Niche Blog Indonesia Potensial yang Menggiurkan

  • Whatsapp
niche blog

Ada hal paling menarik saat seseorang memutuskan terjun ke dunia blogging, yaitu menentukan niche blog. Konon, setiap blog yang baik dapat ditinjau dari topik bahasan yang dipilih. Dan pada akhirnya, blog tersebut mampu menarik pengunjung organik dari konten-konten yang telah dipublikasikan.

Hal menarik lainnya dari pemilihan topik blog ini, yaitu dapat meningkatkan penghasilan adsense. Berbagai referensi menyebutkan, blog yang menyajikan konten spesifik dan menarik dapat menjadi keuntungan tersendiri, seperti lebih mudah dalam mengelola blog, dan tahu persis ke mana arah blog tersebut akan dibawa.

Saya kira, seseorang yang ingin terjun ke dalam dunia blogging, sepatutnya tahu “pondasi” blog satu ini. Namun, kenyataannya pemahaman dasar blog mulai luntur belakangan ini. Dengan kata lain, banyak blogger yang memilih niche blog tertentu lantaran tergiur dengan harga CPC adsense yang ditawarkan. Padahal, topik yang dipilih tak benar-benar dikuasai. Akibatnya, kejenuhan mendera, dan blog ditinggal begitu saja.

Maka dari itu,  pilihlah topik blog yang benar-benar dikuasai sehingga hal ini akan mendatangkan keuntungan bagi blog tersebut.

Referensi Niche Blog Indonesia Potensial

Sebelum masuk pada topik utama, kamu harus tahu juga tentang keuntungan niche blog spesifik

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat seorang blogger yang menentukan niche blog.

  • Bisa lebih fokus karena hanya menerapkan satu topik.
  • Bisa membuat seorang blogger lebih konsisten dalam mengelola blog
  • Bisa dikenal sebagai ahli karena menyajikan topik tertentu, karena pembaca menjadikan blog tersebut sebagai referensi utama
  • Lebih mudah dalam urusan monetisasi
  • Dapat meningkatkan CTR iklan adsense
  • Dapat meningkatkan pengunjung organik

Nah, sudah tahu kan bahwa dengan menerapkan niche blog akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi pemilik blog.

1. Finance

Niche blog finance merupakan topik blog yang bisa dijadikan pilihan untuk membangun blog bertemakan keuangan. Tak sedikit pengguna internet yang mencari tahu tentang informasi seputar investasi, saham, hingga peluang usaha.

Saat artikel ini ditulis, berdasarkan data Google Trends pencarian topik “investasi” cenderung stabil dari tahun ke tahun. Begitupun dengan topik “saham” yang mengalami peningkatan yang begitu siginifikan.

Jadi, jika kamu punya pengetahuan seputar dunia finance, tak ada salahnya memilih topik ini. Dan kamu bisa mengerucutkan topik finance menjadi lebih spesifik. Dengan kata lain, kamu bisa membuat tulisan yang menarik seputar investasi, saham, keuangan secara mendalam.

Adapun keuntungan memilih niche satu ini, kamu bisa menjalin kerja sama dengan produk-produk keuangan. Pasalnya, di luar sana banyak perusahaan, produk, jasa seputar keuangan yang bisa mendatangkan pendapatan untukmu, di antaranya:

  • Aplikasi jual beli reksa dana
  • Trading online
  • Konsultasi bisnis
  • e-Book bisnis online
  • Dompet digital

2. Wisata dan Travel

Wisata dan Travel adalah salah satu niche blog yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Pasalnya, setiap orang yang ingin berlibur selalu mencari referensi terlebih dahulu, seperti harga promo tiket transportasi, tempat wisata terbaik untuk liburan, dan berbagai kebutuhan atau persiapan yang diperlukan saat liburan.

Google Trends juga mengamini hal ini. Kepopuleran topik wisata di mesin pencari menandakan niche wisata dan traveling bisa dijadikan pilihan sekaligus diandalkan oleh blogger. Umumnya, pencarian topik ini semakin meningkat di masa-masa liburan.

Jika tertarik membangun sebuah blog wisata dan travel, kamu dapat memberikan tips menarik seperti

  • Cara mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah
  • Menginformasikan promo wisata
  • Cara mengemas pakaian saat liburan
  • Rekomendasi jalur (rute) ke suatu tempat wisata
  • Mengulas kelebihan dan kekurang tempat wisata
  • Dan lain sebagainya

Gimana tertarik membuat blog dengan niche wisata dan travel? Jika iya, berikan yang terbaik untuk pembaca blogmu.

3. Teknologi

Topik ini termasuk salah satu niche blog yang paling banyak diminati kalangan blogger. Namun, jika hanya memberikan seputar informasi harga smartphone terbaru dan spesifikasi saja, media mainstream juga melakukan hal yang sama. Maka, paling tidak buatlah perbedaan yang sedikit mencolok dari yang sudah ada.

Niche blog teknologi bisa dijadikan ladang pendapatan yang cukup asyik jika kamu mau menyajikan topik khusus tentang merek tertentu saja. Atau membuat tutorial tentang cara memperbaiki smartphone dengan merek tertentu.

Agaknya, ini akan menjadi suatu hal yang unik di mata pembaca. Topik teknologi mempunyai banyak varian tema yang bisa diambil. Namun, jika kamu tidak ingin diribetkan dengan hal yang spesifik, maka kamu bisa mejatuhkan pilihan dengan menyajikan informasi seputar teknologi secara global.

4. Niche Blog Kecantikan

Berdasarkan data dari Google Trends, pencarian seputar topik kecantik mengalami peningkatan yang sangat baik. Kuat dugaan tren seputar kecantikan karena perkembangan dari dunia kecantikan itu sendiri, ditambah dengan adanya beauty influencer.

Oleh karena itu, niche blog kecantikan bisa dijadikan peluang bagi kamu yang punya pengetahuan tentang hal ini, dan mampu menyajikannya dengan baik dalam bentuk tulisan. Karena kamu bisa membuat panduan seputar kencantikan, mengulas produk lama atau baru, bahkan sampai tahap membandingkan sebuah produk, baik dari sisi budget, manfaat, dan sebagainya.

Selain mereview produk, kamu juga bisa membuat perbandingan produk kecantikan, misalnya perbandingan beberapa merk sunscreen, foundation, bedak,  lipstik, dan lain-lain.

Kamu juga bisa memberikan tips merawat kesehatan wajah  lho, misalnya:

  • Tips mencerahkan kulit kusam;
  • Tips menghilangkan kantung mata dengan bahan alami;
  • Menghilangkan jerawat dalam sehari
  • Memilih produk untuk kulit tertentu
  • Dan lain-lain.

Berdasarkan Google Trends, informasi itu rupanya banyak dicari oleh para wanita di Internet. Sebanyak 83% wanita yang membeli produk perawatan wajah mencari solusi yang berkaitan dengan masalah kulit.

Dengan memiliki blog berniche kecantikan, ada banyak produk atau jasa terkait kecantikan yang bisa bekerja sama denganmu. Selain produk skincare dan make up, ada juga seminar atau kursus make up artist dan klinik kecantikan.

5. Game Online

Topik ini mungkin bisa dimasukkan ke dalam niche teknologi. Akan tetapi, akan jauh lebih menarik kalau suatu blog hanya mengulas seputar game online saja. Fyi, tahun 2019 gamers di Indonesia mencapai 60 juta dan jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah.

Maraknya game online bisa dijadikan peluang untuk membuat blog dengan tema game online. Niche blog ini akan sangat cocok untuk kamu yang juga seorang gamer dan memiliki kemampuan menulis yang baik. Kamu bisa membuat review game untuk para gamer pemula.

Review game bisa meliputi informasi game, kualitas grafik, alur permainan, karakter pemain, musik audio, dan fitur-fitur game. Di niche ini, Anda juga bisa merekomendasikan perangkat pendukung game online seperti rekomendasi laptop gaming, earphone, mouse, dan lain-lain.

Lalu apakah niche ini bisa mendatangkan keuntungan bagi blogger itu sendiri? Ya, jelas dong! Kamu bisa mendapatkan benefit dari endorse beberapa pihak, seperti:

  • Penjual produk gaming (laptop, earphone, pc, dll)
  • Provider internet
  • Acara workshop, pameran, atau kompetisi game online
  • Perusahaan pembuat game online
  • Dan lain-lain

Gimana kira-kira, sanggup konsisten untuk topik game online ini?

6. Niche Blog Edukasi / Pendidikan

Banyak orang berpendapat niche blog yang bisa mendapatkan profit ke depannya, yaitu edukasi. Ada beberapa kata kunci yang bisa menarik perhatian pengguna internet seperti informasi beasiswa, jurusan kuliah, yang keduanya seakan tak usang dimakan waktu.

Banyaknya orang yang menggunakan platform digital untuk akses edukasi secara online bisa disebabkan oleh semakin canggihnya para siswa mengakses internet. Adapun hal itu juga didukung oleh perluasan akses internet di seluruh Indonesia.

Hal itu juga bisa jadi peluang menguntungkan bagi kamu untuk membuat blog dengan niche edukasi. Ada banyak ide yang bisa ditulis lewat niche ini. Kamu bisa membuat artikel-artikel khusus seputar perkuliahan seperti:

  • Informasi kampus negeri dan swasta favorite
  • Tips memilih jurusan kuliah yang tepat
  • Prospek kerja jurusan kuliah
  • Cara memilih kos untuk mahasiswa
  • Cara berhemat uang saku bulanan
  • Tips lolos beasiswa
  • Dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa membuat blog edukasi dengan segmentasi pengunjung anak sekolahan (SD-SMP-SMA). Kamu bisa membuat pembahasan-pembahasan soal atau materi pelajaran tertentu, misalnya materi grammar bahasa inggris. Kamu juga bisa memberikan tips-tips persiapan ujian nasional atau masuk perguruan tinggi.

Di niche ini, blog kamu juga berkesempatan mendapat endorse dari bimbingan belajar online, ebook soal-soal UN berbayar, Workshop atau Kompetisi tertentu, hingga produk peralatan sekolah.

Niche blog ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anak sekolah atau kuliah yang ingin mencari informasi seputar pendidikan.

Itulah beberapa niche blog yang bisa Kawula rekomendasi untuk kamu, jika kamu punya keinginan untuk membuat blog. Semoga berguna.