10 Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

  • Whatsapp
usaha makanan ringan yang menguntungkan

Usaha makanan ringan yang menguntungkan adalah salah satu jenis bisnis modal kecil yang tidak perlu modal besar dengan profit menggiurkan.

Setiap orang dapat mencoba bisnis ini. Namun, saat akan memulai, sebaiknya buatlah daftarnya terlebih dahulu. Tujuannya, agar tidak keliru dalam menentukan jenis makanan ringan yang akan dijual dan sesuai dengan dana yang tersedia.

Banyak pendahulu usaha makanan ringan yang secara garis besar begitu mudah mendapatkan pelanggan. Mereka menjual camilan dengan berbagai varian rasa, dari manis asin, pedas, yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Usaha makanan ringan yang mengtungkan dapat dipertimbangkan bagai siapa saja yang ingin sukses menjadi pengusaha makanan. Di sisi lain, tentu ada beberapa keunggulan kalau kamu berjualan makanan ringan, di antaranya:

  • Modal makanan ringan tidak sebesar membuka usaha rumah makan.
  • Market yang luas
  • Bisa dijual online hingga dititipkan ke warung-warung
  • Punya keuntungan yang lebih baik
  • Dan lain sebagainya

Contoh Usaha Makanan Ringan yang Menguntungkan

Setelah mengetahui keuntungan yang didapat, apakah kamu mulai melirik dan ingin mencoba usaha makanan ringan yang menguntungkan ini? Kalau begitu, lanjut dengan contoh usaha atau bisnis makanan ringan terlaris di Indonesia.

1. Roti bakar

Siapa sih yang gak tahu dengan roti bakar hari ini? Camilan berbahan roti tawar yang dibakar dan diberikan taburan berupa susu, keju, cokelat, dan berbagai toping lainnya ini sangat mungkin bagi kamu yang ingin mencoba usaha makanan ringan.

Roti bakar sangat mudah dipasarkan, karena dapat menyentuh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Itulah kenapa roti bakar bisa kamu masukkan ke dalam daftar terlebih dahulu, sebelum memulai usaha.

2. Keripik Singkong

Memilik tekstur yang renyah sekaligus punya cita rasa yang gurih, manis, tentu menjadikan keripik singkong sebagai salah satu camilan yang dijadikan pilihan saat kumpul bareng keluarga atau teman.

Bagi kamu yang akan mencoba merintis usaha makanan ringan, kamu  bisa menjadikan keripik singkong sebagai titik awal untuk kamu memulai usaha makanan ringan yang menguntungkan.

Supaya keripik singkong yang dijual laris manis di pasaran, diperlukan strategi kecil agar bisa diterima masyarakat, berikut di antaranya:

  • Buat keripik singkong dengan berbagai varian rasa.
  • Menentukan target market
  • Pastikan kamu telah riset harga pada merek keripik singkong kompetitor.

Selain menerapkan strategi di atas, modal juga menjadi faktor  yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Umunya, modal awal yang diperlukan usaha keripik singkong sebesar Rp2,4 juta yang mencakup mesin perajang singkong, mesin press plastik, kompor gas, dan perlatan masak.

3. Lanting

Berikutny ada Lanting yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis atau usaha makanan ringan. Camilan ini berbentuk seperti kerupuk yang terbuat dari singkong dengan bentuk seperti angka delapan.

Semula, camilan satu ini dijadikan sebagai oleh-oleh bagi mereka yang baru saja pulang dari mudiknya. Namun, saat ini lanting sudah ditemukan di mana saja, salah satunya di toko camilan.

Lantaran punya prospek usaha yang bagus, tidak ada salahnya  menjadikan Lanting sebagai bisnis atau usaha makanan ringan untuk memulai bisnis makanan.

4. Makaroni

Banyaknya permintaan membuat Makaroni patut dijadikan sebagai salah satu usaha makanan ringan. Sayang dong, kalau kesempatan ini dilewatkan begitu saja, sementara ada keuntungan yang menggiurkan di balik usaha makaroni ini.

5. Popcorn

Semakin banyaknya penggemar popcorn di Indonesia, membuat usaha makanan ringan satu ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan.

Dikarenakan sudah banyak orang yang menyukai makanan ringan ini, setiap pelaku usaha menjadi lebih mudah saat mencari target pelanggan.

Agar lebih mudah membuka usaha satu ini, berikut adalah tips sukses menjalankannya.

  • Buatlah rencana bisnis, seperti jenis atau rasa popcorn apa saja yang akan dijualkan.
  • Siapkan peralatan dan perlengkapan yang sesuai agar hasil popcorn yang dijual lebih berkualitas.
  • Buat kemasan popcorn yang menarik dan sertakan informasi seputar produk di belakang kemasan.

Bagaimana, tertarik membuat usaha popcorn?

6. Kacang bumbu

Kacang merupakan salah satu makanan ringan yang sering dinikmati. Bentuknya yang kecil dan teksturnya yang renyah selalu membuat ketagihan siapapun yang menyantapnya.

Nah, jika lingkungan sekitar kita banyak yang menyukai kacang, tidak ada salahnya peluang tersebut dijadikan ajang kita untuk merintis bisnis atau usaha makanan ringan.

7. Jamur krispi

Selain camilan seperti kacang-kacangan, makanan ringan seperti jamur krispi pun juga tidak kalah menguntungkannya jika kita jadikan peluang usaha.

Modal yang dikeluarkan untuk merintis usaha makanan ringan ini tidak lebih dari Rp10 juta. Untuk lebih jelasnya, yuk simak estimasi modalnya berikut.

8. Onde-onde

Onde-onde merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang diberi isian kacang hijau dan taburan biji wijen di permukaan luarnya.

Isiannya yang hanya berupa kacang hijau mungkin terkesan biasa saja, namun jika punya inovasi keren seperti isian dari nanas, pisang, melon atau buah-buahan lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis atau usaha makanan ringan satu ini.

Bagi yang berminat, sebelum menjalankan usaha ini maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa modal awal, biaya operasional, serta keuntungan yang akan dimiliki ke depannya. 

9. Kerupuk

Kerupuk adalah camilan renyah yang sangat populer. Tingginya peminat akan kerupuk membuat peluang usaha makanan ringan satu ini sangat menguntungkan. Jika berminat membuka usaha satu ini, tidak perlu khawatir sebab modal yang dikeluarkan tidak akan lebih dari Rp10 juta. 

10. Basreng

Basreng atau bakso goreng merupakan camilan yang terbuat dari bahan dasar bakso dan basa disajikan dengan bumbu-bumbu pedas yang nikmat. Nah, karena tingginya minat akan camilan ini, maka membuka bisnis atau usaha makanan ringan basreng bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Itulah 10 jenis bisnis atau usaha makanan ringan yang menguntungkan yang patut dicoba. Setiap usaha tentu membutuhkan jumlah modal yang berbeda-beda.

Maka dari itu pilihlah usaha yang benar-benar cocok dengan diri kamu sehingga keuntungan bisa dengan mudah didapatkan.