Syarat Pendaftaran CPNS 2021

  • Whatsapp
pendaftaran cpns 2021

Pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS 2021. Dibukanya seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, pada tahun 2020 lalu pemerintah tidak melakukan perekrutan CPNS karena pandemi COVID-19, sehingga anggaran pemerintah saat itu difokuskan untuk menanggulangi wabah tersebut.

Menjalani profesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau Abdi Negara merupakan pekerjaan yang paling diburu sekaligus diidamkan banyak orang. Dengan kata lain, menyandang atribut sebagai PNS pikiran pun langsung tertuju pada kesejehteraan yang akan diperoleh. Maka, tak heran jika ratusan ribu pelamar rela mengikuti setiap tahapan seleksi CPNS.

Namun, sebelum melamar atau mengikuti seleksi CPNS 2021 ini, sebaiknya calon pelamar mengetahui syarat pendaftaran CPNS dan dokumen yang diperlukan. Karena sayang sekali kalau sampai gugur lantaran dokumen tidak lengkap. Oleh karena itu, calon PNS harus tahu nih, apa saja persyaratan pendaftaran CPNS 2021. Yuk, lanjut.

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2021

Di tengah kabar baik dari pembukaan kembali rekrutmen CPNS 2021, tetapi penerimaan CPNS 2021 tidak ada lagi menerima guru dengan status PNS. Kabar baiknya, status guru yang diterima akan berubah menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Perubahan penerimaan status guru ini disebabkan oleh masalah penyaluran guru yang tidak merata di seluruh Indonesia sepanjang 20 tahun hingga kini oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Penerimaan PPPK untuk jabatan guru berdasarkan kesepakatan dengan beberapa instansi seperti Mendikbud, Menkeu, Menteri PANRB, BKN, dan Mendagri. Kesepakatan tersebut berupa dibukanya rekrutmen guru dengan target 1 juta formasi hingga akhir tahun 2021. Untuk proses seleksi guru PKKK ini rencananya akan dilakukan 3 kali secara berkala hingga periode 31 Desember 2021.

Selain lowongan guru PNS yang dihilangkan, BKN juga menghilangkan lowongan untuk tenaga kesehatan PNS pada rekrutmen CPNS 2021.

Proses pendaftaran CPNS 2021 direncanakan akan dilangsungkan pada bulan April – Mei dengan total jumlah formasi yang diusulkan di instansi pusat sebanyak 113.172 dan instansi daerah sebanyak 439.170.

Berdasarkan pengalaman rekrutmen CPNS yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Setidaknya, ada 16 syarat penerimaan CPNS pada 2019 yang bisa dijadikan gambaran secara umum bagi calon pelamar CPNS 2021.

Berikut syarat pendaftaran CPNS yang wajib diketahui

  1. Pelamar harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mengajukan lamaran.
  4. Tidak pernah memiliki masalah hukum sebelumnya seperti dipidana dengan pidana penjara.
  5. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat dari pekerjaan sebelumnya.
  6. Tidak berstatus CPNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Republik Negara Indonesia.
  7. Tidak menjabat sebagai anggota parta politik dan terlibat dalam politik praktis.
  8. Melamar posisi yang dibuka berdasarkan jenjang pendidikan yang dimiliki.
  9. Sehat jasmani sesuai dengan kualifikasi posisi yang dilamar.
  10. Bersedia ditempatkan sesuai dengan kebutuhan instansi.
  11. Memiliki kelakuan yang baik.
  12. Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri dengan pendidikan D3 minimal IPK 2,75 dan S1 minimal IPK 3,0, serta S2 dengan minimal IPK 3,20.
  13. Bagi lulusan dari perguruan tinggi negeri harus mengantongi akreditasi dari BAN-PT pada saat kelulusan.
  14. Untuk lulusan dari perguruan tinggi luar negeri harus mengantongi penyertaan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang terkait.
  15. Menguasai bahasa Inggris yang dapat ditunjukkan dengan TOEFL minimal nilai 450.
  16. Pelamar pria dan wanita tidak boleh memiliki tato di tubuh, dan pelamar pria dilarang untuk menindik.

Syarat rekrutmen CPNS di atas merupakan gambaran umum dari proses pendaftaran CPNS 2021 yang bisa dipersiapkan mulai dari sekarang. Karena proses penerimaan CPNS 2021 baru akan dimulai pada April – Mei.

5 Instansi Kebanjiran Pelamar CPNS

Banyaknya instansi yang membuka penerimaan CPNS membuat masyarakat Indonesia semakin antusias. Menurut BKN, ada 5 instansi yang kebajiran pelamar. Berikut instansi yang banyak dilamar oleh CPNS.

  1. Kemenkumham
  2. Mahkamah Agung.
  3. Instansi daerah yakni Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
  4. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
  5. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Ada beberapa alasan kenapa 5 instasi di atas begitu diminati oleh para pelamar CPNS. Kabarnya, selain Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Kemenkeu, dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), instansi seperti Kemenkumham dan  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang merupakan instansi dengan tunjangan PNS tertinggi.

Tahap-tahap Pendaftaran CPNS 2021 yang Harus Dilalui

Bagi calon pelamar yang belum lulus CPNS pada tahun sebelumnya, semoga tahun 2021 bisa menjadi tahun keberuntunganmu sebagai penebus kegagalan di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pemerintah kembali membuka pendaftaran CPNS 2021 yang sempat ditiadakan pada 2020 lalu. Setidaknya, ada 6 tahapan seleksi yang perlu kamu lalui untuk menyandang status sebagai PNS di antaranya:

  1. Seleksi Administrasi.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
  4. Integrasi Nilai.
  5. Pengumuman Nilai.
  6. Pemberkasan

Tahap pendaftaran seleksi CPNS ini, banyak pelamar yang gugur di tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) saat mengerjakan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) karena memperoleh nilai yang berada di bawah passing grade yang telah ditentukan.

Kendati dianggap sulit dalam proses seleksinya, pendaftaran CPNS 2021 tidak pernah sepi peminat karena jenis pekerjaan ini merupakan salah satu profesi yang dianggap prestisius bagi banyak masyarakat Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *