Parenting

Tips Memilih Mainan Anak yang Baik Sebelum Membeli

mainan anak

Mainan anak haruslah disesuaikan dengan usia, manfaat, kesukaan, dan keamanan.

Mainan merupakan benda yang dapat dimaikan oleh setip anak kecil. Mainan anak sangat berguna bagi pertumbuhan seorang anak.

Dalam memilih mainan anak sebaiknya disesuaikan dengan usai anak tersebut. Karena hal ini erat kaitannya dengan keterampilan baru yang akan didapatkan oleh anak.

Selain itu, memberi mainan kepada anak mesti dilihat dari segi manfaat dan keselamatannya. Karena akan sangat berbahaya, kalau sampai anak memasukkan mainan ke dalam mulutnya.

Tak jarang orang tua dibuat bingung saat memilih mainan yang baik untuk anak mereka. Apa lagi, mainan anak banyak macamnya.

Jadi, bagi orang tua yang bingung membelikan mainan anak, Kawula ID telah merangkum tips membelikan mainan anak yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Usia anak 

Umumnya, penjual mainan anak tahu persis kelayakan usia anak untuk setiap jenis mainan. Tugas orang tua adalah memberikan mainan yang sesuai dengan usia anak. 

Hal ini berkaitan dengan tumbuh kembang setiap anak, dan anak dapat menikmati kegatan bermainnya dengan mainan yang telah diberikan.
Jadi, jangan sampai keliru dalam mebelikan mainan anak. Jangan belikan mainan yang membuat anak bosan dengan mainan yang telah diberikan.

2.Manfaat 

Mainan anak yang bagus dan baik dapat dilihat dari segi manfaatnya. Mainan yang bermanfaat dapat membuat anak senang dan bahagian dengan mainannya.

Manfaat membeli mainan anak juga membatu pekermbangan dan pertumbuhan anak seperti motorik halus dan kasar.

Menurut Pskiologi Anak, Febiana Pratomo M.Psi, memberikan mainan yang bermanfaat untuk anak merupakan cara menstimulasi sensoris, kognitif atau problem solviing dan kreativitas anak.

Semua itu bergantung cara orang tua mau memberikan stimulan kepada anak lewat mainan. 

3. Kesukaan anak 

Setiap anak tidak sama dalam soal memilih mainan. Ada yang suka puzzle, ada pula tipe anak yang suka mainan yang itu-itu saja.

Sebagai orang tua, sudah sewajarnya lebih kreatif dalam memberikan mainan anak dengan tema yang berbeda. 

Jangan terus menerus menuruti kemauan anak. Memberikan mainan baru dengan tema berbeda akan membuat perkembangan anak lebih baik.

4. Keamanan 

Mainan anak yang bagus dan baik dibuat dan dirancang sedemikian rupa dengan mempertimbangkan faktor keamanan.

Orang tua mesti paham saat memilih atau membeli mainan anak dengan mempertimbangkan risiko saat anak bermain dengan mainannya. 

Jika ragu, sebaiknya tanya dulu kepada penjual mainannya. Hal ini berguna untuk orang tua untuk tidak waswas ketika anak menikmati mainan yang diberikan.

Hindari membeli mainan anak yang bisa membuat anak memasukan mainan itu ke mulutnya. 

Itu tadi 4 cara memilih mainan anak yang baik untuk tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat ya.







[Ikuti Terus Kawula.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar