8 Daftar Aplikasi Investasi Terbaik 2021

  • Whatsapp
aplikasi investasi terbaik

Daftar aplikasi investasi terbaik online 2021 di bawah ini bisa memberi return tinggi. Mulai dari investasi saham, reksa dana, hingga emas, dan tentu sudah terdaftar di OJK.

Belakangan gairah masyrakat Indonesia terhadap investasi saham hingga reksa dana menjadi tren baru yang dapat memotivasi setiap orang untuk lebih cerdas dalam hal perencanaan keuangan.

Dari data Pengawasan Pasar Modal 1A OJK (Otoritas Jasa Keuangan), terjadi lonjakan yang sangat signifkan pada jumlah investor pasar modal di Indonesia, yaitu 42% pada November 2020 silam.

Adanya tren positif ini, tentu saja menjadi kabar baik sekaligus pembelajaran untuk kamu yang ingin berpartisipasi di pasar modal sebagai investor pemula. Oleh karena itu, memilih aplikasi investasi terbaik online dan tepercaya adalah bagian penting yang harus diketahui.

Setiap aplikasi yang akan diulas di bawah ini sudah terdaftar di OJK dan pastinya sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Berikut daftar aplikasi investasi saham online terbaik.

1. Bibit, Aplikasi Investasi Paling Mudah

Salah satu apikasi investasi yang tengah digandrungi kalangan milenial saat ini adalah Bibit. Ya, banyak influencer yang berperan menggaungkan Bibit sebagai tempat untuk investor untuk berinvestasi.

Bibit memudahkan setiap investor untuk melakukan investasi. Kamu bisa memulai invetasi kamu hanya dengan Rp10.000 saja. Selain itu, terdapat beragam instrumen investasi yang dapat dijadikan pilihan, seperti reksa dana syariah, reksa dana saham, obligasi, hingga pasar uang.

Menariknya, ada fitur Robo Advisor yang dapat membantu investor untuk memilih jalur investasi sesuai penghasilan dan dana yang akan dialokasikan. Selain itu, metode pembayaran bisa dilakukan melalui LinkAja, transfer bank, hingga saldo GoPay.

Jadi, untuk kamu yang ingin memulai invetasi, gak perlu khawatir lagi, karena Bibit telah tersertifikasi oleh OJK sehingga seluruh aktivitas yang kamu lakukan saat bertransaksi dapat dipantau dengan aman.

Buat kamu yang masih ragu untuk berinvestasi jangka panjang, berikut kelebihan Bibit yang perlu diketahui.

  • Kamu bisa investasi mulai Rp10.000
  • Pencairan dana investasi tergolong cepat, yakni 7 hari kerja
  • Gratis biaya komisi
  • Metode pembaran yang bervariasi

Kamu bisa download aplikasi Bibit di Playstore dan IOS dan memulai investasi bersama Bibit. Setiap akun baru dan pembelian reksa dana, jangan lupa masukkan kode referral “zasdar” (tanpa tanda petik) untuk mendapatkan cashback sebesar Rp25 ribu.

2. Bareksa, Pionir Platform Investasi di Indonesia

Berikutnya ada Bareksa sebagai salah satu aplikasi investasi yang sudah terverifikasi OJK. Di sini, pengguna bisa memilih beragam jenis investasi mulai dari SBN (Surat Berharga Negara), reksa dana, umroh, hingga emas.

Secara umum, informasi terkait produk telah dijabarkan di dalam aplikasi, seperti pergerakan harga, profit yang mungkin dihasilkan, hingga faktor risikonya.

Sebelum memutuskan jenis investasi yang tepat, Bareksa juga memiliki fitur simulasi pergerakan dana untuk setiap produk. Dengan begitu, setiap investor pemula bisa memperkirakan untung-rugi yang mungkin akan didapatkan. Selain itu, ada juga lembar portofolio untuk setiap pengguna.

Untuk informasi tambahan, Bareksa telah mendapatkan sertifikasi dari OJK dan merupakan mitra distribusi SBN retail. Jadi, bagi pengguna yang mencari aplikasi investasi emas, tak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

Kelebihan Berivestasi di Bareksa:

  • Pilihan produk reksadana yang berlimpah
  • Beragam pilihan metode pembayaran
  • Berita investasi yang di-update setiap hari

Di balik kelebihan Bareksa, terdapat beberapa kekurangan kecil yang masih dapat dimaklumi, seperti minimal investasi senilai Rp50 ribu, dan pengaplikasian yang agak sulit dipahami oleh investor pemula.

3. Tanamduit, Aplikasi Investasi Emas OJK

Salah satu investasi yang menjadi andalan Tanamduit adalah emas. Namun begitu, para investor juga dapat memilih jenis investasi yang lain, seperti reksa dana, SBN, dan asuransi.

Yang paling menarik perhatian, yaitu saat menabung emas di aplikasi ini, maka setiap investor akan mendapatkan kartu emas. Kartu emas itu dapat dikirim ke orang lain, misalnya sanak family. Untuk sistem pencairan pun tergolong mudah dengan cara menjual kembali lewat aplikasi ini.

Bagaimana dengan modal yang diperlukan untuk memulai invetasi di Tanamduit? Hanya dengan Rp10.000 saja setiap orang sudah bisa berinvestasi.

Adapun kelebihan berivenstasi di Tanamduit di antaranya:

  • Investasi bisa dimulai dengan harga paling minim, yaitu Rp10 ribu saja
  • Gratis biaya transaksi jual beli reksa dana
  • Gratis biaya transaksi pembelian SBN

Dari beberapa keunggulan yang ada, ternyata aplikasi Tanamduit juga memiliki kekurangan, seperti tidak punya fitur robo advisor, produk reksa dana masih sedikit, dan minimal pembelian emas mesti 0,1 gram.

Kamu bisa download aplikasi Tanamduit di Playstore.

4. HSB Investasi, Aplikasi Trading yang Fleksibel

Sedikit berbeda dengan ketiga aplikasi di atas, HSB Investasi adalah salah satu aplikasi yang sangat cocok digunakan oleh pengguna yang telah kaya pengalaman tanam modal. Jadi, bukan berarti investor pemula tidak boleh melakukan investasi jangka panjang di sini. Akan tetapi, perkaya dulu pengetahuan tentang dunia trading.

Adapun beberpa produk yang ditawarkan oleh HSB Investasi di antaranya, Forex (mata uang asing), logam mulia, indeks saham, dan beragam pilihan lainnya.

Sebagai pengguna, kamu tidak perlu khawatir lagi karena semua kegiatan di dalam aplikasi ini telah diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia), ICDX, dan ICH.

Berbicara fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi investasi  saham terbaik seperti HSB ini, ada sagu fitur unggulan yang menarik perhatian, yaitu CITRA (Clearing Information of Trade). CITRA adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk melihat setiap transaksi yang dilakukan secara langsung. Dengan demikian transparansi pun selalu terjaga.

Kelebihan HSB Investasi

  • Promo komisi $0 dan spread yang rendah
  • Menyediakan lebih dari 30 pasang mata uang, indeks saham, emas, dsb
  • Tersedia fitur gameplay trading untuk belajar sambil bermain
  • Mudah digunakan

Kekurangan:

  • Inidkator analisis trading kurang lengkap
  • Minimal deposit tergolong tinggi

5. KoinWorks, Investasi P2P Terbaik

Koinworks adalah salah satu aplikasi P2P (peer to peer) lending yang cukup populer. Fitur yang tersemat di dalam aplikasi tergolong lengkap, dan sejatinya cukup memudahkan para pengguna, khusunya pemula.

Untuk modal awal investasi bergantung dari jenis produk yang dipilih. Sebagai contoh, misal kamu memilih emas sebagai produk investasi, maka kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar seribu rupiah saja.

Sementara jika kamu memilih saham sebagai produk investasi kamu, kamu perlu mengeluarkan modal inves minimal senilai Rp100 ribu. Menariknya, KoinWorks menjanjikan imbal hasil hingga 18 persen per tahunnya. Sebagaimana aplikasi lainnya, KoinWorks juga sudah tersertifikasi oleh OJK.

Nah, ketimbang bersandar terhadap aplikasi pinjaman online ilegal, cobalah belajar untuk mulai berinvestasi dari sekarang.

Berikut beberapa kelebihan aplikasi KoinWorks:

  • Tersedia jenis pinjaman yang beragam
  • Minimal investasi tergolong rendah
  • Fitur Robolending yang cocok untuk pemula

Kekurangan:

  • Sedikit rumit untuk pemula
  • Tidak ada filter mencari pinjaman yang telat/gagal bayar
  • Fitur autoinvest masih belum optimal

6. Ajaib, Investasi dengan Modal Minimum

Siapa sih yang gak kenal aplikasi satu ini? Ya, Ajaib adalah salah satu aplikasi terbaik dan cukup populer di Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu bingung dan khawatir jika ingin memulai inves di Ajaib. Pasalnya, Ajaib menyediakan panduan dan rekomendasi produk apa yang tepat sekaligus memberi keuntungan berdasarkan kondisi keuanganmu.

Selain itu, Ajaib akan memberikan notifikasi mengenai waktu jual-beli saham terbaik untukmu sehingga kamu bisa memaksimalkan profit atau menekan kerugian.

Tak sampai di situ, sebagai salah satu aplikasi invest saham online terbaik, Ajaib juga telah mendapatkan izin beroperasi dari Indonesia Stock Exchange (IDX) dan OJK.

Jadi bagi kamu para investor pemula yang ingin terjun ke dunia investasi jangka panjang, Ajaib merupakan aplikasi inves saham dan reksa dana yang patut dicoba.

Sebagai informasi, berikut beberapa kelebihan Ajaib

  • Fitur Ajaib Alert untuk mengirimkan notifikasi pergerakan saham secara real-time
  • Tersedia fitur News Highlight untuk update berita saham terbaru
  • Biaya broker lebih murah hingga 50%
  • Mudah digunakan untuk pemula
  • Modal minimum Rp0

Kekurangan:

  • Proses registrasi terkadang gagal/error
  • Layanan customer service yang kurang memuaskan

7. Tokopedia Investasi (Paling Praktis)

Berbeda dengan daftar aplikasi sebelumnya, Tokopedia Investasi sendiri adalah fitur layanan inves reksa dana yang disediakan di aplikasi Tokopedia.

Bukan hanya mudah dioperasikan, modal awal yang ditawarkan oleh Tokopedia Investasi juga cukup bersahabat untuk para pemula yang masih ragu berinvestasi, yaitu mulai dari Rp10.000 saja.

Dalam menghadirkan layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan Syailendra Capital sebagai Manajer Investasi (MI) dan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang berpengalaman. Jadi, nggak usah khawatir, ya!

Kelebihan:

  • Sudah terintegrasi dengan aplikasi Tokopedia
  • Dana awal investasi rendah
  • Bebas biaya admin
  • Diawasi OJK

Namun sayangnya, pilihan produk masih terbatas jika kamu ingin berivenstasi via Tokopedia

8. OVO Invest (Modal Awal Rendah)

Hampir mirip seperti sebelumnya, OVO Invest merupakan layanan inves yang disediakan aplikasi e-wallet OVO untuk berinvestasi dengan mudah dan praktis.

Kamu juga cuma butuh modal awal sebesar Rp10.000 saja untuk mulai berinvestasi, dan tanpa dikenakan biaya admin.

Hanya saja, layanan ini cuma bisa digunakan oleh pengguna OVO Premier yang telah terdaftar menggunakan e-KTP dan melakukan registrasi untuk membuka rekening OVO Invest.

Adapun beberapa kelebihan berivestasi via OVO, yaitu bebas biaya admin, modal awal inves rendah, dan bisa dicairkan kapan saja. Sementara itu, untuk kekurangannya adalah produk invest yang masih terbatas.

Kesimpulan

Itu dia daftar aplikasi invest terbaik 2021 yang dapat Kawula rekomendasi ke hadapan pembaca. Semua yang telah berbasis aplikasi sangat memudahkan pengguna, karena bisa melakukan registrasi melalui smartphone saja. Tinggal pilih saja aplikasi yang cocok untukmu dengan berbagai instrumen inves yang bisa dipilih.

Sebagai saran saja, jika kamu adalah investor pemula, sebaiknya hilangkan mindset “main saham” tetapi jadikan itu sebagai investasi jangka panjang. Dan mulailah dengan mindset “menabung saham”.

Ringkasnya, aplikasi investasi online terbaik belum tentu akan memiliki efek baik kalau tidak diimbangi dengan ilmu yang cukup. Jadi, sebaiknya perluas wawasan tentang dunia investasi saham, reksa dana, dan sebagainya.

Pos terkait