Obat Bisul Alami agar Cepat Sembuh

  • Whatsapp
obat bisul alami

Ada beberapa jenis bahan-bahan herbal yang dapat dijadikan obat bisul alami agar cepat sembuh dan menghilang dari permukaan kulit.

Furunkel atau bisul adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus sehingga membuat permukaan kulit kemerahan, membengkak dan berisi nanah.

Umumnya bisul dapat tumbuh atau muncul pada sekitaran wajah, bahu, leher, paha, ketiak, hingga bokong. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya bisul di antaranya adalah kurangnya kesadaran menjaga kebersihan, pola hidup yang tidak sehat, hingga sampai pada problem kesehatan tertentu.

Cara mengatasi bisul bisa berbeda, karena infeksi yang terjadi akibat bakteri ini ada yang bersifat ringan hingga berat. Oleh karena itu, jika seseorang mengalami penyakit bisul, maka segera lakukan pengobatan agar infeksi tidak semakin parah.

Akan tetapi, jika infeksi masih tergolongan ringan, obat bisul alami bisa dijadikan alternatif supaya infeksi pada permukaan kulit bisa cepat disembuhkan.

Obat Bisul Alami agar Cepat Sembuh

Dalam mengobati bisul sebaiknya jangan memencet atau mencungkilnya, karena hal tersebut akan menginfeksi area terdekat. Oleh sebab itu, gunakan saja obat bisul alami cepat sembuh dengan bahan herbal yang mudah ditemukan seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Bawang Putih

Obati bisul dengan menggunakan bawang putih. Cara ini dipercaya mampu mengatasi permasalahan  furunkel. Menurut para ahli, bawang putih mengandung antibakteri yang bagus sehingga dapat menyembuhkan infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Untuk mempraktikkannya pun tergolong mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Giling beberapa siung bawang putih hingga halus.
  • Lalu ditempelkan pada bisul selama 10 sampai 30 menit.
  • Lakukan satu sampai dua kali sehari hingga sembuh.

2. Kompres dengan Air Hangat

Selanjutnya agar bisul cepat sembuh, kompres area yang terkena bisul dengan air hangat. Suhu hangat akan membantu meningkatkan sirkulasi yang membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Adapun langkah yang perlu dilakukan adalah mengompreskan air hangat pada bagian yang terkena bisul selama 20 menit sekali. Lakukan ini setiap hari, selama 3 sampai 4 kali sehari sampai bisulnya lenyap.

3. Madu Murni

Madu murni memiliki sifat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri secara efektif. Karena itu pula, madu murni telah dipercaya sejak lama sebagai obat untuk bisul.

Berikut langkah-langkah memanfaatkan madu murni untuk mengobati bisul.

  • Oleskan madu pada bagian bisul.
  • Tutup dengan menggunakan kasa yang bersih.
  • Diamkan selama semalaman penuh.
  • Buka dan bilas hingga bersih di pagi hari.

4. Lidah Buaya

Tentu kamu tahu dong tanaman yang satu ini. Ya, lidah buaya memang memiliki segudang manfaat, di antaranya dapat mengatasi bisul pada permukaan kulit.

Dengan mengoleskan lidah buaya pada permukaan kulit yang terkena bisul, dijamin bisul akan hilang jika dilakukan dengan benar dan teratur.

Apabila kamu ingin menggunakan lidah buaya asli, berikut langkah-langkah yang mesti diikuti.

  • Cuci bersih dan kupas bagian kulitnya
  • Oleskan gel lidah buaya pada area bisul dengan gerakan memutar sebanyak dua kali sehari
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bilang dengan air hingga bersih
  • Lakukan cara di atas setiap hari hingga bisul menghilang

5. Bubuk Kunyit

Obat bisul alami berikutnya adalah bubuk kunyit. Memang sudah bukan rahasia lagi kalau kunyit pun kaya akan manfaat dan bisa dijadikan obat untuk berbagai jenis penyakit.

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat.

Ada dua cara yang bisa dipraktikkan untuk menghilangkan bisul, yaitu dengan menyeduhnya secara langsung atau menggunakannya sebagai salep.

Langkah-langkah untuk menyeduh bubuk kunyit

  • Rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu.
  • Lalu, dinginkan sebentar dan minum setiap tiga kali sehari.

Sementara untuk salep, caranya adalah:

  • Cukup campurkan kunyit dengan air, jahe, atau keduanya hingga adonan berbentuk pasta.
  • Kemudian oleskan pasta pada bisul setidaknya dua kali sehari.

6. Cuka Apel

Obat yang bikin bisul cepat sembuh lainnya, yaitu dengan menggunakan cuka sari apel atau yang biasa juga dikenal dengan nama apple cider vinegar.

Berikut cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan bisul

  • Ambil 2 sendok cuka apel dan campurkan dengan 4 sendok makan air putih.
  • Gunakan kapas yang telah dicelupkan pada campuran di atas,
  • Lalu oleskan pada bisul dan diamkan sampai kering.

Kamu bisa menggunakannya setiap malam agar hasilnya lebih maksimal.

7. Castor Oil

Castor Oil mengandung suatu senyawa yang disebut asam ricinoleic yang memiliki sifat anti-inflamasi alami dan kuat.

Bila minyak satu ini dikombinasikan dengan sifat antibakteri yang kuat, maka bisa digunakan sebagai pengobatan alami yang bagus untuk bisul.

Caranya mengaplikasikannya mudah, yaitu:

  • Cukup oleskan sedikit castor oil pada bagian bisul.
  • Lakukan setidaknya tiga kali sehari hingga sembuh.

8. Neem Oil

Obat bisul alami yang mempercepat penyembuhannya dengan menggunakan neem oil, karena memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antiseptik yang mampu mengobati infeksi kulit, termasuk bisul.

Cara mengobati bisul agar cepat sembuh mengunakan neem oil atau minyak mimba yakni sebagai berikut:

  • Oleskan neem oil langsung pada area yang terkena bisul.
  • Lakukan mulai dari tiga sampai empat kali sehari.

Cuci tanganmu hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah mengaplikasikannya.

9. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang mampu melawan bakteri jahat pada tubuh. Dengan adanya sifat ini akan membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul.

Penggunaannya mudah, berikut cara mengatasi bisul dengan tea tree oil:

  • Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Kemudian, rendam kapas dan oleskan pada kulit mulai dari 2 sampai 3 kali sehari.
  • Lakukan cara ini setiap hari sampai bisul benar-benar sembuh.

Ingat, minyak pohon teh tidak boleh dioleskan secara langsung ke kulit karena dapat menimbulkan efek terbakar pada kulit.

10. Garam Epsom

Garam epsom yang mudah larut dalam air ini dapat membantu mengobati bisul dan membantu mengeringkan nanah, sehingga bisul bisa mengering dengan cepat.

Caranya, larutkan garam epsom dalam air hangat. Masukkan kain yang akan digunakan sebagai alat pengompresan, kemudian kompres ke area yang terkena bisul selama 20 menit sekali. Setidaknya lakukan cara ini 3 kali sehari sampai bisul hilang.

Itulah obat bisul alami agar cepat sembuh dilengkapi dengan langkah-langkah untuk mengatasinya. Pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan badan, baik sebelum beraktivitas dan sesudahnya.