Cara Membuat Undangan Pernikahan Digital Kekinian

  • Whatsapp
undangan pernikahan digital

Undangan pernikahan digital adalah bentuk undangan yang disebarkan secara daring melalui media digital hingga aplikasi chatting. Dari segi waktu, udangan digital jauh lebih praktis, cepat, dan mudah ketimbang undangan fisik.

Tren undangan digital ini pun semakin beragam, semula hanya berupa teks dan gambar saja. Namun, seiring kemajuan zaman, undangan digital kini juga hadir dalam format audio dan video.

Untuk lebih jauh mengenal tentang undangan digital, sebaiknya kamu simak artikel ini hingga tuntas, ya.

Perbedaan Undangan Pernikahan Digital dan Fisik

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan undangan pernikahan fisik sebagai media memberi kabar pernikahan. Jenis undangan fisik pun beragam. Mulai dari soft cover hingga hard cover dengan berbagai motif undangan yang bisa dijadikan pillihan.

Untuk masalah harga, undangan pernikahan fisik memakan biaya yang tidak sedikit. Hal itu diikuti dengan proses pembuatannya yang tergolong lama, bergantung dari jenis undangan dan jumlah order yang tekah disepakati antara konsumen dan produsen.

Berbeda dengan undangan fisik, undangan pernikahan digital bisa menjadi solusi bagi calon pengantin yang ingin mengabarkan pernikahannya melalui media digital maupun aplikasi chatting.

Undangan digital menggunakan format teks, audio, gambar, dan video. Artinya, undangan digital mampu menghemat biaya percetakan sekaligus menyumbang Go Green pada dunia, karena tidak menggunakan kertas ketika membuatnya.

Dari segi kreativitas, calon pengantin dapat membuat undangan digital dalam bentuk video animasi, video dokumenter sesuai keinginan. Sementara itu, penerima undangan dapat menyaksikan format undangan ini melalui smartphone.

Di sini tentu bisa disadari, bahwa format undangan digital ini bisa menghemat biaya mondar-mandir saat memberikan undangan kepada kerabat dekat, teman, dan tamu undangan lainnya. Undangan pernikahan digital mampu menjangkau orang-orang terjauh dalam waktu singkat. Tak heran, jika undangan digital begitu diminati oleh sebagian orang di Indonesia dalam memberi kabar pernikahan.

Tahap Membuat Undangan 

Tingginya permintaan membuat undangan digital saat ini, berimbas terhadap kemunculan jasa pembuatan undangan pernikahan digital. Hal ini menandakan adanya antusias yang tinggi dari masyarakat terhadap format undangan ini bagi yang mengusung konsep pernikahan sederhana.

Nah, calon pengantin bisa menggunakan jasa tersebut untuk membuat undangan digital. Umumnya, pemesan undangan hanya memberikan detail acara, waktu, lokasi, denah, dan nama keluarga. Tak hanya itu, pemesan undangan juga bisa menyisipkan tautan QR Code Google Maps guna memudahkan tamu undangan dalam mencari lokasi pernikahan yang sedang berlangsung.

Untuk masalah konsep undangan, biasanya pemesan undangan bisa berkosultasi terlebih dahulu dengan penyedia jasa. Dengan demikian, calon pengatin bisa mendapatkan format udangan digital sesuai dengan keinginan.

Namun, jika enggan menggunakan jasa pembuatan undangan pernikahan digital, kamu bisa membuat undangan digital dengan memanfaatkan beragam tools desain dari Adobe, atau software lainnya.

Website Membuat Undangan Pernikahan Digital

Selain menggunakan Adobe, cara membuat undangan digital lainnya adalah dengan memanfaatkan website desaian, seperti:

1. Invitation Card Maker

Salah satu media untuk membuat undangan yang banyak digunakan adalah Invation Card Maker. Website ini bisa diakses melalui komputer dan gawai. Kamu bisa melakuka eksplorasi dalam membuat undangan digital sesuai keperluan acara.

Di sini, banyak pilihan font yang bisa digunakan, juga dilengkapi dengan stiker sesuai kebutuhan. Silakan dicoba sendiri, ya.

2. Canva

Kalau yang satu ini, tentu sudah familiar sekali kan? Fitur-fitur yang ada di Canva bisa dibilang lengkap. Ya, meskipun ada versi berbayarnya, tetapi jika kamu mampu mengeksplor lebih, template undangan pernikahan digital yang ada di Canva cukup sedap dipandang mata dan disukai banyak orang.

3. Mivitation

Website ini juga banyak dipakai karena memiliki beberapa keunggulan, mulai dari desain yang bisa dilakukan sendiri, mudah digunakan, dan bisa langsung dikirim ke orang yang diinginkan.

Bila dibutuhkan, adapula fitur reservasi, jadi kamu bisa mengetahui siapa saja yang kemungkinan akan hadir pada acara tersebut.

Cara Membuat Undangan Digital

Hanya dalam beberapa langkah, kamu bisa membuat undangan pernikahan digital sendiri dengan menggunakan Adobe atau pun memanfaatkan webiste/aplikasi yang telah disebutkan di atas. Berikut tahapan yang bisa kamu coba.

1. Menyiapkan Konsep

Menyiapkan konsep undangan adalah perlu. Karena itu berkaitan dengan kebutuhan acara seperti undangan ulang tahun, acara reuni, acara kantor, bahkan acara pernikahan. Jadi, menyiapkan konsep adalah pokok utama dalam membuat undangan digital.

2. Menentukan Desain

Dalam membuat undangan baik fisik maupun digital, juga memerlukan desain sesuai kebutuhan yang diinginkan. Mulailah berimajinasi, dan mengajak orang-orang berpengalaman untuk membuat sketsa desain yang menarik, sehingga hasilnya pun bisa memuaskan nantinya.

Nah, untuk undangan digital sendiri, biasanya pada aplikasi, video, maupun website sudah ada template yang tersedia, tinggal diisi sesuai warna, gambar, dan tulisan yang diinginkan.

3. Pengisian Konten

Pastikan pengisian konten undangan pernikahan digital diisi dengan nformasi yang tepat. Mulai dari kapan acara digelar, letak lokasi, hingga siapa yang mengundang. Ini merupakan informasi penting standar yang wajib ada pada setiap undangan, tidak terkecuali undangan digital.

4. Lakukan Pengecekan

Apabila kamu merasa telah selesai dalam membuat undangan digital, sebaiknya lakukan pengecekan sebelum menyebarkan undangan melalui media sosial atau aplikasi chatting. Ya, meski undangan digital bisa diubah, tetapi kalau sudah tersebar dan ternyata ada kekeliruan kecil, akan jadi tidak memuaskan, bukan?

5. Simpan dan Sebarkan

Setelah itu, lakukan penyimpanan dari desain terkahir yang telah dibuat sedemikian rupa. Setelah merasa yakin selesai dan tidak ada kesalahan, barulah lakukan penyebaran undangan ke kerabat, teman dekat, atau tamu undangan lainnya untuk menghadiri acara.

Kesimpulan

Undangan pernikahan digital bisa dibilang cocok digunakan untuk mengundang teman-teman sebaya atau mereka yang sudah mahir menggunakan teknologi.

Akan tetapi, ada sebgian orang yang tetap membutuhkan undangan pernikahan fisik untuk mengundang tamu yang berusia lanjut atau jarang menggenggam ponselnya.

Namun setidaknya, jumlah cetak undangan tidak sebanyak sesuai jumlah tamu undangan. Kamu dapat menyamakan desain undangan pernikahan digital dengan versi cetak untuk mempermudah pengerjaan keduanya.

Pos terkait