Pengaruh Website untuk Bisnis Online di Era Digital

  • Whatsapp
Pengaruh website untuk bisnis online di era digital

Berbicara seputar bisnis online, saat ini cukup banyak pelaku bisnis yang mulai meresolusi kegiatan berdagangnya ke dalam media digital. Tren positif ini terutama menyentuh kalangan pelaku UMKM yang mulanya hanya berjualan secara konvensional.

Tentu saja, manfaat utama dari mendayagunakan media digital adalah untuk meningkatkan penjualan. Produk yang mulanya hanya diketahui oleh segelintir orang akan tersebar dan tersiar luas sehingga tak menutup kemungkinan, profit pun akan meningkat.Meski demikian, masih cukup banyak pelaku bisnis online yang belum memanfaatkan media digital ini secara maksimal.

Bacaan Lainnya

Misalkan hanya menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter untuk memasarkan produknya. Di samping itu, para pebisnis online juga kerap memanfaatkan marketplace atau e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada atau Shopee. Padahal, internet memiliki banyak sekali fitur penting lain yang dapat mengembangkan bisnis.

Anda bisa memajang produk-produk yang dijual di website Anda sendiri. Di era digital ini, memiliki website sendiri merupakan aset penting untuk perkembangan bisnis Anda.

Lalu, apa saja sih pengaruh website untuk bisnis online?

Kredibilitas Bisnis Meningkat

Dengan memiliki website sendiri, bisnis Anda akan terkesan lebih kredibel, valid, dan professional apabila website yang Anda miliki didesain sedemikian rupa. Buatlah website yang menarik, Anda bisa membuat konten-konten seputar produk yang Anda jual untuk menarik minat para pelanggan Anda. Untuk bisnis rumahan, membuat website ini dapat sangat menguntungkan karena Anda tidak mesti lagi memiliki toko toko fisik untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda jual.

Biaya Lebih Irit

Biasanya yang sering terjadi adalah pelaku bisnis akan berpikir dua atau tiga kali untuk membuat website karena menyangka harganya cukup mahal. Padahal, website merupakan media promosi yang cukup irit daripada Anda harus memasang baliho, spanduk, bahkan iklan di portal-portal besar di pinggir jalan.

Meski itu tidak berarti salah, namun alangkah lebih baiknya jika dana promosi yang Anda miliki itu disalurkan untuk membuat website Anda sendiri. Saat ini ada banyak sekali hosting murah yang bisa Anda gunakan.

Dapat Selalu Terhubung dengan Pembeli

Dengan memiliki website sendiri, Anda dapat selalu terhubung dengan para pembeli. Anda dapat dengan mudah memberikan informasi seputar produk, toko, bahkan konten-konten menarik yang dapat membuat pembeli Anda nyaman (gimmick). Nilai plus ini bisa jadi lebih efektif dan membangun hubungan timbal balik yang positif antara Anda dengan pembeli.

Memiliki hubungan keakraban dengan pembeli merupakan aset yang cukup penting untuk tumbuh-kembang bisnis Anda. Pembeli yang telah menganggap toko online Anda sebagai tempatnya untuk membeli sesuatu, selain akan membeli ulang, bisa saja akan merekomendasikan toko Anda kepada kerabatnya.

Gampang Diakses Pembeli

Tidak seperti toko fisik yang mempunyai waktu operasional, website yang Anda miliki dapat diakses oleh pembeli selama 24 jam dalam sehari, artinya toko online Anda akan terus buka dan dapat dilihat oleh pembeli selama yang mereka inginkan. Dengan begitu, penjualan Anda punya prospek laku yang lebih tinggi.

Di lain sisi, Anda pun juga dapat dengan mudah mengaksesnya. Saat ini, menjalankan website juga tak sulit-sulit amat. Ada banyak website hosting murah dan ramah dengan pemula sehingga Anda bisa memaksimalkan toko Anda di website tersebut, tanpa harus kesulitan mengelolanya. Salah satunya, WordPress Hosting Indonesia. 

Target Pasar Lebih Luas

Berbeda dengan berjualan secara konvensional, berjualan online dengan website membuat jangkauan target pasar Anda akan jauh lebih luas. Jangan salah, banyak sekali usaha-usaha besar yang mendapatkan pembeli dari website yang dimilikinya, bahkan tak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan close order dari luar negeri sekalipun.

Karena internet memang tidak memiliki batas ruang dan waktu sehingga Anda produk yang Anda pasarkan lewat website Anda dapat menyentuh tempat-tempat yang sangat jauh.

Website sebagai Sarana Katalog Produk

Website yang Anda miliki dapat menjadi sarana katalog produk dagangan Anda. Di samping itu, Anda pun bisa meletakkan testimonial para pembeli, mulai dari foto barang yang telah sampai, resi pengiriman, bahkan foto packaging barang pun bisa Anda masukkan. Intinya, buatlah para pembeli menjadi percaya dengan website Anda.

Bahkan, jika ingin, profil dan portofilio diri Anda selaku pemilik usaha pun bisa Anda cantumkan untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.

Lebih Hemat Waktu

Menjual produk dagangan secara online melalui website akan membuat Anda lebih menghemat waktu. Apalagi jika dibandingkan dengan berjualan secara konvensional. Anda harus membuka toko terlebih dahulu, membersihkan toko tersebut, menunggu pembeli, dan banyak hal lainnya yang cukup menyita waktu.

Hal yang lebih menyebalkan adalah apabila ada pembeli baru yang bertanya-tanya tentang produk tertentu. Anda dapat mengulang kegiatan yang sama ini selama berpuluh-puluh kali dalam sehari. Nah, dengan memiliki website sendiri, Anda bisa membuat konten edukasi seputar produk yang Anda jual sehingga pembeli pun dapat membacanya terlebih dahulu tanpa harus merepotkan Anda lagi.

Pelayanan akan Lebih Maksimal

Lewat berjualan online melalui website, pelayanan yang Anda berikan akan lebih maksimal, karena para semua yang dibutuhkan pembeli telah Anda siapkan terlebih dahulu. Tidak ada yang namanya  mengantre untuk membayar sesuatu, tidak ada yang namanya kesalahan yang dilakukan oleh manusia karena segalanya telah tersistematis. Hal ini memiliki dampak positif pada kepuasan pelanggan pada nantinya sehingga bisa saja akan terjadi pembelian ulang dari pembeli tersebut.

Itulah beberapa pengaruh website terhadap bisnis online. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar