Keunggulan dan Kekurangan Aplikasi DANA

  • Whatsapp
aplikasi dana

Aplikasi DANA adalah dompet digital (e-wallet) yang memberikan layanan transaksi nontunai yang efisien, efektif, cepat, dan juga aman bagi para penggunanya.

Kehadiran DANA juga membantu distribusi keuangan bagi masyarakat di Indonesia sehingga perputaran roda ekonomi berjalan lancar. DANA memberikan layanan transaksi nontunai yang efisien, efektif, cepat, dan juga aman bagi para penggunanya

Digitalisasi dalam bidang keuangan ini mendorong masyarakat kita ke arah cashless society. Dalam cashless society, uang tunai tidak lagi jadi satu-satunya metode pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan metode nontunai seperti kartu kredit, mobile banking, dan dompet digital (e-wallet.)

Keunggulan Aplikasi DANA

DANA memiliki banyak sekali keunggulan terkait  transaksi nontunai.Keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan penggunaan aplikasi DANA ialah sebagai berikut.

1. Kemudahan pembayaran transaksi sehari-hari di mana dan kapan saja.

DANA sebagaidompet digital dapat memudahkan segala kegiatan pembayaran transaksi. Transaksi sehari-hari seperti pulsa, internet, tagihan listrik atau asuransi dapa dilakukan dalam satu aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan air, TV kabel, dan layanan lainnya melalui DANA. Pembayaran transaksi tersebut melalui DANA dapat dilakukan setiap saat dan di mana saja Anda berada.

2. Dapat digunakan sebagai pembayaran di berbagai merchant

Selain untuk pembayaran kebutuhan sehari-hari, Anda juga dapat berbelanja dengan lebih praktis menggunakan DANA untuk melakukan pembayar di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan DANA.

3. Memiliki berbagai promo yang menarik

Sebagaimana dompet digital lainnya seperti Gopay, LinkAja, ShopeePay, atau OVO, DANA juga selalu menawarkan berbagai promo menarik bagi penggunanya.

Promo-promo tersebut umumnya berupa diskon untuk transaksi di beberapa merchant  atau  cashback dengan nominal tertentu yang sayang sekali bila dilewatkan .

Promo yang selalu ada antara lain diskon untuk setiap transaksi pembayaran kebutuhan sehari-hari, seperti mengisi pulsa atau membayar tagihan listrik. Hal ini tentunya akan membantu menghemat pengeluaran Anda.

4. Memilik fitur transfer saldo ke rekening bank

Keunggulan selanjutnya dari DANA adalah dapat digunakan untk transfer ke rekening bank tanpa biaya admin. Jika umumnya transfer antarbank dikenai biaya administrasi sebesar Rp6.500,- setiap transfer, di DANA transfer ke rekening bank gratis.

Akan tetapi, fitur ini  terbatas hanya untuk 10 transaksi per bulan. Transaksi transfer selanjutnya akan dikenai biaya admin sebesar Rp4.500,-. Meski begitu, nominalnya masih lebih murah ketimbang transfer melalui bank.

5. Transaksi yang aman

Keamanan dalam bertransaksi menggunakan aplikasi DANA cukup lengkap. Pertama, selain membutuhkan PIN untuk memulai transaksi, pengguna juga membutuhkan OTP yang mana menambahkan tingkat keamanan transaksi. OTP atau One-Time Password membantu meminimalisir penyalahgunaan akun dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain fitur kemanan tersebut, DANA juga menjamin 100% saldo kembali apabila terdapat kegagalan transaksi yang disebabkan dari DANA. Hal ini tentunya menambah keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi.

Kekurangan Aplikasi DANA

 Setelah sebelumnya membahas keunggulan-keunggulan DANA, selanjutnya kita akan membahas kekurangan aplikasi DANA. Lazimnya produk teknologi, DANA memiliki beberapa kekurangan di antaranya:

1. Jumlah merchant yang masih terbatas

Kekurangan pertama dari aplikasi DANA adalah masih kurangnya merchant yang masih terbatas. Jika dibandingkan dengan dompet digital lain seperti GoPay atau OVO, merchant yang sudah bekerja sama dengan DANA lebih sedikit. Sehingga, pilihan berbelanjanya juga jadi lebih terbatas.

2. Belum menjangkau banyak usaha kecil

Transaksi di DANA saat ini masih terbatas pada merchant untuk pelaku usaha menengah ke atas. Belum menjangkau ke pelaku usaha kecil dan mikro seperti pedagang kelontong. Padahal, aplikasi dompet digital lain seperti OVO dan GoPay sudah menjangkau sektor pelaku usaha kecil dan mikro tersebut.

Cara Membuat Akun DANA

Pembukaan akun DANA terbilang sangat mudah. Anda hanya mem butuhkan nomor HP dan KTP upgrade akun. Pembukaan akun dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download DANA melalui Play Store (Android) atau App Store ( iOS)
  • Setelah proses download selesai, buka DANA
  • Masukkan nomor HP Anda kemudian klik “Lanjut”
  • Sistem akan mengirimkan kode OTP ke nomor yang dimasukkan sebelumnya
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan
  • Setelah memasukkan kode OTP, Anda akan diarahkan untuk membuat Kode PIN
  • Akun DANA telah selesai dibuka dan siap digunakan

Untuk dapat menggunakan layanan DANA secara menyeluruh, Anda perlu melakukan upgrade akun menjadi Premium. Berikut langkah-langkah untuk upgrade akun DANA menjadi Premium:

  • Masuk ke akun DANA
  • Klik menu “Saya” kemudian pilih “Verifikasi Akun Saya”
  • Anda akan diarahkan untuk upload foto KTP. Pastikan pencahayaan yang cukup saat memotret KTP Anda
  • Selanjutnya, upload foto selfie Anda memegang KTP dengan data-data terlihat jelas
  • Isi data sesuai KTP Anda.
  • Silakan tunggu proses verifikasi hingga selesai

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mengenali DANA. Sebagai salah satu aplikasi dompet digital, DANA dapat jadi pilihan untuk melakukan transaksi nontunai sehari-hari Anda dengan lebih praktis dan aman.

Pos terkait