Tips

Tips Menghemat Baterai Smartphone Paling Manjur

sumber : Tabloid Pulsa
Loading...

Di zaman serba online ini, kebutuhan smartphone tentu menjadi prioritas. Mulai dari kerjaan, belanja, aktivitas perbankan bahkan mau makan pun sudah menggunakan smartphone.

Kebutuhan yang semakin meningkat membuat produsen smartphone terus meningkatkan fitur-fiturnya. Sebab, kehadiran fitur-fitur tersebut dapat mempermudah pengguna untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Hanya saja, kadang kecanggihan fitur pada smartphone tidak dibarengi dengan ketahanan baterai sebagai pendukung utama agar smartphone tetap nyala dan bisa digunakan. Smartphone yang canggih sudah pasti membutuhkan daya yang besar untuk bisa berjalan maksimal.

Nah, kamu bisa kok memperpanjang daya tahan baterai smartphone kamu. Caranya begini:

1. Matikan Fitur Lokasi & Navigasi di Smartphonemu

Sebagai pengguna smartphone, kamu juga dituntut harus cerdas. Agar baterai smartphone kamu nggak cepat habis, kamu harus membatasi penggunaan fitur lokasi dan navigasi pada smartphone kamu. Kamu bisa memilih dengan seksama aplikasi mana saja yang diperbolehkan mengakses keberadaan kamu. 

Jika kamu menjalankan aplikasi navigasi, pastikan GPS sudah dimatikan seketika kamu sampai ke tempat tujuan. Dengan begitu, smartphone kamu tidak akan terus berusaha mendeteksi posisimu — aktivitas yang tentunya akan menyedot banyak tenaga baterai.

2. Membatasi Aplikasi yang Berjalan di Ponselmu

Biasanya, kamu suka move dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Kegiatan ini memang mengasyikan. Tapi, kegiatan ini juga akan menguras baterai, lho! Jadi mulai sekarang matikan aplikasi yang sudah tidak diperlukan agar baterai kamu bisa bertahan lebih lama.

3. Pastikan Layar Smartphonemu Tidak Terlalu Cerah

Bagi kamu yang suka mencerahkan layar smartphone sampai poll, sekarang kurangi ya. Selain kasihan dengan kesehatan mata kamu, kecerahan layar juga menjadi salah satu faktor bateraimu cepat habis. 

Bayangin deh, berapa banyak daya yang terkuras untuk mencerahkan layar smartphone kamu yang besar.  Jadi, mulai atur tingkat kecerahan layar smartphone kamu mulai sekarang, ya. 

4. Jangan Lupa Mematikan Fitur WiFi dan Bluetooth

Kamu pasti mengabaikan keberadaan fitur Bluetooth di smartphone kamu? Ya, kemajuan teknologi membuat fitur ini semakin renta alias jarang digunakan. Alhasil, kebanyakan pengguna smartphone pasti mengabaikannya, hidup atau mati toh nggak ada pengaruhnya.

Kamu salah. Membiarkan Bluetooth tetap menyala juga bisa membuat kamu boros baterai, meskipun tidak sedang terkoneksi. Jadi, jika tidak digunakan, matikan saja ya.

Begitu pula dengan wifi, jika tidak sedang terkoneksi, kamu bisa mematikan wifi kamu agar baterai bisa bertahan lebih lama.

5. Jangan Biarkan Smartphonemu Terlampau Panas

Sering merasakan smartphone kamu panas? Mungkin kamu baru mendengar suhu yang tinggi lebih cepat menguras baterai smartphone, lho. Jadi usahakan smartphone kamu tidak langsung terpapar matahari atau senagaj meletakkannya di samping jendela. 

Oke, itulah 5 hal yang harus kamu jaga agar baterai smartphone kamu bisa bertahan lebih lama. Semoga bermanfaat :) 

(Mal)
 



Loading...




[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar