnya menggunakan alat-alat yang disebutkan di atas.

Namun, pastikan suhunya yang tidak terlalu panas. Dan, jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut agar kelembaban rambut tetap terjaga.

3. Memijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala secara rutin dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kamu bisa melakukannya tiga kali dalam satu minggu.

Dengan memijat kulit kepala, selain dapat panjangkan rambut, cara ini juga berguna untuk  membatu memperlancar peredaran darah pada kulit kepala.

Memijat kulit kepala tidak harus cara creambath di salon secara rutin. Kamu dapat melakukan kegiatan ini di rumah. Misalnya ketika sedang keramas, kamu bisa memijat kulit kepala dengan lembut selama 3-5 menit.

4. Hindari Mewarnai Rambut

Jika kamu punya keinginan memanjangkan rambut dengan cepat, sebaiknya hindari mewarnai rambut. Apabila keseringan mengganti warna rambut, efek negatifnya bisa menghambat pertumbuhan rambut.

Tentu, kita tahu persis bahwa pewarna rambut mengandung bahan kimia, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya jangan digunakan terlampau sering karena bisa merusak kulit kepala dan menghambat kesuburan rambut.

5. Mengomsumsi Protein

Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, tidak hanya mengandalkan perawatan luar saja. Perawatan dari dalam pun diperlukan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Perawatan dari dalam yang bisa dilakukan, yaitu dengan memperbanyak konsumsi protein. Hal ini berguna, agar folikel rambut mendapatkan berbagai nutrisi yang mendorong kesuburan rambut.

Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi seperti susu, kacang-kacangan, daging untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak mudah rusak.

6. Mengurangi Berenang

Loh, emang renang bisa menghambat pertumbuhan rambut? Ya, air yang ada di kolam renang itu mengandung  klorin yang dapat merusak sehingga pertumbuhan rambut pun semakin lambat.

Jika berenang menjadi salah satu rutinitas yang disenangi, kamu bisa menggunakan penutup rambut saat berenang, agar rambut kamu tidak terkena klorin secara langsung.

Namun perlu diingat juga, ya. Setelah renang, langsung bilas rambut menggunakan shampo, dan gunakan conditioner agar kelembapan rambut tetap terjaga.

7. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan tinggi yang ada pada teh hijau dapat memperlancar sirkulasi aliran darah pada kulit kepada sehingga merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat.

Cara cepat panjangkan rambut dengan teh hijau, yaitu:

  • Seduh teh hijau terlebih dahulu
  • Kemudian,balurkan pada kulit kepala secara merata.
  • Berikutnya, bungkus rambut menggunakan handuk
  • Diamkan selama 20-30 menit
  • Setelah selesai, bilas hingga bersih

Selain dengan cara dibalurkan pada kulit kepala, kamu juga bisa langsung mendapatkan khasiat teh hijau dengan cara meminumnya.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan gangguan kesehatan seperti kanker.

8. Manfaatkan Khasiat Santan

Khasiat yang terkandung pada santan dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, jika dilakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu.

Cara merawat rambut menggunakan santan pun sangat mudah diterapkan, yaitu cukup balurkan santan kental pada kulit kepala secukupnya, lalu tutup dengan handuk hangat kemudian diamkan selama 15-20 menit.

Setelah itu bilas hingga bersih. Kamu akan merasakan rambut menjadi lebih lembut. Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara cepat panjangkan rambut dengan santan?

9. Perawatan Rambut dengan Lidah Buaya

Kepopuleran lidah buaya akan manfaatnya  untuk rambut tak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, cara memanjangkan rambut alami dengan lidah buaya dapat dilakukan dengan mengupas lidah buaya dan mengambil gelnya.

Oleskan gel tersebut ke kulit kepala dan rambut. Diamkan sekitar 20 hingga 30 menit, dan bilas hingga bersih jika dirasa selesai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan beberapa tetes madu pada gel lidah buaya sebelum dioleskan pada kulit kepala.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

10. Rahasia Minyak Zaitun dan Kemiri

Bukan rahasia lagi, jika minyak zaitun dan kemiri bisa menyuburkan rambut. Kedua bahan alami ini, juga dapat melembutkan rambut yang kering serta kusam, serta membuatnya terlihat lebih berkilau.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan alami menggunakan minyak zaitun dan kemiri.

  • Teteskan 5 tetes minyak zaitun atau minyak kemiri pada kulit kepala
  • Pijat kulit kepala secara lembut selama 5-10 menit.
  • Biarkan semalaman
  • Saat pagi hari, bilas hingga bersih

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan produk-produk perawatan rambut yang bisa membuat rambut kamu panjang dalam seketika.

11. Alami dengan Bawang Merah

Kandungan belerang yang tinggi pada bawang merah adalah kunci untuk menumbuhkan rambut secara alami. Penerapannya pun terbilang gampang, lho.

  • Kupas dan cuci bersih satu genggam bawang merah
  • Parut dan peras sehingga sari bawang merah keluar
  • Oleskan perasan bawang merah pada kulit kepada secara merata
  • Diamkan beberapa saat
  • Kemudian keramas seperti biasa

Lakukan rutinitas ini secara berkala untuk mendapatkan rambut cepat panjang secara alami.

12. Gunting Ujung Rambut

Cara umum untuk mempercepat pertumbuhan rambut, yaitu dengan menggunting atau memotong ujung rambut yang kering, dan bercabang.

Memotong ujung rambut adalah salah satu cara membuat rambut cepat tumbuh secara alami sekaligus membuang bagian rambut yang sudah tidak sehat.

13. Kurangi Begadang

Tahu nggak, kalau stress sering begadang bisa menjadi salah satu penyebab rambut mudah rontok?

Jadi, biasakan istirahat dengan cepat pada waktu malam. Dengan mengurangi begadang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Saat manusia tidur, tubuh akan meregenerasi sel baru. Nah, apabila tidur malam terganggu, otomatis regenerasi sel rambut juga ikut terganggu.

Mempercepat jam tidur malam tidak hanya bisa panjangkan rambut secara alami, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh.

14. Masker Putih Telur

Cara alami panjangkan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur mengandung nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Manfaatkan putih telur  menjadi masker rambut yang bisa panjangkan rambut dengan cepat.

Caranya, cukup campurkan butir putih telur dengan minyak zaitun dan oleskan keseluruh rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Diamkan agar nutrisi meresap sempurna selama beberapa menit, dan kemudian bilas rambut sampai bersih.

15. Keramas Rutin tapi Jangan Sering

Kenapa keramas setiap hari tidak boleh atau tidak dianjurkan? Sederhana, sih jawabannya. Karena kalau keramas keseringan akan menghilangkan kandungan minyak alami yang ada pada rambut.

Kalau kandungan minyak alami ini hilang, maka rambut menjadi kering dan tidak bisa bertumbuh dengan baik.

Cara cepat panjangkan rambut secara alami yang diterapkan untuk awal-awal, bisa dengan mengurangi intensitas keramas. Jangan keramas setiap hari, ya.

16. Rambut Basah, Jangan Disisir!

Pada saat rambut masih basah, rambut cenderung lebih lemah sehingga mudah mengalami kerusakan dibanding ketika dalam keadaan kering.

Tips panjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah mengurangi kebiasaan menyisir dan membungkus rambut dengan handuk pada saat rambut dalam keadaan basah.

Dengan begitu, kamu sudah meminimalisir kemungkinan rambut menjadi rusak serta rontok dan tentunya jadi cepat panjang.

Sejatinya, banyak cara cepat memanjangkan rambut yang dapat dilakukan. Menggunakan berbagai bahan alami dapat menumbuhkan rambut tanpa perlu khawatir rambut menjadi rusak lantaran bahan kimia.

Pos terkait