Syarat Daftar Google Adsense Cepat Diterima

  • 3 min read
  • Jun 25, 2020
Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog

Kapan waktu terbaik daftar google adsense?

Pertanyaan itu muncul ketika saya selesai membuat blog baru dengan menggunakan platform blogspot dua tahun lalu. Ringkas kata, blog bagi saya adalah ruang lain untuk mengekspresikan diri melalui tulisan. Saat itu, saya tak tahu menahu soal optimasi blog (khususnya blogspot), apa lagi cara menghasilkan uang dari internet dengan modal blog.

Lambat laun, saya mulai lelah mengisi blog saya itu. “Ngapain capek-capek ngisi blog, gak ada duitnya dan habiskan waktu saja,” gerutu saya dalam hati kala itu. Namun, pikiran buruk tentang blog terkalahkan dengan kecintaan saya pada dunia tulis. Saya urung berhenti ngeblog. “Lanjutkan saja, peduli apa dengan uang,” gumam saya.

Sebagai pengangguran kelas berat, banyak harapan saya untuk blog ini. Meski di lain sisi saya menyadari bahwa saya kudet (kurang update) soal perkembangan teknlogi, khususnya dunia blog. Seperti yang sudah saya katakan, blog bagi saya adalah “laman bermain” layaknya diary. Tidak percaya, dulu saya punya blog? Silakan berkunjung ke zasdar.blogspot.com (lupa sandi dan email-nya).

Blog itu saya buat tahun 2008 silam. Namun, jauh sebelum itu saya adalah pengguna setia Friendster dan Multiplay. Dengan kata lain, saya adalah orang yang gemar menghabiskan uang di warung internet (warnet). Kalau di warnet, saya tidak suka main game, saya lebih suka menghabiskan waktu dengan membaca, download lagu, dan menulis puisi di situs-situs yang menyediakan ruang atau rubrik puisi.

Bermodalkan bisa nulis (jauh dari kata bagus untuk sebuah tulisan) dan pengalaman itu, saya bikin blog lagi dibarengi dengan membeli top level domain (TLD). Biar ada kesan profesional saja. Padahal tulisannya begitu-begitu saja. Haha.

Dari situ saya mulai mencari tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari internet bermodalkan blog semata. Jawabannya adalah mendaftakan blog ke Google Adsense.

Semangat saya ngeblog jadi berlipat ganda. Saya buru-buru mendaftarkan blog saya ke Google Adsense. Meski tulisan yang berseliweran di internet mengatakan, salah satu syarat daftar Google Adsense adalah blog Anda harus berusia 6 bulan.

“Apa, 6 bulan? Ai makjang! Artinya, tulisan di blog harus mencapai ratusan dong, baru bisa daftar Adsense,” begitu yang saya tangkap dari sebuah tulisan tersebut (saya lupa nama situsnya).

Beruntung, saya bukan orang yang serta merta percaya pada teori semata. Saya abaikan itu “warning”, saya lanjut daftarkan blog saya ke Google Adsense. Saya cuma ingin buktikan, apakah akan ditolak atau diterima oleh Google meskipun usia blog masih seumur jagung (baca: kurang dari satu bulan).

Yang terjadi di luar dugaan, blog saya diterima sebagai mitra Google Adsense. Saya gembira bukan main. Jadi, kapan saat yang tepat mendaftarkan blog ke Google Adsense? Berapa banyak pula jumlah tulisan di blog untuk didaftarkan ke Google Adsense?

Meskipun saya kudet, tetapi satu sisi saya gemar membaca. Sebelum mendaftarkan blog saya mencari tahu cara daftarkan blog ke Google Adsense dan membaca syarat-syaratnya terlebih dahulu.

Syarat Daftar Google Adsense

  • Pastikan usia kamu lebih dari 18 tahun. Karena itu sudah menjadi persyaratan dan ketentuan dari pihak Google.
  • Pastikan konten blog kamu original (orisinil) dan memiliki kualitas yang baik di mata google. Sebab, hanya dengan kualitas tulisan yang baik, blog kamu akan memperoleh audiens. Dengan kata lain, untuk menjadi mitra Adsense, blog kamu dituntut bisa menarik minat baca pengunjung secara organik.
  • Segi teknis lainnya, pastikan blog kamu telah terhubung dengan Google Search Console, dan blog kamu sudah menerakan halaman seperti, about, contact, disclaimer, dan privacy policy.

Hal yang tertera di atas merupakan bagian penting saat kamu ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense. Meskipun pada halaman persyaratan dan ketentuan, Google tidak menyebutkan usia blog dan berapa jumlah tulisan yang ada di blog, sebaiknya ikuti saja aturan yang telah ditentukan oleh Google, yaitu kualitas dari sebuah tulisan.

Bukankah ada semacam adagium “Konten is King” yang digadang-gadang oleh para blogger? Saya kira, hal itu ada benarnya. Persoalan jumlah tulisan di blog, sependek pengalaman saya, ada 30 tulisan saat saya mendaftarkan blog ke Google Adsense. Ringkas kata, saya rutin isi blog setiap hari minimal satu artikel.

Untuk persoalan waktu, saya kira ini relatif. Hemat saya, saat yang tepat daftarkan blog ke Adsense, ketika usia blog sudah mencapai 1-2 bulan. Bahkan salah satu blog saya pernah usia dua minggu telah diterima oleh Google Adsense. Jadi, tak ada pakem yang pas sebenarnya soal umur blog. Kamu cukup mengikuti hal-hal yang telah disebutkan oleh pihak Google jika masih bersikeras blog kamu keterima jadi mitra mereka.

Akhir kata, selamat mencoba!

Jangan takut gagal dan gampang menyerah. Selain bermitra dengan Google Adsense, masih banyak cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah. Kamu bisa berselancar dan mencari tahu tentang hal itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia