Selain Via, Ini Daftar Dugaan Plagiarisme di Indonesia

  • Whatsapp
via vallen

Video kilp lagu Kasih Dengarkanlah Aku milik penyanyi dangdut Via Vallen diduga menjiplak video milik megabintang K-Pop, UI. Hal ini tentu saja menambah daftar panjang selebritas Indonesia yang terseret kasus dugaan plagiarisme.

Via Vallen bukanlah artis Indonesia pertama yang terseret dalam kasus plagiarisme. Sejumlah selebritas tanah air juga pernah mengalami hal yang sama, baik di bidang musik maupun persoalan plagiarisme lainnya yang berkaitan dengan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Nah, siapa saja selebritas tanah air yang mengalami dugaan plagiarisme tersebut? Berikut beberapa contoh kasus plagiarisme di Indonesia.

1. Cinta Ini Membunuhku Mirip Lagu My Chemical Romance

Tentu kamu masih ingat lagu Cinta Ini Membunuhku milik band papan atas D’Masiv ini kan? Lagu ini sempat booming pada tahun 2008 silam. Namun, dibalik kesuksesan lagu tersebut, ternyata lagu ini juga menuai kontroversi, dan dituding menjiplak lagu My Chmeical Romance, I Don’t Love You.

Lagu ini memiliki kemiripan di bagian intro. Namun, vokalis D’Masive saat itu mengatakan wajar jika ada lagu yang mirip. Hal ini bisa terjadi, karena lagu tersebut terinspirasi dari lagu-lagu lain.

2. Band Armada Diduga Meniru Lagu F4

Tak hanya D’Masiv, pada tahun 2017 lalu, band Armada juga mengalami hal serupa. Lagu berjudul Asal Aku Bahagia disebut-sebut meniru Liu Xing Yu milik boyband asal Taiwan, F4. Kemiripan kedua lagu terdapat di bagian reff.

Vokalis Armada, Rizal, berkilah bahwa dirinya baru tahu ada lagu yang mirip dengan karyanya itu. Ia tak memungkiri kedua lagu itu mirip. Namun, ia mengatakan lagunya tak bisa dibilang menjiplak karena kemiripan tidak lebih dari 8 bar.

3. Kekeyi – Aku Bukan Boneka

YouTuber Kekeyi membuat publik heboh ketika merilis lagu ‘Keke Bukan Boneka’ di YouTube pada pertengahan tahun ini.

Publik menganggap lagu Kekeyi itu meniru Aku Bukan Boneka yang diciptakan Novi Umar dan dinyanyikan Rinni Wulandari.

Sama seperti Via, Kekeyi juga tak menyadari kesalahannya tersebut. Ia meminta maaf ke publik dan menyatakan sempat ingin menghapus lagu itu. Namun hingga saat ini, ia tak menghapusnya.

4. Awkarin Diduga Jiplak Desain untuk Baju dan Foto

Influencer Awkarin juga sempat tersandung kasus plagiarisme pada 2016. Saat itu, Awkarin mengunggah gambar sketsa yang dianggap mirip dengan desain seniman tato lain.

Hal ini merugikan pemilik desain asli karena Awkarin merupakan influencer yang mengambil untung dari konten yang ia unggah di media sosial.

Pada 2020, Awkarin juga terkena masalah serupa dan dituding menggunakan ilustrasi seniman asal Amerika Serikat untuk konten pribadinya.

Dalam kasus ini, Awkarin memotong karya tulisan desainer bernama Hallie Bateman dan menempelkannya ke foto pribadinya. Bateman pun langsung me-mention Awkarin di Twitter.

Awkarin mengaku salah dan kemudian menghapus foto-foto yang menggunakan karya Bateman. Awkarin berkilah dirinya tak bermaksud untuk mencuri atau meniru karya Bateman.

Itulah sederet selebirtas dan influencer yang pernah mengalami dugaan plagiarisme di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *