Refresh Rate: Teknologi Penting Suatu Gadget

  • Whatsapp
refresh rate adalah

Mungkin banyak pengguna smartphone atau gadget tidak mengetahui istilah refresh rate. Refresh rate adalah kondisi panel layar gadget akan memperbarui atau merefresh pixel secara berkala.

Sebab, layar smartphone atau gawai pada dasarnya tidak statis. Ada semacam pergerakan halus  pada layar yang terus bergerak karena pembaruan pixel secara terus-menerus. Kondisi refresh inilah yang disebut sebagai refresh rate.

Bacaan Lainnya

Refresh Rate Adalah

Dapat dikatakan, refresh rate adalah tolak ukur seberapa cepat layar gadget kamu dalam merefresh pixel setiap detiknya. Ukuran yang digunakan biasanya adalah Hertz atau Hz.

Nah, gadget yang punya refresh rate 90Hz, artinya bisa merefresh pixel sebanyak 120 kali per detik. Hal inilah yang membuat kegiatan scrolling di touch screen gadget kamu jadi lebih menyenangkan dan tanpa kendala.

Perbedaan Refresh Rate dan Touch Sampling Rate

Selain istilah di atas, ada juga istilah touch sampling rate. Touch sampling rate sering disandingkan dengan tingkat penyegaran. Contohnya, refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz. Nah, apa sih perbedaan dari keduanya?

Touch sampling rate adalah istilah yang digunakan untuk berapa kali layar gadget kamu bisa mencari input dengan jari setiap detiknya. Semakin tinggi touch sampling rate-nya, semakin tidak ada jeda sentuhan dan respons layar gadget. Biasanya ya, gadget dengan touch sampling rate yang baik ini cocok dengan aktivitas bermain game.

Refresh Rate Tinggi Mempengaruhi Latensi yang Rendah

Semakin cepat tingkat penyegaran suatu pixel dapat membuat latensi semakin rendah pula. Perbandingannya adalah, 60Hz memerlukan 16,6 ms refresh, artinya 120Hz memerlukan 8,3 ms. Tingkat penyegaran menjadi faktor utama mencegah latensi pada gadget kamu.

Layar gawai tidak serta merta refresh secara keseluruhan. Setiap baris horizontal pixel akan upgrade secara bergantian hingga keseluruhan layar sesuai dengan kebutuhannya. Satu siklus refresh terus akan memakan cukup banyak waktu untuk memperbarui secara keseluruhan.

Sangat Penting untuk Browsing

Refresh rate yang baik bisa menjadi solusi untuk resolusi lebih tajam dari layar gadget kamu.  Terutama jika kamu menghabiskan banyak waktu dengan gadget, misalkan bekerja, melihat email, media sosial, dan lain sebagainya.

Dengan tingkat penyegaran yang tinggi, proses tampilan layar akan menyesuaikan fps dengan konten. Hal inilah yang membuat tampilan di layar smartphone kamu menjadi lebih halus. Sedangkan gadget yang memiliki tingkat refresh rendah akan membutuhkan waktu ketika menampilkan sebuah konten beresolusi tinggi.

Kebutuhan Mobile Gaming

Tingkat penyegaran yang tinggi bisa jadi salah satu pertimbangan penting bagi para gamers. Pasalnya, angka penyegaran yang tinggi akan berpengaruh pada fps, waktu respons, serta latensi yang rendah. Sehingga gameplay permainan akan semakin lancar jika punya gadget dengan refresh rate yang baik.

Hanya saja, kekurangan dari gadget dengan tingkat refresh yang tinggi adalah penggunaan baterai yang boros. Sekalipun beberapa smartphone sudah berteknologi adaptive.

Layar LTPO, Kombinasi dengan Baterai Smartphone

Saat ini, ada teknologi terbarukan yang mulai masuk ke dalam industri smartphone, yaitu tampilan LTPO alias Low Temperature Polycrystalline Oxide. Tampilan ini membuat pengelolaan tingkat penyegaran dan baterai dapat saling menyesuaikan dengan kebutuhan.

Teknologi LTPO ini menggunakan kombinasi LTPS dan TFT, yaitu teknologi berbahan indium gallium zinc oxide. TFT IGZO akan menggerakkan layar, kemudian LTPS dan TFT-lah yang bertugas menangani pertukaran sirkuit pada smartphone. Sehingga tampilan yang dihasilkan akan lebih efisien serta punya tingkat penyegaran yang lebih dinamis.

Itulah sedikit pemaparan soal refresh rate yang ada pada layar gadget kamu. Jika selama ini kamu belum memahaminya, maka melalui artikel ini, ke depan kamu sudah bisa mempertimbangkan gadget yang tepat sesuai kebutuhan.

Gadget yang memiliki teknologi refresh yang baik mungkin dibutuhkan. Tetapi, tetap ada kekurangan yang harus kamu ketahui. Aktivitas bermain game atau bekerja dengan gadget mungkin lebih membutuhkan gadget yang memiliki tingkat penyegaran dan touch sampling rate yang tinggi.

Pos terkait