Peluang Usaha di Desa 2021 Paling Menjanjikan

  • Whatsapp
peluang usaha di desa

Beragam peluang usaha di desa bisa dimulai dengan modal kecil atau besar, tergantung jenis bisnis apa yang akan digeluti oleh pelaku usaha.

Semua jenis usaha di desa dapat dibilang cukup menjanjikan. Hal ini didukung oleh kondisi pedesaan yang telah mengalami kemajuan. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah pusat memiliki program pembangunan desa yang berfokus pada sektor perbaikan ekonomi.

Terbatasnya lapangan pekerjaan yang ada di perkotaan, membuat sebagian perantau memilih putar kemudi untuk membuka usaha di kampung. Karena bagi sebagian orang, ada beragam peluang usaha di desa yang berpotensi dan cukup menjanjikan dari segi penghasilan.

Peluang Usaha di Desa 2021, Adaptasi dari Kota

Kembalinya para sarjana yang menempuh pendidikan di kota-kota besar menjadi sumber daya besar sekaligus harapan baru untuk menggerakkan roda perekonomi pedesaan dengan cara mendirikan usaha.

Di bawah ini adalah contoh peluang usaha di desa yang dapat dijadikan referensi bagi kamu yang ingin berkontribusi dalam menopang ekonomi daerah.

1. Jasa Pembuatan Website

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Internet sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi desa. Dengan adanya jaringan internet, desa dapat mencari berbagai informasi. Meski tak semua desa dapat merasakan akses internet yang memadai, salah satu peluang usaha di desa yang paling potensial adalah menerima jasa pembuatan website.

Hal ini juga diterjemahkan dalam 4 Program Prioritas dari Kemendes PDTT terkait anggaran Desa 2017 yang antara lain:

  • Agar setiap desa memiliki satu produk unggulan (One Village One Product),
  • Adanya pembentukan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) untuk menambah pendapatan asli daerah agar bisa menopang pembentukan desa mandiri,
  • Pembangunan embung desa dan
  • Fasilitas olahraga.

Selain mempunyai manfaat untuk menambah wawasan penggunanya, internet juga berguna sebagai sarana atau media hiburan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Internet sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi desa.

2. Jualan Online

Memiliki produk desa yang unik, bernilai jual tinggi, dan tidak ada ditempat lain?
Cara yang paling efektif untuk memasarkan produk ke luar desa adalah dengan jualan online melalui internet.

Jualan online itu mudah karena modalnya hanya foto produk, tidak perlu membuat toko atau galeri. Produk desa yang dijual dapat berupa hasil ternak, hasil kebun, kerajinan atau produk berciri khas lainnya, obyek wisata, dan lainnya.

Dengan internet pasar produk desa yang biasanya terbatas secara geografi, bisa menembus batas hingga ke seluruh dunia. Internet juga dapat menjadikan birokrasi dan transparansi pemerintah desa menjadi lebih baik, dengan tersedianya sarana grup media sosial maupun forum warga berbasis internet.

Banyak hal lain di desa yang mungkin berkembang, desa bisa menjadi sumber dan akses ekonomi yang sangat besar, kreativitas warga akan lebih terasah, pendidikan yang lebih baik yang pada akhirnya dapat menggali potensi desa lebih maksimal.

3. Jual Token Listrik & Pulsa

Secara perlahan, masyarakat desa kini mulai beralih ke sistem listrik pra-bayar atau dengan kata lain menggunakan token listrik. Oleh karena itu, usaha penjualan token listrik merupakan bisnis di pedesaan yang paling menguntungkan.

Menariknya lagi, tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi penjual token listrik atau reseller, hal yang diperlukan hanya mencari distributor token listrik PLN di sekitar daerah.

Jualan token listrik juga merupakan bisnis usaha di desa dengan tingkat kerugian yang sangat rendah karena yang dijual adalah kebutuhan pokok masyarakat.

Biasanya, setiap penjual token listrik juga menyediakan pulsa untuk dijual bahkan kuota internet. Peluang bisnis di desa satu ini juga berpotensi untuk menopang ekonomi masyarakat pedesaan.

4. Usaha Jasa Titip Ke Kota

Usaha jasa titip ke kota merupakan bisnis di desa yang menguntungkan saat ini. Dalam konteks di desa, cara kerja bisnis ini adalah dengan membeli barang sesuai dengan permintaan konsumen ketika kita berada di kota dan nantinya konsumen akan membayar kita ditambah dengan biaya jasa titip tersebut.

Bisnis desa ini sangat terbantu dengan kemampuan menggunakan teknologi informasi sehingga menjadi peluang besar usaha di kampung untuk Kawula muda. Dengan menggunakan aplikasi dan membuat grup, kita dapat mengumpulkan konsumen dalam satu grup sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dengan mereka, seperti mengirim foto barang yang dititipkan untuk memastikan barang titipan sudah sesuai pesanan.

Peluang usaha di daerah pedesaan ini menguntungkan kedua pihak, baik itu untuk pekerja jasa titip ataupun untuk masyarakat karena tidak perlu lagi ke kota ketika membutuhkan sesuatu.

5. Menjadi Reseller 

Desa juga telah menjadi target pemasaran berbagai brand nasional maupun internasional yang bergerak di berbagai sektor seperti perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, produk kecantikan, dan berbagai sektor lainnya. Oleh karena itu, reseller dapat menjadi peluang usaha yang paling menjanjikan di desa.

Lakukan riset terlebih dahulu untuk menyesuaikan tren pasar yang ada di desa. Jika sudah melakukan riset produk yang paling potensial untuk dijual, selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana agar masyarakat tahu jika kamu adalah reseller resmi brand tersebut. Oleh karena itu,  siapkan etalase sederhana untuk memajang produk dijual jika mempunyai modal lebih.

Di lain sisi, kamu juga perlu menyesuaikan waktu pembayarannya sesuai dengan keadaan masyarakat, seperti pembayaran dapat dilakukan ketika telah masuk masa panen.

6. Jasa Servis Motor

Jasa servis motor merupakan jenis jasa yang tak lekang oleh waktu dan kebutuhan akan pekerjanya juga terus meningkat, begitu di daerah pedesaan. Jika kamu mempunyai skill ini dan memiliki tempat strategis seperti di jalan poros desa, membuka jasa servis motor dapat menjadi usaha di daerah pedesaan yang cukup menguntungkan.

7. Penginapan

Jika desa kamu adalah salah satu desa yang memiliki potensi wisata yang besar,  mempersiapkan rumah sendiri untuk siap dihuni oleh wisatawan dapat menjadi peluang bisnis di kampung halaman.

Kendati tidak selengkap dan senyaman penginapan mewah, penginapan warga tetap mempunyai keunggulan seperti suasana yang betul-betul natural. Kamu juga dapat menyediakan beberapa fasilitas layaknya hotel; minimal jika sudah ada akses internet, kamu bisa menyediakan wifi.

Bisnis penginapan ini dapat berjalan maksimal jika kamu melakukan kolaborasi dengan pihak pengelola objek wisata. Selain itu, memanfaatkan berbagai layanan media sosial juga membantu anda untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas.

Itulah beberapa peluang usaha di desa yang berpotensi mendapatkan keuntungan untuk pelaku usaha. Sebenarnya masih banyak contoh bisnis di kampung yang bisa dijalankan. Namun, ada jenis usaha di desa yang memerlukan dana besar. Intinya, jika kamu memang berniat membuka usaha di kampung halaman, lakukan sesuai passion kamu ya, agar tidak angin-anginan dalam menjalankan usaha.