Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Ubersuggest

  • 3 min read
  • Sep 13, 2020

Melakukan riset kata kunci merupakan kegiatan yang umumnya dilakukan oleh para pemilik website atau blogger. Kegiatan riset kata kunci termasuk salah satu cara dalam mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), yang bertujuan membantu blogger untuk mendapatkan banyak traffic (pengunjung) ke situs mereka.

Salah satu tool (alat) gratis untuk keperluan keyword research, yaitu Ubersuggest Neil Patel, yang sejatinya adalah paraktisi internet dan seorang master SEO.

Nah, tool Ubersuggest ini dapat membantu para blogger untuk mencari keyword untuk website, sekaligus sebagai ide dasar untuk menentukan topik dari sebuah tulisan.

Umpama menemukan mata air di gurun pasir, adanya tool Ubersuggest sangat membantu dan bermanfaat bagi blogger pemula, yang akan lebih mudah dalam meriset kata kunci. Maka, apa saja yang bisa kita dapatkan saat menggunakan Ubersuggest untuk menentukan keyword yang kita kehendaki?

Ubersuggest Adalah

Ubersuggest merupakan tool gratisan lengkap sekaligus populer, yang diciptakan oleh praktisi internet berkebangsaan Inggris, Neil Patel. Tool ini dapat membantu kita untuk mencari kata kunci guna meningkatkan optimasi dari SEO sebuah webiste.

Informasi penting akan dihadirkan Ubersuggest, ketika seseorang mengetikkan kata kunci di kolom pencarian situs tersebut. Dari situ, tool ini akan melampirkan dan menampilkan hasil dari kata kunci yang telah diketikkan tadi sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sekaligus menentukan kata kunci yang tepat sesuai target Anda.

Sejatinya, Ubersuggest adalah tool yang meringankan pekerjaan Anda. Pasalnya, dalam proses pencarian kata kunci bukanlah perkara mudah. Banyak informasi yang harus digali agar pekerjaan Anda tidak sia-sia dalam proses menentukan target kata kunci.

Adapun informasi yang telah disediakan oleh website Ubersuggest Neil Patel, yaitu:

1. Domain Overview

Pada halaman ini, Anda dapat melihat performa dari situs orang lain atau kompetitor, mulai dari SEO, pemasaran konten (content marketing), sampai pada strategi pemasaran media sosial dari website kompetitor.

Peran Ubersuggest di sini adalah memungkinkan Anda mendapatkan insight dari strategi yang digunakan oleh pesaing, yang bisa dijadikan ide dasar sekaligus mengembangkan ide tersebut dalam membuat konten yang lebih baik dari pesaing Anda.

2. Top SEO Page

Melalui Ubersuggest, Anda bisa mendapatkan laporan mengenai halaman-halaman dari teratasa dari sebuah website orang lain atau pesaing Anda. Tak hanya itu, kata kunci organik yang mereka gunakan juga dapat Anda temui di sini. Berikut seberapa populernya halaman ini di media sosial seperti Facebook dan Pinterest.

3. Keyword Suggestion

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Keyword Suggestion tidak ubahnya dengan sugesti kata kunci. Jadi, Anda bisa diberikan ide-ide kata kunci saat menggunakan tool ini dalam melakukan pencarian kata kunci.

Tool ini akan melampirkan data seperti volume pencarian, ketatnya persaingan kata kunci, sampai tren dari setiap kata kunci itu sendiri. Informasi yang disuguhkan oleh tool ini merupakan data dari para kompetitior Anda, dan seberapa banyak orang mencari kata kunci tersebut di Google.

4. Content Ideas

Content Ideas atau ide konten pun bisa Anda dapatkan lewat tool ini. Hal ini bisa menjadi sumber inspirasi Anda untuk menulis sesuatu di webiste. Dari sini, Anda bisa menjalankan strategi pemasaran konten yang baik.

5. Backlink Data

Backlink merupakan salah satu cara yang masih digunakan hingga kini untuk menaikkan peringkat sebuath webiste. Karena Backlink sangat berpengaruh dalam strategi SEO. Di halaman ini, Adan bisa melihat konten apa saja yang sering ditautkan (link) oleh banyak orang ke dalam lingkaran Anda.

Nah, jika Anda berminat untuk meningkatkan peringkat website Anda dengan backlink, maka Anda bisa menggunakan jasa content placement Kawula.

Selanjutnya, mari kita masuk pada bagian cara menggunakan Ubersuggest untuk keperluan SEO dalam membuat konten menarik dan disukai pembaca.

Cara Menggunakan Ubersuggest

Berikut tahap-tahap dan cara menggunakan Ubersuggest

  • Ketik alamat situs Ubersuggest
  • Lakukan registrasi dengan email aktif, atau
  • Anda bisa langsung mengetikkan ide kata kunci yang akan dianalisis
  • Tentukan pilihan negara untuk mengetahui tingkat persaingan
  • Berikutnya, Ubersuggest akan menampilkan data dari kata kunci yang telah Anda ketik barusan, seperti keyword idea, alamat halaman tautan, dan hasil dari kata kunci secara menyeluruh (overview).
  • Dari sini, Anda bisa mengekspor laporan ini ke dalam file CSV
  • Selanjutnya, Anda dapat memilah kata kunci beserta turunanya untuk keperluan website Anda

Nah, cukup mudah, bukan? Kesimpulannya, apapun jenis tool yang Anda gunakan, menyadari pentingnya melakukan keyword research sangat bermanfaat bagi perkembangan website Anda ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Unlimited Indonesia