5 Merk Obat Gatal Selangkangan Paling Efektif

  • Whatsapp
obat gatal selangkangan
Umumnya, obat gatal selangkangan dapat ditemukan dengan mudah di apotek terdekat. Foto (HonestDocs)

Obat gatal selangkangan paling ampuh serta efektif menghilangkan gatal bisa didapat dengan mudah di apotek terdekat.

Permukaan yang lembap di selangkangan dan adanya gesekan antara permukaan kulit dapat menyebabkan gatal di area selangkangan. Akibatnya, kulit pada area tersebut menjadi iritasi dan rentan terserang infeksi jamur, khusunya di bagian lipatan paham dalam, bokong, hingga kelamin.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, penyakit kulit dapat menular apabila terjadi kontak langsung dari kulit ke kulit. Contohnya, penggunaan pakaian yang sama, handuk, atau sedang mengalami infeksi jamur lain di bagian kuku.

Kondisi ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan? Terlebih, jika rasa gatal datang menyerang. Umumnya, penyakit kulit bagian selangkangan ditandai dengan bentuk lingkaran bewarna merah yang dihiasi lepuhan aktif pada pinggirannya. Kondisi ini menimbulkan rasa perih dan kulit mengelupas.

5 Merk Obat Gatal Selangkangan Paling Efektif

Obat gatal untuk selangkangan di bawah ini dapat ditemui di apotek, dan tentunya dapat mengatasi penyakit kulit. Berikut beberapa merk obat gatal untuk kulit yang biasa digunakan.

1. Kalpanax K

Kalpanax memang dikenal sebagai salah satu merk obat gatal yang ampuh di apotik. Salah satunya adalah Kalpanax-K 2% Cream yang dapat digunakan sebagai obat gatal selangkangan.

Obat ini hadir dengan kemasan tube 5 gram dan berbentuk krim. Cara penggunaannya dengan mengoleskan krim pada area yang terinfeksi 2 kali sehari dan ratakan dengan jari.

Gunakan selama 2-6 minggu sampai sembuh. Untuk mencegah kambuh kembali, pengobatan harus diteruskan 10 hari setelah semua gejala hilang.

Perlu diingat bahwa obat ini tidak diperuntukan untuk luka terbuka dan harus digunakan sesuai dengan aturan pakai.

2. Mycoral

Obat gatal di apotik selanjutnya adalah Mycoral krim yang mengandung zat aktif ketoconazole 2% yang ampuh untuk mengatasi infeksi jamur pada bagian lipatan paha dalam.

Obat ini berbentuk krim sehingga mudah untuk digunakan, yakni dengan cara mengoleskan krim Mycoral pada area infeksi 1-2 kali sehari sampai kondisi benar-benar membaik.

Selain itu, obat ini dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur lainnya seperti tinea korporis, tinea manus, tinea versikolor, kandidiasis serta dermatitis serobik.

Baca juga: Telapak Tangan Gatal? Waspadai Penyakit Serius Ini

3. Zoralin

Zoralin merupakan obat gatal yang mengandung ketokonazol 2% yang dapat mengobati infeksi yang dikarenakan oleh jamur.

Selain dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal di selangkangan, obat ini juga dapat digunakan sebagai obat panu, kurap di badan dan leher, kutu air dan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur lainnya.

Penggunaannya juga cukup mudah dengan mengoleskan krim Zoralin pada area yang terinfeksi 1-2 kali sehari.

Obat ini juga tergolong obat kera. Untuk memperolah merk obat gatal kulit Zoralin di apotik, wajib menggunakan resep dari dokter.

4. Trosyd

Trosyd adalah obat gatal paling ampuh di apotik yang mengandung Tioconazole 1%. Obat ini mampu meredakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur seperti rasa gatal dan ruam pada kulit.

Obat ini tergolong obat keras, sehingga tidak bisa dibeli secara bebas di apotik. Kamu memerlukan resep dari dokter untuk membelinya dan penggunaannya pun harus sesuai dengan anjuran yang diberikan.

Perlu diketahui, obat ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan pada mata, ibu hamil, ibu menyusui dan orang yang hipersensitif.

5. Daktarin

Daktarin merupakan obat gatal  yang mengandung Mikonazol nitrat 2%.

Produk ini dapat mengobati berbagai penyakit kulit, bercak putih atau merah pada kulit yang diakibatkan oleh jamur dan superinfeksi akibat bakteri Gram positif.

Obat ini tersedia dalam bentuk krim dan powder. Daktarin bisa digunakan 2 kali sehari selama 2-6 minggu dengan mengoleskan pada bagian kulit yang terinfeksi sesuai dengan aturan pakai.

Daktarin tergolong obat bebas yang dapat dibeli secara bebas di apotik tanpa menggunakan resep dokter.

Itulah beberapa merk obat gatal selangkangan paling ampuh di apotik. Selain menggunakan obat gatal, kamu juga perlu menjaga kebersihan dengan tetap menjaga bagian tubuh agar tidak lembap dan terbebas dari infeksi jamur.

Pos terkait