10 Obat untuk Sakit Pinggang Alami dari Bahan Herbal

  • Whatsapp
obat sakit pinggang alami
Berbagai bahan-bahan herbal bisa dijadikan obat untuk sakit pinggang. Gambar: Ilustrasi dari Pixabay

Obat untuk sakit pinggang yang ampuh dan efektif meredakan nyeri bisa menggunakan bahan alami atau ramuan herbal tradisional.

Salah satu problem kesehatan yang seringkali dialami oleh banyak orang, yaitu sakit pinggang. Sakit pinggang bisa dialami siapa saja, dan banyak faktor yang membuat seseorang terkena sakit pinggang.

Sakit pinggang biasanya disebabkan karena ligamen terkilir atau akibat otot terlalu meregang berlebihan. Dan biasanya terjadi setelah mengangkat beban yang berat didukung dengan posisi tubuh yang tidak pas. Selain itu, faktor lain seperti terlalu lama duduk, terlalu lama berdiri, atau cedera saat olahraga juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang.

Nah, agar kondisi tidak semakin parah, atasi  sakit pinggang dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami atau herbal yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita.

Obat untuk Sakit Pinggang Alami Terbaik dari Bahan Herbal

Sakit pinggang sering menimbulkan rasa nyeri secara tiba-tiba. Sebagai penolongan pertama, berikut cara mengatasi sakit pinggang dengan memanfaatkan bahan alami atau herbal, yang bisa ditemukan di rumah.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang sering diandalkan sebagai pereda nyeri alami.

Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi 2 gram jahe per hari dapat mengurangi rasa nyeri otot yang diakibatkan olahraga dan meminumnya setidaknya selama 5 hari untuk hasil yang maksimal.

Cara mengonsumsinya dengan menambahkan beberapa irisan jahe ke dalam smoothie atau teh. Kamu bisa juga mendapatkan suplemen jahe yang tersedia di toko kesehatan.

2. Capsaicin

Mungkin Capsaicin kurang familiar di telinga, bukan? Capsaicin adalah suatu senyawa yang terkandung dalam cabai, paprika, atau bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas.

Kandungan capsaicin ini biasanya digunakan sebagai obat untuk sakit pinggang. Karena senyawa ini bekerja mengurangi zat alami tertentu di dalam tubuh yang mampu meloloskan sinyal rasa sakit dari saraf ke otak.

3. Kunyit

Kunyit sering dijadikan sebagai obat herbal sakit pinggang karena memiliki sifat antioksidan, anti-rematik, dan anti-inflamasi di dalamnya.

Cara menggunakan bahan kunyit untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan mencampurkan sedikit bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat. Jika ingin ada cita rasa manis, boleh menambahkan madu secukupnya.

Konsumsi ramuan tradisional ini sebelum tidur agar proses antiinflamasi pada kunyit dapat bekerja secara maksimal saat kamu tidur.

4. Cherry

Kandungan antioksidan dan antiperadangan di dalam cherry dipercaya dapat dijadikan sebagai obat sakit pinggang alami dan mampu meredakan rasa nyeri.

Cobalah minum segelas jus cherry setiap hari dan amati apakah memiliki efek positif dalam meredakan sakit punggungmu. Mengonsumsi jus cherry juga dapat meredakan nyeri otot bahkan hingga kondisi yang kronis.

Namun, apabila tak kunjung membaik segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

5. Kompres Es atau dengan Air Hangat

Untuk mengatasi sakit pinggang secara alami kamu bisa mengompres bagian yang sakit menggunakan es atau air hangat. Coba obat sakit pinggang alami beberapa kali sehari hingga 20 menit sekali.

Caranya dengan membungkus kantos es dengan handuk tipis untuk melindungi kulit kamu. Setelah beberapa hari, kamu bisa alihkan menggunakan kompresan air hangat untuk melemaskan otot dan meningkatkan aliran darah ke area yang sakit.

Kamu juga bisa mencoba mandi dengan air hangat untuk membantu relaksasi.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu obat tradisional sakit pinggang karena mengandung vitamin, kalsium, dan mineral yang dipercaya dapat membantu meredakan sakit punggung.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung allicin sebagai komponen aktif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Konsumsi bawang putih sebagai obat sakit pinggang alami dengan mencampurkannya dengan bubuk cabai, jahe merah, dan larutan alkohol 75%.

Selanjutnya, rendam dan diamkan setelah 2 minggu. Setelah proses itu selesai, maka ramuan ini dapat digunakan sebagai obat oles untuk pinggang yang terasa nyeri.

7. Daun Sirsak

Daun sirsak dipercaya sebagai tanaman obat sakit pinggang karena mengandung serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, air, fosfor, kalsium, dan lemak yang bagus untuk mengobati rasa sakit atau nyeri pada pinggang.

Caranya dengan merebus kurang lebih 20 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih dengan air mendidih. Lalu, konsumsi ramuan tersebut sebanyak ¾ gelas setiap hari sebagai obat tradisional sakit pinggang.

8. Bawang Merah

Tak hanya andal sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus menyembuhkan sakit pinggang.

Hal ini karena bawang merah mengandung komponen aktif seperti flavonoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan tanin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cukup siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan kurma cina. Lalu tambahkan air secukupnya dan rebus air hingga mendidih dan menyusut menjadi setengahnya.

Minum air ramuan tersebut selagi hangat untuk meredakan sakit pinggang.

9. Rosemary

Tanaman obat sakit pinggang yang bisa kamu andalkan adalah rosemary yang dapat meredakan rasa nyeri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman rosemary dapat membantu mengobati sakit kepala, nyeri otot dan tulang, serta kejang.

Rosemary juga dapat mengurangi peradangan, mengendurkan otot polos, dan meningkatkan daya ingat. Kamu bisa gunakan rosemary sebagai obat sakit pinggang alami dalam bentuk minyak esensial.

Caranya dengan mengencerkan minyak esensial sebanyak tiga hingga lima tetes dalam setiap ons minyak pembawa seperti minyak zaitun. Kamu bisa menggunakannya sebagai minyak pijat pada bagian yang terasa sakit atau nyeri.

10. Peppermint

Peppermint merupakan tanaman yang memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan pereda nyeri yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi sakit pinggang.

Caranya tak jauh berbeda dengan rosemary, yakni encerkan minyak esensial peppermint dengan minyak pembawa.

Kemudian, oleskan dan pijat secara pelan ke area yang terasa sakit atau nyeri. Kamu juga bisa gunakan minyak esensial ini sebagai campuran pada air untuk mandi.

Hindari penggunaan minyak peppermint ini pada kulit luka terbuka. Sebab dapat menyebabkan reaksi alergi, dan jangan digunakan di sekitar anak-anak.

Itu tadi beberapa referensi obat sakit pinggang alami terbaik yang bisa diandalkan untuk meredakan rasa nyeri atau sakit pada pinggang dengan bahan-bahan herbal.

Selain itu, lakukan juga olahraga secara rutin seperti melakukan yoga untuk menghindari terjadinya sakit pinggang atau masalah kesehatan lainnya. Apabila sakit berlanjut, kamu bisa konsultasikan masalah kesehatanmu ke dokter, ya.