Yuk Istirahatkan Kulitmu dengan Melakukan Rutinitas Perawatan Kulit saat Malam

Avatar

Setelah melakukan banyak kegiatan sepanjang hari, kita menjadi lelah dan ingin cepat beristirahat. Hal itu juga yang dirasakan oleh kulitmu, lho! Banyaknya aktivitas juga dapat membuat kulitmu kelelahan dan butuh relaksasi sehingga perawatan rutin yang tepat sangatlah dibutuhkan.

Perawatan yang tepat dapat dilakukan pada pagi maupun malam. Akan tetapi, saat kulit sudah terkena banyak kontaminasi dari luar saat melakukan aktivitas di siang hari, melakukan perawatan kulit yang rutin pada malam hari harus menjadi kewajiban. Meskipun terkesan merepotkan, melakukan perawatan kulit saat malam akan membantu untuk menghindari kulitmu dari berbagai masalah kulit.

Selain itu, melakukan serangkaian rutinitas perawatan kulit saat malam juga akan membuat kulitmu merasakan berbagai manfaat seperti lebih lembap, kenyal, dan sehat.

Tips Melakukan Rutinitas Perawatan Kulit

Yuk, intip beberapa tips berikut ini untuk merawat kulit dengan melakukan rutinitas perawatan pada malam hari.

1. Jangan Lupa Menghapus Makeup

Seharian menggunakan foundation dan bedak yang menempel tentu saja membuat kulitmu perlu istirahat. Kandungan yang dimiliki produk kecantikan tersebut membuat kulitmu terasa berat bahkan beberapa di antaranya dapat menyumbat pori-pori wajahmu. Jika kulitmu tidak memiliki jeda untuk beristirahat, ini dapat membuat beberapa permasalahan pada kulit seperti iritasi, jerawat, dan lain-lain.

Untuk itu, langkah pertama mengistirahatkan kulit adalah dengan tidak lupa untuk selalu menghapus makeup yang menempel. Selain untuk menjaga kebersihan wajah, menghapus makeup juga dapat membuat kulitmu bernafas setelah memakai berbagai produk di wajah. Kamu dapat menghapus makeup dengan menggunakan metode double cleansing, yakni menggunakan micellar water dan setelahnya membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah.

2. Melembapkan Wajah

Mengistirahatkan wajah salah satunya adalah dengan menggunakan pelembap. Beraktivitas di ruangan ber-AC terlalu lama dapat berakibat pada keringnya kulit sehingga dibutuhkan kelembapan ekstra untuk mencegah masalah itu terjadi. Selain itu, pemakaian riasan di wajah juga dapat mengakibatkan kulit wajah yang kering. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan pelembap dalam rutinitas perawatan kulit malam.

Selain berfungsi untuk mencegah kulit terlalu kering, pelembap juga memiliki fungsi untuk meremajakan kulit. Dengan terhidrasinya kulit wajah, pori-pori tidak tersumbat sehingga membuat kulit wajah lebih sehat. Pilihlah pelembap sesuai kebutuhanmu, di mana pelembap bisa ditemukan dalam berbagai bentuk seperti losion, krim, dan lain-lain.

3. Menggunakan Masker Wajah

Banyaknya aktivitas sehari-hari juga dapat membuat kita stres. Hal ini ternyata juga dapat berimbas pada kesehatan kulit wajah. Untuk itu, kulit dan tubuh perlu mendapatkan terapi ringan yang bisa merelaksasi dan mengurangi adanya ketegangan. Masker wajah dapat menjadi salah satu opsi untuk mengurangi stres dan tegang pada kulit wajah.

Kamu dapat menambahkan masker pada rutinitas perawatan kulit malam. Selain membuat efek relaksasi, memakai masker wajah juga memiliki beberapa manfaat seperti mencerahkan kulit, melembapkan, menyamarkan noda, dan berbagai manfaat lainnya. Kamu dapat menggunakan masker wajah selama kurang lebih 15 menit setelah itu tidak perlu untuk membilasnya, cukup biarkan kandungan masker meresap pada kulit. Lebih praktis, bukan?

4. Jangan Lupa Menggunakan Serum

Serum pada dasarnya memiliki bahan aktif perawatan kulit yang sangat terkonsentrasi yang dapat mengatasi masalah kulit yang kamu miliki. Produk ini tentu saja tidak boleh dilewatkan terutama jika kamu memiliki masalah spesifik pada kulit. Serum memiliki berbagai fungsi di mana kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Serum biasanya digunakan setelah menggunakan toner karena teksturnya yang lebih kental. Penggunaannya cukup mudah, cukup oleskan di wajah secukupnya dan tunggu produk tersebut meresap. Saat ini kamu tidak perlu kebingungan saat memilih serum, karena banyak produk kecantikan lokal yang memiliki serum berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

5. Eye Cream

Beberapa orang memiliki permasalahan pada kantung mata. Hal ini tentu mengganggu dan dapat diatasi dengan menggunakan serangkaian produk perawatan kulit yang benar, salah satunya adalah dengan menggunakan eye cream. Beberapa produk eye cream mengklaim dapat membantu kamu untuk menyamarkan kantung mata yang kehitaman sehingga mampu membuat efek mencerahkan pada bagian tersebut.

Krim mata atau serum mata bukanlah keharusan bagi semua orang, tetapi ini adalah rutinitas perawatan kulit malam hari yang didedikasikan untuk dapat memanjakan diri. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif pada area bawah mata, pilihlah produk eye cream yang sesuai sehingga tidak menyebabkan kulitmu iritasi. Selain itu, penggunaan eye cream juga berfungsi untuk mencegah kerutan dan penuaan dini pada daerah mata.

6. Gunakan Juga Lip Mask

Siapa sangka kalau bibir juga perlu perawatan? Bibir adalah salah satu area yang mudah kering dan terkelupas. Masalah itu terjadi dikarenakan terlalu sering menjilati area tersebut sehingga menjadi mudah kering. Jika kamu menyepelekan kering dan pengelupasan pada bibir, hal itu dapat membuat bibirmu pecah-pecah dan mudah berdarah.

Untuk itu, pastikanlah untuk menggunakan lip mask atau masker untuk bibir secara rutin agar bibirmu lembap, tidak pecah-pecah, dan terhidrasi. Masukkanlah penggunaan masker bibir dalam rutinitas perawatanmu pada malam hari. Selain itu, menggunakan masker bibir juga bisa membuatmu lebih relaks dan tenang.

Rutinitas perawatan kulit pada malam hari tergolong sebagai hal yang penting dan tidak boleh kamu lewatkan. Melakukan perawatan ini juga dapat menghindarimu dari berbagai permasalahan kulit serta menjadi investasimu untuk hari tua. Itulah enam rangkuman untuk mengistirahatkan kulit dengan melakukan perawatan rutinitas pada kulit di malam hari. Semoga bermanfaat!